Home Did You Know? Engine Brake: Teknik Berkendara Yang Harus Anda Ketahui

Engine Brake: Teknik Berkendara Yang Harus Anda Ketahui

brake-driving-ca

Engine brake, adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menurunkan laju mobil anda. Kebanyakan pengendara menggunakan engine brake untuk meringakan kinerja daripada sistem pengereman. Karena pemakaian sistem pengereman dengan durasi yang lama dapat berakibat fatal, karena jika sistem pengereman mengalami panas yang berlebih maka rem akan menjadi blong atau bisa saja malfungsi sistem pengereman.

Erat kaitannya engine brake dengan transmisi, pasalnya dampak engine brake akan jelas terasa ketika mobil melaju pada jalan yang menurun yang disebabkan oleh penurunan gigi transmisi dari tinggi ke rendah, misalnya dari gigi empat ke gigi tiga.

Mengapa seperti itu? Karena ketika kita menurunkan gigi transmisi tinggi ke yang lebih rendah, maka mesin akan terhambat oleh gigi transmisi. Meski mengalami kenaikan RPM mesin tetapi kenaikan tersebut tidak diikuti dengan bertambahnya power atau tenaga. Hal tersebut terjadi karena ketika memindahkan gigi transmisi dapat dipastikan pedal gas tidak terinjak yang mengakibatkan tidak adanya bahan bakar yang masuk pada ruang pembakaran.

Yang perlu diingat ketika hendak melakukan engine brake pada mobil bertransmisi manual adalah melakukan pengereman terlebih dahulu. Dimaksudkan untuk mengurangi laju dan putaran mesinĀ  guna menghindari ledakan RPM yang terlalu tinggi. Penurunan gigi transmisi dapat dilakukan pada kisaran RPM 3000 dan penurunan gigi transmisi sebaiknya dilakukan secara bertahap

Penggunaan teknik engine brake ternyata cocok untuk diaplikasikan pada kondisi jalan seperti apa saja, namun pada saat melalui jalan yang menanjak engine brake tidaklah tepat untuk digunakan. Pasalnya, engine brake difungsikan untuk mengurangi laju dan putaran mesin bukan untuk menambah laju dari mobil. Engine brake akan berfungsi secara maksimal ketika kita dihadapkan pada jalan yang menurun, dan juga akan cukup membantu ketika berada di kecepatan tinggi pada jalan yang lurus.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)