Connect with us

Subscribe

Cars

Debut ‘MINI Electric’ Akan Hadir di Akhir Tahun

MINI, mobil bergaya hatchback yang tak pernah lekang oleh waktu ini sepertinya selalu punya ruang di hati setiap insan manusia mulai dari yang klasik hingga terbaru. Tahun 2019 menandai dua tonggak sejarah sepanjang perjalanan merk MINI yakni ulang tahunnya ke-60 dan peluncuran MINI full-electric yang pertama.

Jika kalian berpikir MINI telah meluncurkan mobil listrik — MINI E pada tahun 2009, itu salah besar. Model tersebut hanyalah mobil eksperimental. Adapun diproduksi 600 unit tak lain adalah untuk mengetes teknologi powertrain elektrik BMW Project “i” yang dikembangkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Perancis, Jepang dan Cina. Lantas proyek MINI E berlanjut dengan munculnya BMW ActiveE yang kemudian mengarah ke BMW i3. Begitu, sob!

Nah, kali ini MINI Electric akan menjadi mobil listrik perdana yang sesungguhnya dari MINI, dan kabarnya dealer siap menerima pesanan tahun ini. Enam dekade terlewati sudah MINI eksis di jagat raya, versi full-electric dikemas dalam konsep fun dan sporty dimana saat ini diperkenalkan sebagai mobil listrik. Nol emisi dari powertrain listrik diharapkan akan menjadi daya tarik dari MINI Electric.

MINI Electric kemungkinan akan dilengkapi dengan kursi belakang dan ruang bagasi kecil untuk model hatchback 3-pintu. Sebagaimana MINI Hatch adalah salah satu mobil paling populer di Inggris, MINI Electric bakal menjadi baromater baru yang menarik minat konsumen terhadap hatchback full-electric.

Sementara ini detail powertrain belum dibocorkan, namun besar kemungkinan akan dibekali motor listrik yang serupa dengan BMW i3, menghasilkan tenaga 168 hp dan torsi 184 lb-ft. Diklaim dalam kecepatan 62 mph ditempuh dalam waktu 7,3 detik. Meski belum diungkapkan secara resmi, mungkin MINI Electric sanggup bertahan sekitar 150 mil per pengisian baterai. Sesuai mobil elektrik lainnya, baterai yang lebih besar dan lebih baik menawarkan jangkauan lebih banyak.

Pula durasi pengisian baterai sama halnya dengan BMW i3 yakni antara 3-5 jam jika menggunakan sumber dosmetik dengan unit 7kW khusus. MINI Electric seharusnya juga dirancang kompatibel dengan dua jenis pengisian di stasiun pengisian di jalan, full charge memakan waktu 3 jam melalui unit AC 11kW atau 40 menit melalui unit 50kW pos DC.

Selain powertrain listrik, sebagian besar teknologi pada MINI terbaru mungkin bakal meminjam dari MINI Hatch 3-pintu. Oleh karena itu anda akan menemukan fitur seperti touchscreen interface, DAB digital radio, heated wing mirrors, dan LED foglights. Mobil listrik seringkali dispesifikasikan sebagai standar, sehingga fitur-fitur lain seperti sensor parkir dan kamera atret termasuk dalam model base. Desain pelek alloy dan aksen kuning yang terpampang pada mobil konsep menginterpretasikan bahwa MINI Electric bagian dari perubahan jaman.

Memang, MINI telah meluncurkan versi mobil konsep di Frankfurt Motor Show pada September 2017 tetapi spesifikasi detail akan segera dibocorkan tahun ini dan kemungkinan MINI menjadi salah satu bintang di Geneva Motor pada Maret nanti. Adapun pemesanan dibuka sebelum akhir tahun, pengiriman mobil pertama akan dimulai pada awal 2020. MINI mengkonfirmasi bahwa MINI full-electric akan dibangun di Inggris.

Soal harga belum mendapat keterangan resmi hingga mendekati tanggal penjualan, tetapi berkisar antara £25.000 – £30.000. Selain itu, pembeli juga akan mendapat subsidi sebesar £3,500 dari pemerintah setempat soal pembelian mobil listrik, dengan asumsi selama tidak ada perubahan mendadak terkait regulasi.

Pada tahun 2020 nanti persaingan mobil listrik semakin panas, MINI Electric bakalan bersaing dengan Nissan LEAF, Renault Zoe bahkan brand premium mobil listrik lainnya. Well, kita tunggu aja penjualan resminya ya.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Ini Alasan Mengapa Toyota Membuat Merek Lexus

Did You Know?

KTCI Bekasi Raya – Berbagai Tips ‘Touring Dengan Hewan Peliharaan’

Did You Know?

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memodifikasi 4X4

Did You Know?

Para Wanita Bernyali Besar Penggilas Aspal

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan