Home Issue Cars Dubai Ciptakan Hypercar Lebih Kencang Dari Bugatti

Dubai Ciptakan Hypercar Lebih Kencang Dari Bugatti

Disaat Bugatti Veyron muncul dengan 1.001 hp untuk pertama kali, perang tenaga terus terjadi, khususnya antara Bugatti dan Koenigsegg. Sekarang angka tenaga terbesar dari keduanya diklaim sama-sama tembus 1.500 hp. Dua tahun lalu, Dubai bikin onar dengan meluncurkan sebuah hypercar terkencang yang pernah ada menurut mereka. Dengan nama Devel Sixteen, mobil yang diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 5.000 hp, tadinya ungkapan mereka sempat dianggap guyonan belaka oleh orang – orang.

Oleh karena itu perusahaan Defining Extreme Vehicles Industry L.L.C yang membangun supercar tersebut, membuktikan tenaga monster mobil racikannya. Pengujian dengan mesin dyno pun dilakukan. Dan hasilnya, mobil ini hanya mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 4.515 hp pada 6.900 rpm dengan torsi menakjubkan 3.260 Nm di 6.400 rpm.

Meski lebih kecil dari angka klaim sebelumnya, namun tetap saja kekuatan mobil ini bisa dibilang sangat fantastis. Perancangnya mengatakan, bahwa mesin dyno yang mereka gunakan hanya mampu mengukur maksimal sampai 4.515 hp saja. Pada kenyataannya mereka mengklaim tenaga sesungguhnya mesin dari Devel Sixteen ini berkisar di 5.000 HP.

Tenaga sebegitu besar dihasilkan berkat mesin V16 12.300 cc dengan 4 buah turbo 81 mm. Mesin ini pun diklaim menjadi mesin mobil terkuat yang pernah dibuat. Pada saat dyno tekanan turbo diset 36 psi. Meskipun diturunkan hingga 20 psi yang aman buat jalan raya, mobil ini diklaim masih menyemburkan lebih dari 3.000 hp. Itu artinya tetap 3 kali lebih bertenaga dibanding Bugatti Veyron.

Sementara untuk design keseluruhannya, Devel Sixteen ini merangkul perusahaan yang membuat Apollo Emporio yakni – Scuderia Cameron Glickenhaus. Bisa dilihat, Devel Sixteen memiliki jarak sumbu roda panjang dengan profil rendah yang memilik fungsi untuk mendapatkan stabilitas terbaik pada kecepatan tinggi. Konsepnya pun dibuat layaknya pesawat tempur, meruncing dan ini diperkuat bentukan knalpot yang mengapresiasi dari model jet tempur. Masuk ke kabin, kita akan disuguhkan tampilan sangat minimalis dan tentunya lebih menunjukkan karakter mobil masa depan.

Devel Sixteen memang bukan satu-satunya hypercars yang pernah ditampilkan ke tengah masyarakat otomotif dunia. Sayangnya tidak dijelaskan secara pasti berapa unit Devel Sixteen ini akan diproduksi. Begitu pula dengan harga yang perlu dibayarkan penggila mobil kencang untuk membawa pulang ke garasinya.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)