Home Special News Garage G-Speed: Antara Cinta dan Idealisme Seorang Galih Laksono

G-Speed: Antara Cinta dan Idealisme Seorang Galih Laksono

Gimana perasaan kamu saat melihat sebuah muscle car berlari kencang di jalanan ibu kota. Hampir bisa di pastikan yang diperhatikan adalah suaranya yang khas dengan piston berkonfigurasi V yang rata-rata memiliki 8 silinder.

Tapi itu jarang sekali terjadi, karena memang kendaraan itu tidak lazim berada di negara Indonesia yang sejak dahulu terdoptrin dengan kendaraan Jepang atau kendaraan irit bahan bakar.

muscle car fastnlow 9

Namun dari kelangkaan muscle car itu lah muncul sosok Galih Laksono yang bisa kita bilang pekerja seni otomotif yang menggeluti bidang restorasi mobil Muscle Car. Dari sejak Juli 2010 ia mulai fokus membangun ulang muscle car yang berkiblat pada Amerika dan Australia.

Hal itu diawali sejak jaman mudanya yang sudah bermain-main dengan mobil bermesin V8 yang bisa di bilang saat itu (sekitar tahun 1985) mobil bermesin ini sangat jarang ada yang punya. Galih menceritakan tentang kenangannnya menggunakan Holden bermesin V8 nya saat turun di balap liar yang waktu itu masih di sekitaran Jl. Sudirman dan Menteng (ASAF belum ada sob). Dari sejak itulah Galih jatuh cinta dengan muscle car.

muscle car fastnlow 7

Kecintaannya membuat dia banyak mempelajari sampai mencoba membangun muscle car milik saudaranya di tengah-tengah kesibukannya menjadi karyawan kantoran saat itu.

Karena sejak tahun 85 dia sudah mengoprek muscle car ini, tanpa senganja hal itu menghasilkan banyak pengalaman yang tidak diketahui bahwa itu adalah research. Dan dari hasilnya research itu Galih yang merupakan lulusan Teknik Elektro Trisakti berhasil menemukan ramuan mesin yang streetable dan akhirnya dia merasa percaya diri untuk membuka bengkel yang ia beri nama ‘G-speed’ ini.

muscle car fastnlow 6

Streetable? Yup, karena pada dasarnya mobil V8 itu mudah panas. Panasnya itulah yang membuat mobil ber cc besar ini sulit untuk dijalankan dijalan raya pada umumnya dan khususnya jalanan Jakarta yang macet nan panas itu.

Rahasianya ada pada komponen internal mesin yang memang di pesan khusus, bukan hanya membeli part yang sudah ada kemudian di pasang, melainkan benar-benar di pesan dengan detail material dan perhitungan ideal seorang Galih.

muscle car fastnlow 12

Saking detailnya, Galih  mengerjakan mobil costumer itu di dua tempat berbeda. di daerah Radio Dalam (rumah pribadi Galih) khusus untuk perakitan mesin. Proses ini memang dikerjakan oleh Galih dengan sangat detail hingga bisa dibilang setiap mm yang terpasang pasti dia ketahui. Hingga mesin bisa menyala dengan baik, mesin baru dapat dipindahkan ke daerah Jl. Antasari yang merupakan bengkelnya yang di khususkan untuk restorasi body yang baru selesai di bangun dan resmi di pakai pada Januari 2015 ini.

muscle car fastnlow 4 Tidak cuma itu saja keunikannya lagi, mesin-mesin yang di ciptakan oleh Galih bisa menggunakan bahan bakar Premium yang itu ber-oktane rendah khususnya yang dia taruh di dalam Holden Morano HT yang bermesin BBC 502 ci 8.2 liter V8.

muscle car fastnlow 8

Sejak awal Galih memang pintar, dia tidak terlalu menggembar gemborkan kemampuannya di Indonesia, karena dia yakin bakal dipandang sebelah mata. Dari itu, dia merestorasi Holden Morano HT nya dan setelah selesai dia langsung turun dalam 2 event internasional. Dan hal itu tidak sia-sia, sampai sana dia pun memenangkan kompetisi modifikasi muscle car yang berhak bertanding di babak selanjutnya di Las Vegas.

muscle car fastnlow 10

Nah sejak itulah Galih yang juga merupakan pendiri Holden Club Indonesia ini mendapat pengakuan Internasional sebagai Muscle Car Builder dari Indonesia. Dan perlahan Indonesia mengetahuinya dan hingga saat ini dia kebanjiran order yang terpaksa harus mengantri hingga 2 tahun kedepan.

muscle car fastnlow 2

Namun dibalik semua itu Galih pun menyadari, sebetulnya tantangannya untuk menjadi builder Indonesia itu cukup sulit. Apalagi builder kendaraan muscle car, bukan masalah peminatnya saja, namun masalah kepercayaan pabrik pencipta onderdil di luar negeri yang ternyata tidak terlalu percaya dengan buyer Indonesia.

muscle car fastnlow 11

Secara Indonesia sudah telalu banyak kasus penipuan tentang pembelian barang seperti itu. Namun Galih bisa mengatasinya? Karena para pembuat onderdil di luar sana sudah memiliki track record Galih sejak tahun 85 yang sudah suka memesan part dari luar sana. Enggak cuma itu, Galih pun ikut sebuah asosiasi builder dunia yang anggota dari Indonesia hanya dia.

muscle car fastnlow 1

Di akhir kata pun Galih menyadari bahwa sebenarnya semua ini ia lakukan benar-benar karena ia cinta dengan muscle car, karena sebetulnya diatas kertas bisnis yang dia jalani ini belum memberikan keuntungan yang berarti.

Tapi kalau sudah cinta mau gimana lagi ya om Galih.. hehe..

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)