Home Did You Know? Geliat M. Farhan di Dunia Drifting 2015

Geliat M. Farhan di Dunia Drifting 2015

Mungkin tahun ini bisa dibilang adalah tahun kebangkitan drift Indonesia. Sejak bulan Juni 2015 ini, berawal dari AMF yang diadakan oleh MSlide di Yogyakarta drift Indonesia perlahan mulai berkibar kembali. Begitu juga dengan para pembalap barunya yang satu persatu keluar dari “kandang”. Salah satunya M. Farhan yang berhasil membuat mata Fastnlow menyorot ke dirinya.

farhan maulana amf drift yogyakarta seri 1 fastnlow

Sedikit cerita tentang M. Farhan (Farhan).

Di tahun 2015 ini Farhan berhasil membuktikan ketangkasanya dalam DRIFTING. Kita menganggapknya cukup untuk di bilang tidak hanya untuk “bermain-main” saja. Karena dari sejak AMF (Achilles Motorsport festival) round 1 sampai dengan DRIFTWAR 3 kemarin dia terus meraih podium.

Di AMF Jogja Farhan sudah bisa masuk kedalam TOP 4 yang saat itu harus melawan senior-senioarnya di kelas Pro dan meraih juara 1 kelas Rookie. Farhan yang oleh teman-temannya disebut si “CENGEK POWER” (entah apalah arti cengek itu) ini tidak menyangka akan bisa masuk ke dalam TOP 4 karena dari segi kualifikasi dia mendapatkan peringkat terakhir, tapi siapa yang di sangka secara perlahan-lahan dia dapat masuk TOP 4 saat itu.

Setelah dari AMF seri 1 ini dia tidak tinggal diam. Melalui sosmed-nya dia mengupload video latihan-latihannya di Karawang Barat tepatnya di Technomart Test Course bersama Rio SB. Ternyata setelah di konfirmasi dia memang sering melakukan latihan rutin disana.

rio sb amf drift surabaya seri 2 fastnlow

Farhan kelihatan sekali berambisi untuk bisa mejadi drifter Pro. Beberapa kali memang dia sering spontan berkata “ Gue pengen banget jadi generasi selanjutnya dari Rio SB. Akhirnya kami team Fastnlow bertemu Farhan lagi di AMF seri 2 yang berada di kota SURABAYA, dan disana kita juga bertemu dengan Rio SB, namun kali ini tidak menunggangi mobilnya, namun dia hanya membimbing Farhan di arena balap karena mobil yang di pakai oleh Rio tidak siap di ajang AMF seri 2 ini.

farhan maulana amf drift surabaya seri 2 fastnlow 1

Di hari sesi latihan AMF seri 2 Farhan sangat penasaran dan berjuang untuk jadi yang terbaik untuk kualifikasi. Ternyata di sesi latihan Farhan mengalami kendala yaitu fan belt yang dia gunakan gampang sekali lepas di setiap belokan tajam. Keesokan harinya Farhan si “CENGEK POWER” itu masuk kualifikasi urutan ke 2 dalam ajang AMF SURABAYA seri 2 kali ini. Ujar Dean Zen sang juri bertanya kepada Farhan “ itu tadi pas kualifikasi bukan lo ya? RIO ya? “ Farhan menjawab “ haha itu gue pinjem kaki sama tanganya RIO “ sahutnya sambil bercanda.

farhan maulana amf drift surabaya seri 2 fastnlow

Entah apa yang ada di benak pikirannya si Farhan, banyak hal nyeleneh yang dia lakukan. Salah satunya sela sela acara demo DRIFT yang di lakukan oleh Akbar Rais bersama Ibu Walikota Surabaya untuk turut didalam mobil drift dalam TAXI DRIFT, dan hal itu membuat para penonton dan drifter lainnya terkesima oleh keberanian sang Walikota, sebaliknya si Farhan justru bersenang-senang dengan MAKI sang icon MOGU MOGU.

Tandem battle di AMF seri 2 di TOP 16 farhan bertemu dengan Mike. Mike ini adalah salah satu drifter rookie asal Surabaya. Dari hasil tandem mereka berdua yang berhasil lanjut ke TOP 8 adalah Farhan. Di TOP 8 Farhan di sayangkan gugur di karena kan melinitir di saat melawan Lucky Reza teman sekelasnya. Dan pada seri itu menjadikan ending yang cukup bagus bagi Lucky Reza yang akhirnya mendapatkan first podium di kelas pro. Sedangkan Farhan menjadi juara 1 rookie (lagi). Di karena kan hasil kualifikasi Farhan peringkat kedua dari keseluruhan PRO dan ROOKIE.

Drift war 2015 IIMS GT RADIAL fastnlow (85)

Next event kami Fastnlow crew kembali si “CENGEK” di acara IIMS DRIFTWAR 3. Event yang sangat di nantikan oleh para drifter Nasional ini . Farhan terlihat lebih percaya diri dari seri-seri drift sebelumnya. Karena mesin mobilnya memang lebih “segar” dari sebelum-sebelumnya. Namun bukan berarti tanpa kendala, di kompetisi DRIFTWAR 3 kali ini banyak sekali kendala yang ia dapat dari sesi latihan hingga akan memasuki tandem battle.

Kendala yang terjadi di mobilnya Farhan dari kopling habis hingga permasalaha pada master rem yang mengakibatkan dia harus memilih salah satu rem, rem depan atau belakang yang ingin berfungsi. Cukup membuat stress Farhan memang.

IMG_1895 (72)

Di tandem battle kali ini Farhan harus kehilangan rem depanya dan harus bertanding menggunakan hand brake saja. Di TOP 32 farhan harus bersaing melawan seniornya yaitu Dika CH dari EXCLUSIVE AUTO GARAGE DRIFT TEAM. Cukup membuat para penonton dan drifter yang lain terkejut. Di karenakan Farhan berhasil mengalahkan DIKA CH sang senior. Berlanjut ke TOP 16 farhan bertemu dengan Ikhsan Utama yang juga duduk di kelas rookie yang sebelum nya di AMF seri ke-2 ini mendapatkan juara 2 di kelas pro.

IMG_1895 (84)

Hasil yang sangat membingungkan di run 1 dan ke-2 yang memutuskan untuk Ikhsan yang menang. Yang membuat bingung adalah di saat Farhan mendapatkan posisi LEAD (di depan) ia di tabrak oleh Ikhsan. Sportifitas berbicara, akhirnya mereka berdua mendatangi juri bersama. Yang akhirnya juri menganulir kemenangan Ikhsan dan memutuskan untuk tanding ulang.

Hasilnya Farhan bisa melanjutkan ke TOP 8. Di TOP 8 Farhan harus bersaing melawan Emmanuel Amandio yang sudah memiliki jam terbang kemana-mana di ajang drift Internasional. Kali ini Farhan mengakui kehebatan Amandio dan gugur di TOP 8. Hal lainnya memang di karenakan ban yang dia gunakan sudah tidak mumpuni untuk mendapatkan performa terbaik dan didukung pula oleh stok ban yang Farhan bawa sudah habis. Dan hasil akhir dari IIMS DRIFTWAR 3 ini Farhan mendapatkan podium juara ke 4 di kelas rookie.

Yup..itu sedikit cerita tentang sepak terjang M. Farhan yang baru terjun kembali ke dunia Drift setelah dulu sempat aktif.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)