Home Did You Know? Cara Pilah Pilih Ban Yang Tepat

Cara Pilah Pilih Ban Yang Tepat

Kapan ya waktunya ganti ban? Bisa merubah ukuran ga ya? Pakai cairan penambal ga yaa? Rasanya pertanyaan tersebut nyaris sering melayang di kepala ketika melihat kondisi ban yang mulai ingin dipensiunkan. Lalu hal apa saja yang wajib diperhatikan saat ingin mengganti ban mobil yang baru.

Dalam memilih ban harus mempertimbangkan kondisi jalan, fungsi kendaraan (operasional atau pribadi) dan jenis kendaraan. Setelah itu langkah yang harus dilakukan adalah memastikan tipe dan ukuran ban sesuai dengan mobil kita. Tipe ban pada dasarnya ada dua pilihan yaitu:

  • Comfort : tipe ini lebih mengunggulkan kenyamanan saat berkendara sehingga cocok bagi pengemudi yang tidak biasa menyupir dengan agresif.
  • High Performance : Tipe ini sangat cocok bagi mereka yang biasa mengemudi dengan agresif karena performa ban ini memiliki daya cengkram tinggi sehingga dapat melakukan cornering maupun pengereman lebih bagus.

IndonesiaPattern000171Setelah mengetahui tipe ban yang sesuai dengan mobil kita, selanjutnya tentu ukuran yang akan digunakan. Sebenarnya untuk ukuran, pastikan kita menggunakan ukuran standar yang telah ditetapkan sesuai mobil. Tetapi jika ingin melakukan ‘sedikit’ modifikasi ada hal yang harus diperhatikan seperti:

  • Toleransi untuk ukuran lebar ban hanya + 1 level di atas atau di bawah dari ukuran ban standar OEM. Sebagai contoh : jika sebelumnya 185/70 R14, anda bisa menggunakan GT Radial tipe Champiro SX2 ukuran 195/65 R14.
  • Toleransi pada tinggi atau profile ban sangat tergantung dengan diameter velg, Toleransi tidak lebih dari 2 inci dari ukuran standar.

ban-mobilHal yang harus diperhatikan dalam merubah ukuran ban juga wajib memastikan diameter hingga lebar dari velg. Jadi hal yang harus diperatikan adalah:

– Outside Diameter Ban harus mendekati dengan ban bawaan (OEM) dengan memperhatikan Load Index /Indeks Beban.

– Perhatikan Space atau jarak ban dengan suspensi dan body kendaraan. Jika diameter dan lebar ban terlalu besar akan bergesekan dengan body dan suspensi ketika sedang berbelok. Sedangkan bila lebar ban lebih kecil atau sebaliknya dari toleransi terhadap velg maka akan terjadi ‘bead unseating’ yang menyebabkan ban mudah rusak.

Nah setelah tipe hingga ukuran ban telah sesuai dengan keinginan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan spooring dan balancing agar memastikan sekaligus memastikan ban hingga dapat berjalan dengan optimal.

Usahakan untuk menggunakan cairan penambal atau anti bocor pada ban karena tidak dapat berpengaruh pada lapisan ‘inner liner ban dan velg. Selain itu juga memperbesar nilai balancing atau timah.

Sumber : tim Technical Service GT Radial

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)