Home Did You Know? Did You Know : Twin Charge

Did You Know : Twin Charge

Dalam Force Induction terdapat super charge dan turbo charge. Super charge yang kerjanya karena putaran mesin sehingga pada saat mesin menyala super sudah mulai bekerja sehingga pada putaran bawah akan mendapatkan tenaga yang maksimal. Akan tetapi, dikarenakan mengikuti pulley atau putaran mesin, super charge akan lebih membebani mesin pada putaran atas. Kebalikannya super charge, turbo charge berputar atau bekerja dengan tekanan hasil gas buang. Maka pada saat putaran bawah turbo tidak bekerja karena tekanan gas buang kurang cukup untuk memutarkan turbin turbo, akan tetapi turbo akan maksimal pada putaran atas yang dimana tekanan gas buang tinggi dan mampu memutarkan turbin turbo tersebut. Karena sistem yang seperti itu, turbo lebih maksimal diputaran atas dan super diputaran bawah.

Bisa enggak kalau turbo dan super digabung atau dijadiin satu rangkaian?

TwinCharged

Jelas bisa. Sudah banyak tuner yang menggabungkan dua charge ini. Sistem atau rangkaian ini disebut twin charge yang dimana dalam satu mesin menggunakan super charge dan turbo charge, seperti contoh pada mesin VW Golf TSI yang standardnya sudah menggunakan twin charge untuk mengurangi lag yang di hasilkan oleh masing-masing charge ini. Tak hanya itu, mesin VW Golf TSI ini juga dapat menghasilkan tenaga yang besar dari putaran bawah hingga putaran atas.

Volkswagen-TSI

Dengan twin charge, kita dapat meningkatkan efisiensi dan tenaga mesin, selain itu juga mengurangi lag dari masing-masing charge tersebut. Pada putaran bawah, turbo yang belum siap untuk memberikan dorongan udara akan dibantu oleh super charge karena super sudah mulai bekerja pada saat mesin menyala.

329157_35_full

Pada saat super sudah mulai membebani mesin atau sudah tidak mampu memberikan dorongan udara yang cukup besar dan tekanan gas buang sudah mencukupi untuk memutarkan turbin turbo, turbo akan berputar untuk menambahkan tenaga ke mesin pada putaran atas yang tidak dapat dilakukan oleh super dan “wwaaallaaaa” lag ┬ápada mesin akan berkurang, efisiensi mesin meningkat dan tenaga mesin akan meningkat dari putaran bawah hingga putaran atas.

twinchargedoption1-1

Banyak konfigurasi atau model dari twin charge, ada yang berawal dari super lalu turbo dan baru intercooler, ada yang turbo terlebih dahulu baru intercooler lalu super dan bermacam-macam lagi. apa nggak menggangu kalau turbo atau super nya sedah berputar? Tentu saja tidak, karena di selang antara turbo dan super terdapat selang bypass, sehingga pada saat salah satu berputar tidak akan terganggu oleh charge yang sedang tidak berputar atau berputar semuanya.

 

 

picture source:

http://www.alfabb.com/bb/forums/attachments/engine-conversions/102930d1210989629-8v-2l-twin-charged-my-little-project-329157_35_full.jpg

http://assets.bankspower.com/friday_inline_images/101/Banks-Sturbo_engine4a.jpg

http://www.racing5.cl/wp-content/uploads/2012/06/Volkswagen-TSI.jpg

http://s20.photobucket.com/user/rcarboni/media/2000%20Regal%20GS/Turbo/TwinCharged.jpg.html

http://i254.photobucket.com/albums/hh92/Chudsoncoupe/Twin%20Charger/twinchargedoption1-1.jpg

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)