Home Did You Know? Did You Know : Direct dan Indirect Injection

Did You Know : Direct dan Indirect Injection

Sudah pernah dengar kata sistem injeksi kan. Nah, ternyata dalam sistem injeksi itu ada 2 model, yaitu sistem injeksi langsung (direct injection) dan sistem injeksi tidak langsung (indirect injection). Apa tu direct injection dan indirect injection?

Indirect injection adalah sistem injeksi yang dimana injektor berada diluar ruang bakar, biasanya berada di manifold sebelum klep/valve intake. Bahkan dulu sempat ada yang riset menaruh injektor sebelum trottle body.

in direct injection

Selain berada di manifold, ada juga yang injektornya berada didalam ruang bakar, tetapi berada di ruangan yang berbeda dengan ruang bakar (combution chamber) atau tidak langsung berada diatas piston.

in direct injection 2

Dalam indirect injeksi ini, bahan bakar dan udara lebih mudah tercampur. Sistem indirect injection ini kerap ditemui di mesin bensin dan juga beberapa mesin diesel tetapi pada mesin diesel menggunakan sistem indirect injection yang berada di ruangan yang berbeda dengan ruang bakar (bukan yang dimanifold).

direct injection

Direct injection adalah sistem yang dimana injector berada langsung didalam ruang bakar diatas piston sehingga langsung menyemprot kan bahan bakar didalam ruang bakar. Sistem ini merupakan sistem yang sangat effisien, akan tetapi mesin yang menggunakan sistem ini harus mempunyai cyclone/pusaran udara yang sangat bagus didalam ruang bakar supaya bahan bakar mudah tercampur dengan udara. Hal ini disebabkan karena sedikitnya waktu bahan bakar tercampur dengan udara yang mengharuskan para profesor yang mendesain model sistem ini harus membuat pusaran udara sedemikian rupa agar bahan bakar mudah tercampur.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)