Home Did You Know? Apa Saja Sih Istilah Dalam Drift?

Apa Saja Sih Istilah Dalam Drift?

Drift, kata ini sering terdengar atau pun terlihat di berita otomotif bahkan film layar lebar. Untuk pencinta otomotif sendiri terutama yang telah lama bergelut didalamnya kebanyakan pasti udah tau definisi drift itu sendiri apa.

Dibalik itu ada arti unik lain nih dari DRIFT yaitu: Drive Rightly In False Turn, jadi drift sendiri adalah teknik menyetir di mana pengemudi berusaha membuat mobilnya berada dalam posisi miring dan meluncur selama mungkin. Biasanya para drifter (sebutan untuk pembalap drifting) hanya menggunakan gigi dua dan rem tangan atau hand brake untuk menunjukkan teknik tingkat tinggi ini, karena itulah sangat dibutuhkan keahlian tertentu untuk bisa menguasai teknik mengemudi seperti ini.

Selain punya kemampuan dan disiplin yang tinggi untuk latihan rutin ya tentunya, seorang drifter juga harus tau teknik-teknik apa saja yang ada dalam drifting. Setiap gerakan punya istilah dan arti sendiri lho, jadi nggak asal bikin nama sendiri. Untuk mengatasi roaming istilah baik bagi pemula atau penonton biar nggak bingung waktu nonton live atau berita soal perlombaan drift.

Untuk itu, sekarang akan kita bahas beberapa istilah yang cukup popular dalam dunia drift. Ya se-enggak-nya pahami ini dulu deh yang lumayan sering disebut dalam bidang drifting.

Dalam drift ada tiga teknik utama yang digunakan oleh drifter untuk memulai aksinya, yaitu Clutching (penggunaan kopling), Weight-Shifting (penggunaan berat kendaraan) dan Braking (penggunaan rem).

Initiate

Adalah dimana moment para drifter akan melakukan drift sebelum masuk dalam belokan. biasanya mereka akan membantingkan mobil kearah berlawanan dari arah beloknya terlebih dahulu, yang harapannya pantat mobil bisa ngebuang. Tapi itu tergantung karakteristik para drifternya, ada yang mempersiapkan untuk clutch kick, ada yang menggunakan e-brake dulu.

Switching

Adalah momen dimana para drifter melakukan pergantian arah belok.

Fastnlow Achilles AMF 2015 Mogu mogu drift Indonesia 136

Manji

Maksudnya adalah nge-drift dengan mengayun di sepanjang straight atau jalan lurus. Teknik ini membutuhkan mobil yang disetting dengan baik dan skill drifter yang terasah. Gerakan drift dalam manji itu mirip sekali dengan teknik drifting di S-corner (bentuknya huruf S) yang melibatkan transisi atau switchback dari kiri ke kanan dan sebaliknya dalam tempo yg lebih cepat.

 Feint

Teknik ini dipinjam dari teknik menikung pada balap Rally. Dengan kecepatan sekitar 30-45 mph, ambil sisi dalam tikungan. Lalu sekitar 25 meter dari titik tengah tikungan, belok ke sisi luar tikungan. Sekarang banting setir ke arah dalam tikungan (mobil akan meluncur karena beratnya), drift dimulai dan lakukan counter steer. Keunggulan teknik ini adalah kecepatan mobil pada saat menikung nggak berkurang banyak sehingga kecepatan pada saat keluar tikungan cukup tinggi.

Fastnlow Achilles AMF 2015 Mogu mogu drift Indonesia 95

Power Over

Syaratnya butuh mobil dengan mesin bertenaga besar. Seketika injak pedal gas dalam-dalam, maka ban belakang mobil akan kaget dan mulai kehilangan traksi. Intinya mobil yang dipake harus punya torsi yang gede biar traksi roda belakang bisa pecah. Saat belok, tinggal injak pedal gas dalam-dalam. kalo mang mobilnya kuat, pasti nge-slide. Nah klo udah nge-slide tinggal atur gas dan counter steer aja.

archive.wired.com
archive.wired.com

Braking Drift

Inti dari braking drift sebenarnya memindahkan beban mobil ke bagian depan.
Pacu mobil dengan kencang, kemudian ketika masuk tikungan, injak pedal rem jadi bobot pindah ke depan. Tahan kondisi kosong (nggak injak gas atau rem) sampai badan belakang mobil meluncur karena pengaruh beratnya, kemudian pedal gas langsung diinjak sehingga traksi ban belakang hilang kembali.

Fastnlow Achilles AMF 2015 Mogu mogu drift Indonesia 143

E Brake

Pengemudi menarik rem tangan (bersamaan dengan menginjak kopling) saat memasuki tikungan sehingga menyebabkan ban belakang terkunci dan kehilangan traksi. Ketika traksi antara ban dan permukaan jalan sudah hilang, kopling di lepas, pedal gas ditekan dan lakukan counter steer.

Drift war 2015 IIMS GT RADIAL fastnlow (69)

Clutch Kick

Sesuai namanya, teknik ini dilakukan dengan cara menendang kopling sehingga menimbulkan kejutan tenaga yang sangat besar pada roda. Ban belakang akan kehilangan traksinya. Ada catatannya nih, lakukan teknik ini pada saat pedal gas masih kamu injak, kalau nggak maka teknik ini bisa gagal.

Drift war 2015 IIMS GT RADIAL fastnlow (95)

Tsuiso

Atau tandem battle, maksudnya adalah stage kedua dalam tiap event drift dimana dilakukan battle 1 lawan 1 sesuai bracket battle yang terbentuk setelah solo drift. Jadi dua drifter dilepas berbarengan di satu track untuk beradu aksi dan keindahan nge-drift. Dilakukan mulai babak tiga puluh dua besar sampai final. Format yang umum adalah Best 16, Best 8, Semi Final, dan Final.

yeahwehavelearned.wordpress.com
yeahwehavelearned.wordpress.com

Nah kurang lebih itu yang kita ketahui, sebenarnya ada lebih banyak lagi istilah yang sering muncul dalam dunia drifting, setidaknya pelajari dan ketahui hal-hal diatas bisa bikin kamu nggak roaming lagi waktu nonton balap drift atau liat beritanya.

Kalau gambar-gambar diatas kurang memberikan penjelasan mengenai rasa penasaran kamu, ada baiknya kamu liat langsung deh balap drift atau bisa juga searching videonya.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)