Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Cara yang Benar Mengatur Posisi Mengemudi

Terkadang, jika kursi yang kita seting tidak sesuai dengan bentuk tubuh kita, maka bersiaplah dalam waktu relatif cepat kita akan merasakan dampaknya. Hal ini berlaku bagi seseorang yang memiliki tinggi tidak normal, seperti orang jangkung, pendek, dan mereka yang memiliki tubuh yang terlalu lebar atau kurus yang dapat mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan kursi pada kendaraan.

Pada kursi tersebut ada beberapa penyetelan yang dapat anda lakukan untuk memberikan kenyamanan dalam mengemudi. Banyak mobil memiliki penyesuaian kursi depan dan belakang yang dapat bergeser, pengaturan tinggi dan beragam macam perangkat yang mendukung lainnya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menghindari sakit punggung saat mengemudi.

Menyetel Jarak Dari Roda Kemudi

Untuk pengemudi, penyesuaian kursi yang paling penting yang dapat anda lakukan adalah mengoreksi jarak badan dengan roda kemudi. Jika anda tidak dapat benar-benar mengontrol roda kemudi dengan tangan anda, itu sama sekali tidak ada gunanya. Ketika tangan anda dipaksa untuk terus menekan roda kemudi dengan tenaga yang besar, maka ketegangan akan meluas ke punggung dan menyebabkan rasa sakit, terutama bagi mereka yang mengalami masalah pada punggung.

  1. Posisikan diri anda dengan benar. Duduklah Dengan Punggung Sepenuhnya Di Sandaran Kursi.
  2. Pegang roda kemudi dengan benar. Jangkau kedepan dan pegang kemudi pada posisi jam 3 dan 9.
  3. Sesuaikan lengan anda pada posisi yang benar. Banyak pendapat bahwa lengan dengan membentuk sudut 90 derajat itu lebih baik. JIka lengan anda telalu lurus kedepan, dan duduk anda terlalu jauh dari kemudi itu akan cepat menimbulkan kelelahan dalam waktu singkat. Sesuiakan kursi pengemudi kedepan.

Jika siku anda membuat sudut kurang dari 60 derajat, berarti anda duduk terlalu dengakat ke roda kemudi. Sesuaikan kursi anda dengan menggesernya kebelakang. Lengan kita tidak boleh terlalu lurus, tetapi harus sedikit ditekuk. Ketika tubuh anda rileks dan duduk dengan nyaman, seharusnya tidak menimbulkan ketidaknyamanan atau kelelahan saat memegang roda kemudi.

Bersandar Di Sandaran Kursi Dengan Benar

Ketika anda duduk di kursi pengemudi, anda harus duduk tegak tanpa merasa tidak nyaman. Ini dapat kamu lakukan dengan beberapa latihan ( percobaan ). Jangan melakukan penyetelan sudut sandaran terlalu jauh kebelakang, karena konsentrasi anda kedepan akan terganggi. Jadi anda harus mempertimbagkan hal ini.

  1. Posisikan kursi sepenuhnya tegak. Sesuaikan kursi pengemudi dengan posisi sepenuhnya tegak dan duduk di kursinya. Posisi ini mungkin tidak nyaman diawal -awal percobaan, tetapi ini adalah tempat penyesuaian kursi harus dimulai untuk mendapatkan kenyamanan dalam waktu yang panjang.
  2. Bersandarlah di tempat duduk. Perlahan setelah tempat duduk sampai anda merasakan tekanan pada bagian punggung berlahan turun kebagian bawah. Ini adalah sudut di mana kursi pada posisi terbaik bagi tubuh anda. Ketika Anda meletakkan kepala Anda kembali, sandaran kepala harus 1-2 inci di belakang kepala Anda.
  3. Sesuaikan sesuai kebutuhan. Jika Anda mengalami kesulitan melihat melalui kaca depan dengan kepala Anda yang terlalu kebelakang, sandarkan kursi Anda lebih jauh ke depan. Jika Anda duduk tegak dengan sandaran yang tepat di belakang punggung dan kepala, tubuh Anda tidak akan cepat lelah saat Anda mengemudi.

Menyesuiakan Ketinggian Tempat Duduk

Memang tidak semua kendaraan memiliki penyesuaian ketinggian kursi pengemudi, tetapi jika anda dapat melakukannya, itu dapat membantu anda untuk mendapatkan kenyamanan posisi duduk yang nyaman. Menyesuaiakan ketinggian akan memastikan diri anda dapat melihat posisi depan dengan baik dan mengurangi tekanan dibagian belakang paha anda bila ini dilakukan dengan benar.

