Home Did You Know? Cara Murah dan Mudah Merawat Sunroof

Cara Murah dan Mudah Merawat Sunroof

itsmyviews.com

Pada saat ini pengaplikasian sunroof pada mobil kian marak beredar, tidak hanya pada mobil keluaran baru yang dibekali sunroof oleh pabrikan dan tidak sedikit pula pemilik mobil yang juga mencangkokkan sunroof pada mobil  kesayangannya. Fungsi utama dari sunroof sendiri adalah untuk melihat pemandangan di atas, bisa juga untuk sirkulasi udara di dalam mobil dan tentunya dapat menambah gengsi sob.

automotive.com
automotive.com

Meski pengaplikasian sunroof kian marak, sayangnya sunroof kerap luput dari perawatan yang berakibat sunroof tidak dapat bekerja secara maksimal. Padahal perawatan sunroof sangatlah mudah dan murah, bahkan perawatan sunroof dapat dilakukan tanpa harus ditangani oleh ahlinya alias bisa dikerjakan sendiri.

itsmyviews.com
itsmyviews.com

Salah satu bengkel spesialis sunroof memaparkan bahwa perawatan sunroof sangatlah mudah dan tidak memerlukan tindakan khusus. Sunroof hanya perlu diolesi minyak agar sunroof bekerja secara halus ketika digunakan. Bagian yang perlu diolesi minyak adalah pada rel sunroof sendiri dan karet sunroof. Minyak pelumas sunroof yang direkomendasikan adalah minyak mesin jahit, karena berdasarkan pengalaman minyak mesin jahit mampu melumasi dengan baik sehingga sunroof dapat bekerja secara maksimal. Untuk minyak mesin jahit yang digunakan untuk melumasi sunroof biasanya menggunakan merk singer, selain mudah ditemukan di pasaran minyak singer juga memiliki harga yang terjangkau.

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Hal yang tidak direkomendasikan untuk merawat sunroof adalah pemberian grease. Memang pada awalnya grease berdampak baik pada kinerja sunroof. Namun pemberian grease pada sunroof justru berbahaya karena sifatnya yang lengket maka kemungkinan debu atau kotoran akan menempel sangatlah besar jika grease diberikan secara berlebih. Debu dan kontoran yang menempel tentunya membuat grease tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, belum lagi pada penggunaan jangka panjang grease dapat mengeras dan pergerakan sunroof menjadi susah.

Oleh karena itu, pemberian minyak mesin jahit pada sunroof lebih direkomendasikan. Kemudian jika dirasa minyak sudah menghilang kan tinggal ditetesin lagi sob. Mudah bukan? Selamat mencoba sob….

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)