Home Issue Cars Ford Akan Mengeluarkan Ranger Versi ‘Buas’

Ford Akan Mengeluarkan Ranger Versi ‘Buas’

Segmen mobil pick up menjadi salah satu pasar paling menjanjikan yang dilirik oleh automaker asal Negeri Paman Sam, Ford, dengan kumpulan jawara terhebatnya. Salah satunya adalah nama Ford Ranger yang kita kenal saat ini yang menghuni segmen pick-up besar kelas menengah ke atas yang kental dengan kesan maskulin.

Ini bukan sembarang Ford Ranger, tapi ini adalah Ranger versi buasnya. Ialah Ford Ranger Raptor 2019, ia resmi menjadi adik F-150 VelociRaptor. “Tim Ford Performance sangat antusias untuk memperluas nama Raptor dari F-150 yang jadi mobil off-road performa tinggi unggulan kami ke Ranger. Sama seperti F-150 Raptor, Ranger Raptor dibangun berdasarkan kemampuan jelajah yang dimilikinya dan menampilkan ciri khas DNA Ford Performance dengan jelas.” kata Jamal Hameedi, kepala engineer Ford Performance.

Kehadiran Ford Ranger juga bakal semakin mengancam kepopuleran sang kakak, karena pabrikan yang berpusat di Dearborn, Detroit tersebut baru saja meluncurkan Ford Ranger Raptor, seperti yang beredar di situs resmi Ford.

Dimana Ford Ranger Raptor ini menggunakan mesin 2.000 cc 4 silinder diesel dengan twin turbo dengan tenaga 213 PS dan torsi 500 Nm. Selain itu mobil ini juga dilengkapi suspensi travel panjang buatan Fox dengan coilover belakang, pelindung ekstra buat bagian kolong mobil, pelek 17 inci dibungkus ban BF Goodrich yang berjenis All Terrain. Untuk menjinakkan torsi 500 Nm-nya, ada 4 cakram berdiameter 332 mm di depan dan belakang 332mm.

Dari tampilan luarnya saja sudah sangat gagah berkat grille tebal selayaknya F150 Raptor, bersanding dengan bodi yang lebih lebar serta bumper depan yang sudah dilengkapi oleh sepasang tow recovery hook. Selain itu ada lampu kabut LED baru dengan ventilasi udara yang fungsional, hal ini bertujukan agar bisa mengurangi hambatan udara dari body.

Ford Ranger Raptor ini lebih tinggi dari Ranger standar dengan ground clearance mencapai 283 mm. Mobil ini juga punya approach angle 32,5 °, ramp over angle 24 °, dan departure angle 24 °. Mobil ini punya tinggi 1.873 mm, lebar 2.180 mm dan panjang 5.398 mm, alias lebih besar dari Ranger biasa.

Selain itu, Ford Ranger Raptor yang baru mengadopsi mode mengemudi Baja dari F-150 Raptor. Mode Baja ini mengoptimalkan respons gas, pergantian gigi dan pengendalian boost turbo, dan langsung mengaktifkan mode 4×4 di posisi 4H. Tapi sampai sekarang apakah mobil ini akan masuk ke Indonesia atau tidak, kita tunggu saja kabarnya dari Ford.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)