  1. Turunkan kursi dengan beragam cara. Salah satunya adalah dengan menurunkan posisi kursi saat anda sedang mendudukinya untuk mendapatkan penyetelan yang sesuai.
  2. Perlahan-lahan angkat kursi sampai pada posisi yang tepat. Mulailah menaikkan kursi, sedikit demi sedikit, hingga tepi bagian depan kursi menyentuh bagian belakang paha Anda dengan ringan.

Jika posisi kursi Anda terlalu rendah, akibatnya kaki dan bagian punggung akan merima tekanan dari badan anda, iin menciptakan titik-titik tekanan yang menyebabkan rasa sakit. Jika kursi Anda terlalu tinggi, aliran darah dibatasi di kaki bawah Anda dari tekanan di paha Anda. Kaki Anda bisa semutan, membengkak, atau sulit bermanuver untuk menekan pedal gas dan rem.

Menyesuaian Setelan Lumbar

Pada mobil – mobil kelas premium biasanya dilengkapi degan setelan lumbar pada bagian punggung bawah. Jika mobil anda dilengkapi dengan teknologi ini, maka buatlah pisisi lumbar anda senyaman mungkin dengan melakukan beberapa kali penyetalan pada tombol yang tersedia.

Namun jika kursi mobil anda tidak dilegkapi dengan teknologi penyetelan lumbar, ada cara lain yang dapat membantu anda untuk mengatasi hal ini. Ini sangat mudah dan gambapang yang haya bermodalkan kain lipatan yang membentuk lipatan bulat.

Anda dapat menggunakan lipatan pada handuk kecil atau sejenisnya yang dapat menopang lumbar anda dengan baik ketika mengemudi. Setelah anda melipatnya dengan membentuk bulatan, selanjutnya letakkan lipatan tersebut pada bagian lumbar anda ketika anda pada posisi duduk pada kursi mobil. Anda dapat mengurangi atau melebihkan lipatan sesuai dengan kenyamanan yang anda rasakan.

Menyesuaikan Sandaran Kepala 

Sandaran kepala tidak dipasang untuk kenyamanan Anda. Sebaliknya, itu adalah perangkat keamanan yang mencegah whiplash ( pukulan ) jika terjadi tabrakan. Jika diposisikan tidak benar, itu bisa sangat dekat dengan kepala Anda atau terlalu jauh untuk memberikan perlindungan yang diperlukan dalam suatu kecelakaan. Posisi yang tepat sangat penting.

  1. Periksa jarak dari kepala Anda ke sandaran kepala. Duduklah dengan normal di kursi pengemudi. Dengan tangan Anda, periksa jarak antara bagian belakang kepala Anda dengan bagian depan sandaran kepala. Seharusnya kira-kira ada jarak satu inci dari belakang kepala Anda. 
  2. Atur sandaran kepala jika memungkinkan. Ini akan menjadi masalah jika jaraknya tidak tepat dengan kepala anda.
  3. Sesuaikan sandaran kepala secara vertikal. Duduk normal di kursi, periksa, atau periksa teman Anda, tinggi headrest. Bagian atas sandaran kepala seharusnya tidak boleh lebih rendah dari tingkat mata Anda.

Ini adalah penyesuaian yang tepat untuk duduk di kursi mobil, terutama kursi pengemudi. Kursi penumpang tidak mungkin memiliki penyesuaian yang sama dengan kursi pengemudi, dan kursi belakang kemungkinan tidak akan memiliki penyesuaian selain penyesuaian headrest. Mula-mula, posisi duduk mungkin terasa aneh ketika disesuaikan dengan benar.

Biarkan diri Anda beberapa perjalanan singkat untuk merasakan posisi itu. Lakukan penyesuaian seperlunya jika Anda merasa sakit atau tidak nyaman. Setelah melaukan beberapa perjalanan singkat, posisi kursi baru Anda akan mulai terasa alami dan nyaman. Selamat mencoba dan mendapatkan kenyamanan yang maksimal saat mengemudi.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Ini Alasan Mengapa Toyota Membuat Merek Lexus

Did You Know?

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memodifikasi 4X4

Did You Know?

KTCI Bekasi Raya – Berbagai Tips ‘Touring Dengan Hewan Peliharaan’

Did You Know?

Para Wanita Bernyali Besar Penggilas Aspal

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan