Connect with us

Subscribe

Racers

H. Rihan Variza: Jogja Sprint Rally Jadi Ajang Pemanasan Muara Bungo

Perasaan senang, canggung sekaligus ‘deg-degan’ bisa wawancara langsung dengan pereli kawakan sekelas H.Rihan Variza untuk pertama kalinya. Entah kapan kesempatan itu bisa datang lagi.

Di tengah pelaksanaan SS2 sebuah wasap dari TB. Adhi — rekan setimnya yang saya kenal lebih dulu di trek offroad tiba-tiba mengabari saya dengan pesan singkat berbunyi ‘kita lagi nyantai di paddock’, wah pas nih saya pun segera menghampirinya.

Btw, saya rasa dikalangan reli pasti tahu dengan sepak terjang pria asal Kalsel ini. Ternyata keikutsertaan Rihan kali ini di Jogja Sprint Rally 2020 tak lain adalah untuk pemanasan reli mendatang di Muara Bungo. Bukan Mazda AP4, untuk kompetisi daerah Rihan sengaja menggunakan Ford Fiesta R2 besutan RFT Motorsport yang ditungganginya sejak 2018.

“Persiapan mobil ada pastinya tapi persiapan khusus nggak ada sih, emang niatnya ikut untuk persiapan reli di Muara Bungo, jadi ini untuk pemanasan aja ngelemasin badan daripada kaku sekalian deh,” sambut Rihan yang berpasangan dengan Andy Rendy.

“Trek disini sebenarnya bagus tapi kemarin ada kendala hujan di hari Jumat, sempat banjir di trek tanah alhasil banyak dipotong jalurnya, harusnya pihak penyelenggara bisa mengantisipasi. Kemarin yang harusnya bisa latihan jadi nggak ada sama sekali, hari H langsung main, jadi kita nggak bisa setting segala macam gimana karakternya.” imbuh Rihan.

Meski ‘pemanasan’ bukan berarti lomba kali ini dianggap main-main, Rihan dari tim HRVRT BGM HBM harus bersaing sengit dengan pereli sekaligus mantan peslalom Jateng — Herry Unggul, mulai dari SS pertama hingga terakhir saling ‘baku hantam’ mengejar poin. SS1 Rihan tertinggal 7 detik dari Herry, sementara SS2 hanya selisih sepersekian detik. Begitupula di hari kedua, terpaut sangat tipis.

Insert foto: DSC_0308a-ed
“SS2 disetting ulang, sokbreker di kerasin lagi, sama evaluasi bawanya gimana masih ada yang kurang nggak. Lumayanlah banyak yang dikoreksi, bisa sedikit mengejar lagi,” saut Rihan yang mengandalkan ban Pirelli.

Duet maut antara dua pembalap ini bisa dibilang paling menyedot perhatian, seakan semua mata penonton menahan kedip agar tak melewatkan sedetikpun aksi mereka dalam menaklukkan dua trek, tarmac dan gravel. Alhasil Rihan menyabet posisi kedua Kelas F3, kemudian menyusul dibawahnya Loekito Raharjo.

“Karakter R2 ini torsi bawahnya agak lembek, karna sebenarnya mobil ini khusus untuk trek panjang, kalo di RPM 4000 keatas baru lari. Jadi ketemu trek kayak gini udah lemas, kami kesusahan disana karna banyak tikungan juga, paling pinter-pinter ngakalin jaga RPM tinggi. Semoga seri selanjutnya persiapannya lebih bagus.” tutup Rihan.

Bonus foto:

 

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Persiapan Reli Dakar: Stamina Pembalap Sama Pentingnya Dengan Mobil Tangguh (Part-2)

Did You Know?

Persiapan Reli Dakar: Stamina Pembalap Sama Pentingnya Dengan Mobil Tangguh (Part-1)

Headline

Deretan Mobil Ford di Film Hollywood

Did You Know?

#MADEINJOGJA X HTJRT : PERJALANAN “PARTAI NERAKA” KE PULAU DEWATA BALI

Cars

Advertisement
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan