Home Did You Know? Did You Know: Twin Turbo

Did You Know: Twin Turbo

Banyak cara untuk meningkatkan efisien dan tenaga dari mesin, salah satunya dengan cara menambahkan turbo pada mesin tersebut. Turbo memberikan pasokan udara yang banyak dengan cara mengkompres udara terlebih dahulu. Terdapat 2 bagian dalam turbo, yaitu turbin yang berfungsi untuk menerima gas buang lalu dirubah menjadi gerakan putar, setelah turbin berputar, putaran tersebut disalurkan ke kompresor sehingga kompresor turbo tersebut berputar dan kemudian menyedot dan mengkompres udara lalu dimasukannya ke dalam ruang bakar.

Biasanya dalam 1 mesin terdapat 1 turbo, bagaimana kalau ada 2 turbo sekaligus?

tt-fdd

Menggunakan 2 turbo dalam 1 mesin biasanya di sebut mesin twin turbo.  Dalam pemasangan 2 turbo terdapat rangkaian pemasangan parallel (turbo terpisah 1 dengan yang lainnya) atau seri (turbo dipasang didalam 1 urutan), dalam rangkaian seri biasanya di sebut sequential turbo. Biasanya untuk pemasangan twin turbo untuk mengejar performa dan juga untuk meningkatkan efisiensi dari mesin. Pada mulanya menggunakan 1 turbo diputaran bawah efisiensi dan performa dari mesin tersebut kurang bagus, makanya sekarang sudah mulai menggunakan twin turbo agar performa dan efisiensi mesin dari putaran bawah hingga atas meningkat dibandingkan menggunakan 1 turbo.

vr38dett-engine

Dalam pemasangan parallel, biasanya dipasang di mesin V, akan tetapi pada mesin inline pun bisa di pasang model parallel turbo. Pada mobil Nissan Skyline GTR R35 yang menggunakan mesin V6 dan menggunakan twin turbo dengan model parallel. Turbo yang terpasang terbagi menjadi 2 bagian, 1 turbo untuk 3 silinder dan 1 turbo lagi untuk 3 silinder juga. Turbo yang digunakan dalam mesin ini relatif kecil karena untuk mengimbangi kemampuan mesin dan seberapa banyak udara yang dibutuhkan mesin tersebut. Karena menggunakan 2 turbo yang terpisah, jadi intercooler, wastegate dan blowoff juga terpisah, jadi masing-masing rangkaian memiliki intercooler, wastegate dan blowoff sendiri-sendiri.

Turbo_Parallel_BMW

Tetapi ada juga yang menggunakan 1 intercooler dan 1 blowoff, biasanya kerap ditemui di mesin inline yang menggunakan parallel turbo.

Bagaimana kalau dengan rangkaian seri atau sequential turbo??

seq29

Sequential turbo kerap ditemui di mesin inline, akan tetapi beberapa mesin v jugsa menggunakan model sequential turbo. Dalam rangkaian seri biasanya menggunakan turbo kecil dan besar yang dipasang secara berurutan, yang berawal dari turbo yang kecil dahulu baru turbo yang besar atau kebalikannya.

sbtsdgrm

Turbo kecil ini berfungsi untuk membantu mesin pada putaran bawah, dan pada putaran tinggi, turbo yang besar baru aktif untuk menambahkan tekanan yang besar pada putaran atas, karena kalau hanya mengandalkan turbo kecil, tekanan yang dihasilkan oleh turbo tersebut hanya geli-geli atau tidak maksimal dibandingkan dengan turbo yang besar untuk putaran atas. Akan tetapi terdapat juga yang menggunakan 2 turbo besar sekaligus yang membuat putaran atas tendangan boost dari turbo tersebut sangat kejam. Dalam rangkaian ini, untuk memaksimalkan kerja dari turbo yang besar, terdapat saluran bypass sehingga udara dapat langsung masuk ke kompresor besar tanpa harus melewati kompresor kecil terlebih dahulu.

Turbo_Sequential

Dalam bypass ini terdapat katup yang mengatur udara yang masuk, sehingga pada saat putaran bawah, katup akan menutup dan udara yang masuk kekompresor kecil akan lebih maksimal dan pada saat putaran atas, katup akan terbuka sehingga ada udara yang masuk ke kompresor kecil terlebih dahulu baru masuk ke kompresor besar dan ada juga yang masuk ke kompresor besar langsung. Tidak seperti yang model parallel, dalam model ini dapat menggunakan 1 blowoff dan intercooler. Sebelum udara yang terkompresikan masuk ke intercooler, masing-masing pipa dari turbo besar dan kecil menjadi 1 pipa jadi bisa menggunakan 1 intercooler dan blowoff.

 

 

picture source:

http://www.testingautos.com/wp-content/uploads/2013/01/vr38dett-engine.jpg

http://www.homemadeturbo.com/attachments/forced-induction-7/3964d1406450608-kevins-compound-sequential-twin-turbo-design-seq29.jpg

http://www.autozine.org/technical_school/engine/Turbo_Parallel_BMW.jpg

http://www.autozine.org/technical_school/engine/Turbo_Sequential.jpg

http://image.nengun.com/catalogue/1024×768/nengun-2948-02-trust-greddy-r35_gtr_td06sh-20g_twin_turbo_kit.jpg

http://www.jgstools.com/turbo/sbtsdgrm.jpg

http://www.nelsonracingengines.com/assets/images/engines/racing-engines/ford/tt-fdd.jpg

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)