Home Did You Know? Drift : Selamat Datang di Ibukota Indonesia

Drift : Selamat Datang di Ibukota Indonesia

Olahraga otomotif satu ini memang tergolong baru. Dipelopori kalangan motorsport underground yang dijuluki Rolling Zoku. Mereka mempraktikkan teknik opposite-lock yang biasa digunakan di dunia rally ini di jalan pegunungan (touge) yang berkelok-kelok dan beraspal licin di wilayah Rokkosan, Hakone, Irohazaka dan Nagano. Kemudian teknik ini sering dilakukan oleh Keiichi Tsuchiya sekitar tahun 70an akhir yang pada saat ia masih menjadi pembalap pemula. Pada masa-masa itu karena sering melakukan maneuver berbahaya ini, Tsuchiya sempat ditarik ijin balapnya. Maneuver inilah yang sekarang sering kita sebut Drifting.

Keiichi Tsuchiya 3

Mungkin sudah banyak yang tahu Keiichi Tsuchiya yang 58 tahun lalu lahir dari keluarga sederhana ini mengenal dunia otomotif mobil dari balapan liar di sekitar Jepang. Karena sosoknya yang melegenda, Shuichi Shigeno, seorang komikus Jepang, tertarik untuk membuat serial komik (Manga) yang mengacu pada gaya hidup balapan liar di Jepang. Kemudian tercetuslah komik “Initial D”, dengan pemeran utamanya “Takumi”. Karakter “Takumi” ini bisa dibilang merupakan gambaran kehidupan Keiichi Tsuchiya waktu jaman mudanya dulu.

Kemudian, siapa yang membawa Drift menjadi terkenal kepenjuru dunia?

Tidak tahu pasti siapa yang memperkenalka Drifting ini ke luar Jepang. Tetapi ada yang bilang sekitar tahun 80an akhir dan 90an awal, Keiichi Tsuchiya pernah memperagakan teknik Drift pada suatu acara Drifting Competition di depan salah satu media internasional yang acaranya hingga saat ini kita kenal dengan nama “Top Gear”. Dan memang saat itu acaranya sudah dibawakan oleh pembawa acara eksentrik dan controversial Jeremy Clarkson.

Jeremy Clarkson

Jadi jangan kaget kalau disetiap tayangan Top Gear, Clarkson pinter banget nge-drift dengan mobil-mobil super mahal itu, mungkin saja dia mendapat keahliannya itu dari Tsuchiya. Haha..

Seiring waktu berjalan, Drifting semakin dikenal dan digemari di seluruh dunia. Hingga akhirnya Indonesia mulai tertular demam Drifting pada sekitar tahun 2003-2004. Memang saat itu di Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan peningkatan kualitas jaringan internet, dari situlah anak muda ibukota mulai mencari tahu segala hal, apa dan bagaimana Drifting itu.

fastnlow jureq 1

Kemudian dari sejak saat itu hingga puncak-puncaknya tahun 2005 banyak anak muda menjajal kebolehan drifting (dulu namanya masih ngepot) nya dijalanan sekitar ibukota. “kita sih waktu itu nyobanya  masih di perempatan PIM (Pondok Indah Mall) dan Parkir timur Senayan” kata Jureq salah satu pelaku ngepot liar saat itu yang saat ini lebih serius menjalani bisnis bengkelnya bernama “K18 Engineering”.

Dari masa-masa itulah Drifting mulai berkembang di Indonesia. Mulai dari hanya menggunakan mobil penggerak depan (FWD) yang mengandalkan rem tangan (handbrake) hingga akhirnya perlahan mulai menggunakan mobil penggerak belakang (RWD).

drift indonesia fastnlow

Event Drift pertama kali saat itu diselenggarakan saat Otomotif Night Race tahun 2005 di Pekan Raya Jakarta (PRJ),  kemudian di tahun 2007 Goodyear juga mencoba mengadakan event Drift dengan judul Goodyear Night Drift. Nah, sejak itu event Drift di ibukota mulai semarak. Hingga saat ini, setiap tahun sudah banyak acara/event yang menyelenggarakan olahraga Drifting ini. Hingga pada tahun 2013 lalu, kejurnas Drift untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia.

Tapi…..

Sayangnya olahraga showoff  ini hanya terkenal dan banyak dilakukan oleh temen-temen di ibukota saja. Padahal olahraga ini relative cukup murah dan banyak peminatnya. Untuk bisa nge-drift seorang driver hanya membutuhkan sebuah mobil, bisa penggerak depan atau pun belakang. Untuk latihan awal, tidak perlu memodifikasi mesin ataupun kaki-kaki sekalipun. Murah bukan?

Seharusnya Drifting ini bisa saja dilakukan oleh pecinta olahraga otomotif di seluruh penjuru Indonesia. Tinggal cari lapangan beraspal, tidak perlu luas, asalkan aman dan tidak mengganggu lalu lintas dan segeralah ber-Drifting ria disana.

indonesia drift

Yuk ah, kita kembangkan olahraga Drift ini di Indonesia. Mumpung olahraga ini masih baru dan tergolong murah. Mungkin saja diantara temen-teman ada yang bisa bersaing di Formula Drift seperti Amandio dan Aditya Widiutomo.

Ingat!! Ini adalah olahraga showoff lho. Jadi bagi temen-temen yang ingin cepet terkenal, minim se-kabupaten, jadilah Drifter, kemudian beratraksilah sebaik mungkin untuk menarik perhatian penonton. Setelah itu (dijamin) ketampanan kalian akan meningkat 1000%. Jadi bersiap-siaplah menjadi actor (kondang) dibalik mobil Drift kamu. Haha..

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)