Connect with us

Subscribe

Cars

Grand Cherokee PHEV Dibekali Transmisi Hybrid ZF 8 HP Versi Terbaru

Meski populasi Grand Cherokee tak sebanyak Jeep Wrangler Unlimited di Tanah Air, Grand Cherokee tak kalah menarik ketimbang kakak tertuanya. Belum lama ini seorang fotografer berhasil menangkap prototipe Grand Cherokee generasi terbaru di sekitar gedung Fiat Chrysler Automobiles (FCA) Auburn Hills, markas besar Michigan. Meskipun terbungkus kamuflase, ada saja sesuatu yang menarik untuk ‘ditangkap’ kamera. Terlihat kotak misterius bertengger di kolong kendaraan dimana diyakini sebagai powertrain yang tengah diuji pada Grand Cherokee model 2021 berteknologi PHEV.

Pihak perusahaan mengumumkan bahwa PHEV dari model Grand Cherokee yang akan datang dan saudara kandungnya yang terdiri dari 3-baris sedang dalam pengerjaan. Kendaraan akan ditawarkan dengan mesin yang lebih kecil seperti Pentastar V6 3,6 liter atau mesin turbocharged inline-6 silinder yang menjadi basis powertrain baru. Sistem ini akan bekerja mirip dengan sistem Chrysler Pacifica Hybrid yang menjadi salah satu aplikasi pertama untuk kendaraan berkonfigurasi rear-wheel-drive unibody-based dari FCA. Kabarnya Jeep Wrangler Unlimited 2020 juga akan menawarkan sistem yang serupa tetapi tentunya dengan arsitektur body-on-frame.

Grand Cherokee PHEV akan dibekali versi terbaru ZF 8-speed transmisi otomatis plug-in hybrid. Transmisi baru memiliki semua fungsi standar 8-speed tetapi juga menawarkan keunggulan electric drive unit. PHEV menggabungkan mesin combustion dengan penggerak listrik bebas emisi. ZF telah mengembangkan sistem plug-in untuk konfigurasi drive dalam hal jangkauan all-electric dan kecepatan dibandingkan dengan sistem full-hybrid yang ada. ZF menyatakan bahwa pengaturan berkisar lebih dari 50 km atau 32 mil dan memiliki kecepatan tertinggi 120 km/jam (74,5 mph) dalam mode all-electric.

Berkat sistem yang terintegrasi penuh dimana transmisi, modul hybrid, dan daya elektronik mampu bersinergi satu sama lain, motor elektrik dapat didinginkan dengan air atau oli transmisi. Selain itu dilengkapi kopling terpisah dengan low drag yang berfungsi memisahkan drive listrik dari mesin combustion, yang pada gilirannya meningkatkan kisaran dalam mode elektrik. Hanya 30 milimeter ruang tambahan yang diperlukan untuk transmisi hybrid ZF, dibandingkan dengan transmisi otomatis standar 8-speed.

Motor compact elektrik menghasilkan output maksimal 90 kilowatt dan torsi 250 Nm (184 ft-lbs) pada transmisi berbasis ZF 8HP. Perusahaan ZF menegaskan bahwa transmisi hybrid baru ini juga kompatibel untuk konfigurasi all-wheel-drive dengan sangat baik, menjadikannya lebih sempurna untuk Grand Cherokee dan saudara kandung 3-baris yang masih penuh misteri.

Sekilas tentang ZF adalah singkatan dari Zahnradfabrik Friedrichshafen atau lebih familiar disebut Zahnradfabrik yang artinya Gear Factory. Perusahaan yang berbasis di Jerman ini bergerak dibidang engineering dan industri otomotif. Tak hanya Jeep, pabrikan ini juga menghasilkan produk untuk merk mobil ternama seperti VW, BMW, dan Toyota.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Penjelasan Lengkap Tentang Fungsi Catalytic Converter

Did You Know?

Cara Mudah Menghilangkan Bau Rokok Pada Mobil

Did You Know?

Cara Mudah Agar Mobil Anda Tidak Bisa Di Maling

Did You Know?

Volvo Perintis Seatbelt Modern 3-titik

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan