Connect with us

Subscribe

Event

Dianggap ‘Mengakali’ Intake, Haridarma Siap Naik Banding

Dalam balapan ISSOM Night Race – ITCR Max, Haridarma Manopo harus mengurungkan sejenak kemenangannya. Padahal dirinya telah menerima trophy kemenangan setelah menjadi pembalap pertama yang berhasil menyentuh garis finish (31 Agustus 2019).

Keputusan tersebut diterima oleh Haridarma Manopo setelah pihak scrutineering menemukan Intake dari mobil New Yaris bermasalah. Intake yang digunakan dianggap dimodifikasi dengan cara dipotong dan disambung menggunakan lem.

Namun dalam kenyataannya, pihak Toyota Team Indonesia tidak melakukan hal tersebut. “Dalam regulasi, menyesuaikan ukuran ‘mulut’ intake dengan throttle body masih diizinkan. Tetapi di bagian leher dari Intake dianggap telah dipotong dan disambung menggunakan lem. Padahal kami melakukan bobokan dengan cara manual sehingga mungkin menjadi tipis dan hanya bolong. Untuk menutupi bolong pada leher intake, kami menutupnya menggunakan lem.” ungkap Haridarma Manopo.

Sedangkan pihak scrutineering dan steward menganggap Intake dari mobil Toyota telah melakukan modifikasi dengan memotong leher dan menyambung kembali menggunakan lem. Memang secara tampilan, terlihat seperti sambungan tetapi hal itu terjadi karena lapisan lem yang diberikan agar memastikan tidak terjadi kebocoran.

“Saya hanya menyayangkan pihak scrutineering dan steward langsung memutuskan bahwa kami melakukan kecurangan. Paling tidak, seharusnya ada tim teknik yang kompeten. Masa hari gini balapan masih dengan curang. Apalagi kami tim pabrikan besar yang tidak ingin menang dengan cara curang. Tapi lucunya semua yang menggunakan mobil Toyota juga kena diskualifikasi.

Untuk naik banding, Haridarma bersama Toyota Team Indonesia akan melalui sidang panel dan telah menyiapkan bukti – bukti akan intake yang digunakan tidak ada unsur kecurangan. “Dengan sistem pengerjaan manual, bahan dari intake memang sangat mudah bolong saat dibobok. Tetapi kami memastikan tidak melakukan kecurangan dalam balapan.”

Dengan modal akan intake standar yang digunakan pada mobil harian menjadi bukti. Bahkan jika perlu, Intake yang dianggap telah dicurangi dapat dibuka lapisan lemnya agar terbukti tidak dipotong dan disambung. “Semoga bukti – bukti yang kami bawa dalam sidang panel dapat diterima karena memang tidak ada kecurangan dari kami. Namun jika tidak bisa, poin yang telah kami peroleh sejak putaran pertama menjadi nol.” ungkap Haridarma Manopo.

Dan hasil dari sidang panel baru mungkin diperoleh pada minggu depan karena pendaftaran naik banding dilakukan di minggu ini. Semoga kebenaran menjadi kunci kemenangan Haridarma Manopo bersama Toyota Team Indonesia.

 

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Gimana Sih Cara Kerja AC Mobil?

Did You Know?

Penjelasan Lengkap Mengenai Apa Itu Biodiesel

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Did You Know?

Awal Sejarah Peraturan Lalu Lintas Terbentuk

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan