Connect with us

Subscribe

Cars

Cherokee Trackhawk cetak rekor dunia ‘The Fastest SUV on Ice’

Saat meng-klik video berjudul Jeep Grand Cherokee Trackhawk sets SUV speed record on ice, terdengar suara mesin meraung renyah dan membuat angan kita melayang ke lokasi tersebut. Yaps, beberapa pekan lalu, Grand Cherokee berhasil mencetak rekor dunia sebagai SUV tercepat di permukaan es.

Menurut data yang dikonfirmasi oleh Russian Automobile Federation (RAF), Jeep Grand Cherokee Trackhawk model 2019 mampu menempuh kecepatan 100km/jam dalam waktu 3,5 detik. Mengingat dimensinya sebagai SUV, Trackhawk mampu berkecepatan maksimum 280 km/jam atau 173 mph sesuai yang tertera di modul GPS onboard Jeep.

Rupanya Trackhawk menggendong mesin Hellcat supercharged 6.2-liter V8 bertenaga 707 hp dan 6000 rpm ke ajang Speed Days of the Baikal Ice Motorsports Festival di Rusia. Mesin ini menjadi model basis pada Jeep Grand Cherokee Trackhawk 2019 yang didukung komponen drivetrain yang kuat dan upgrade cooling system.

Hamparan es yang menjadi panggung pertunjukkan adalah Danau Baikal, danau air tawar terbesar di dunia dengan panjang 395 mil terletak di utara Mongolia. Lantaran musim dingin mengakibatkan air danau membeku, menjadikannya tempat yang sempurna bagi Trackhawk mencetak rekor.

Permukaan es yang licin tentu mengurangi daya cengkeraman kendaraan ke permukaan. Meskipun dalam kondisi seperti itu, bahkan Trackhawk mampu membuktikan hasil yang sangat baik berkat Brembo brake system sebagai rem depan. Trackhawk juga sempat melaju dengan panjang lintasan 1 km dari start awal dimana mencapai kecepatan rata-rata 62 mph. Mungkin angka itu terdengar tidak banyak, tetapi ingat yang sedang kita bicarakan adalah lintasan es.

Traksi dihasilkan oleh sistem 4WD Jeep Quadra-Trac on-demand yang mencakup electronic limited-slip rear differential dan transfercase single-speed active, sistem Selec-Track yang terdiri dari 5 mode (Auto, Sport, Track, Snow dan Tow) memungkinkan pengemudi untuk memilih pengaturan secara ideal sesuai kondisi sekitar termasuk berkendara di jalur es.

Sebagai informasi tambahan, lintasan yang tersedia sesuai dengan regulasi Fédération Internationale de l’Automobile (FIA). Kecepatan rata-rata maksimum dihitung pada jarak 1 km dan aturan juga menentukan bahwa timing gates harus dilewati di kedua arah, dengan begitu FIA menghitung hasil rata-rata. Untuk persyaratan akselerasi dan pengereman yang diperlukan, perlu menempuh panjang lintasan sejauh 12 km. Total akhir kecepatan maksimum yang ditempuh pada setiap putaran dicatat secara resmi dalam Book of Records of Russia.

Festival ini bukanlah pertama kalinya, telah berlangsung selama delapan kali sebagai ajang tahunan di Rusia. Lebih dari 20 speed records dengan berbagai kategori kendaraan melintas di permukaan es.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Gimana Sih Cara Kerja AC Mobil?

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Did You Know?

Awal Sejarah Peraturan Lalu Lintas Terbentuk

Did You Know?

Mengapa Sway Bar Seringkali Dicopot Dari Kendaraan 4×4?

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan