Home Did You Know? Did You Know: DOHC, SOHC dan OHV

Did You Know: DOHC, SOHC dan OHV

Dalam artikel ini, saya akan membahas apa sih DOHC, SOHC dan OHV. Sebutan tersebut ada pada head mesin yang dimana banyak digunakan oleh mesin-mesin yang di produksi saat ini. Mungkin anda masih bingung apa itu DOHC, SOHC dan OHV.

DOHC

DOHC

DOHC adalah Double Over Head Camshaft. Sistem DOHC ini  menggunakan 2 camshaft dalam 1 sistem head mesin. Dimana 1 camshaft untuk intake dan 1 camshaft untuk exhaust. Kenapa harus pake 2 camshaft? Kenapa gak pake 1 aja? Teknologi ini di ciptakan atau di pakai agar putaran mesin lebih ringan terutama lebih terasa ringan di putaran atas. Kok bisa? Karena apabila masing-masing intake dan exhaust di gerakkan dengan camshaft yang berbeda atau individu, mesin lebih ringan untuk menggerakkan camshaft. Maka dari itu tenaga mesin yang menggunakan sistem DOHC akan lebih besar karena tenaga yang keluar dari crankshaft tidak terbuang banyak untuk menggerakkan camshaft. Tetapi mesin yang menggunakan sistem DOHC akan lebih mahal daripada yang lain karena kontruksi head mesin akan lebih besar.

SOHC

SOHC

SOHC adalah Single Over Head Camshaft. Sistem SOHC ini hanya menggunakan 1 camshaft untuk menggerakkan rockerarm (tuas yang merubah putaran camshaft menjadi gerakan naik turun untuk menggerakkan valve atau klep). Jadi mesin yang menggunakan sistem ini, tenaganya lebih kecil dibandingkan mesin yang menggunakan sistem DOHC karena dengan 1 camshaft harus menggerakkan seluruh reockerarm (rockerarm intake dan rockerarm exhaust) meskipun dengan kapasitas mesin yang sama. Mesin yang menggunakan sistem ini relatif lebih murah dibandingkan mesin yang menggunakan sistem DOHC.

OHVLayout

OHV

OHV adalah Over Head Valve. Sistem OHV ini sama halnya dengan SOHC, tetapi posisi camshaft ini berada dibawah  didekat dengan crankshaft. Lalu gimana caranya camshaft menggerakkan rockerarm? Caranya dengan menggunakan push rod. Jadi dari camshaft berputar menggerakkan push rod, lalu push rod tersebut mendorong atau menggerakkan rockerarm. Sistem ini rata-rata digunakan mesin yang kecil (mesin yang mengharuskan berdimensi kecil tapi kapasitas mesin besar), seperti mesin pemotong rumput, mesin pompa air.

 

 

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)
  • HADI

    DARI SISI ITU MEMANG BENAR……..
    SAYA BUKAN ORANG TEKNIK. TEKNIK DOHC AKAN MEMPERMUDAH SETTING WAKTU BUKAAN INTAKE DAN EXOUST SEHINGGA TENAGA BISA MAKSIMAL PADA PUTARAN RENDAH ATAU TINGGI. DENGAN SYSTEM YANG TERBARU, WAKTU BUKAAN BERDASARKAN RPM JADI WAKTU BUKAAN MERUPAKAN VARIABLE SEHINGGA TENAGA BISA MERATA DI SEMUA RPM…