Connect with us

Subscribe

Community

Hajatan Perdana “Kenduri Raya Sewu Jeep Merayap Merapi”

Asosiasi Jeep Wisata Lerang Merapi (AJWLM) akan menggelar hajatan bertajuk “Kenduri Raya Sewu Jeep Merayap Merapi” di Lapangan Boyong Hargobinangun Pakem, Sleman, Yogyakarta pada 14 Oktober 2019 mendatang. Yaps, ini memang event kali pertama yang digagas oleh AJWLM dimana bekerjasama dengan IOF Pengda DIY, Dispar DIY dan Sleman, serta jajaran Muspida terkait.

“Sebenarnya ide ini sudah lama dibicarakan dengan Pak Inung untuk menyatukan semua pengusaha dan pemandu jip di lereng Merapi supaya sehati dan sejalan. Tetapi yang tak kalah penting inti dari kenduri ini adalah mengucapkan syukur kepada Tuhan YME sang pemberi kehidupan, bahwa dengan adanya jip wisata, kami beroleh rejeki,” sambut Bejo Mulyo, Ketua Panitia, saat ditemui awak media di Wisma Tunas Mekar Cangkringan Sleman, Kamis (26/9/2019).

Ia pun menambahkan bahwa jika event perdana ini terbilang berhasil, akan menjadi agenda rutin tahunan yang tentu saja didukung oleh jajaran pemerintahan dan pihak yang terkait.

“Iya, sejauh ini belum ada event semacam ini, karena itu sebagai bentuk syukur para pelaku wisata disini kami adakan kenduri. Lereng Merapi sedikit banyak sangat membantu perekonomian di daerah Hargobinangun dan sekitarnya, mengingat pasca letusan Gunung Merapi 2010 banyak warga yang kehilangan rumah maupun mata pencaharian,” tutur Dardiri, Ketua AJWLM.

Dalam mengantisipasi kejadian diluar dugaan, baik panitia dan AJWLM telah melakukan persiapan dengan menggandeng Polsek setempat, Polres, tenaga medis dan juga SAR.

Kenduri Raya Sewu Jeep akan dibuka pukul 07.00 untuk registrasi ulang peserta, lanjut pukul 09.00 event resmi dimulai dan rencananya akan dihadiri oleh Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo bersama jajarannya. Nantinya, para peserta akan konvoi dari Lapangan Boyong menuju Bunker Merapi yang jaraknya kurang lebih 10 km. Untuk menjaga lalu lintas tetap kondusif, konvoi akan terbagi menjadi beberapa grup.

Di Bunker Merapi, seremonial kenduri mulai berlangsung seperti mengarak sesaji, prosesi kenduri, pelepasan burung, hiburan tradisional setempat, dahar kembul dan lain sebagainya. Untuk lebih jauhnya, kalian bisa kesana menyaksikan langsung proses kenduri. Tetapi perlu diingat bahwa event ini jatuh pada hari Senin karena beberapa pertimbangan.

“Biasanya kan Sabtu-Minggu jip wisata sedang banyak pengunjung, lalu lintas juga pasti padat. Maka kami tentukan hari Senin supaya semua anggota asosiasi bisa berkumpul menyemarakkan event ini,” celetuk Dardiri.

Sejak dirintis tahun 2013, saat ini AJWLM telah menaungi 29 komunitas dengan jumlah total 887 unit, sementara yang belum tercatat ada sekitar 138 unit. “Sebenarnya kita stop di angka 1000 karena disini sudah terlalu padat,” imbuhnya.

Sebagai asosiasi yang memayungi sejumlah komunitas, AJWLM mewajibkan SOP (Standard Operational Procedure) yang berlaku demi keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa maupun pemandu seperti armada jip harus menggunakan rem depan cakram, rollbar, helm dan penumpang dilarang melebihi kapasitas. Terkait hal ini, AJWLM menggandeng IOF Pengda DIY sebagai pembina dan pembimbing.

Tak ditampik jika Inung Nur Fajri selama menjabat Ketua IOF DIY periode sebelumnya boleh dikatakan intens melakukan binaan dan bimbingan dari segi safety terhadap pelaku jip wisata lereng Merapi. “Saya lihat safety jip wisata sekarang jauh lebih baik dibanding beberapa tahun lalu, harapan saya adanya kesadaran dari pemilik usaha maupun pemandu jip karena ini bukan soal ‘keuntungan’ semata tetapi soal keselamatan manusia yang utama. Dan terkait event ini tentu saya mendukung, mudah-mudahan bisa tembus 1000 jip,” jelas Mbah Inung yang juga hadir saat press conference.

 

Bonus foto:

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Peran Penting Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Mesin

Did You Know?

Sejarah ARB: Produk In-house Aksesoris 4WD yang Mendunia – Part 2

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Did You Know?

5 Tanda Roda Kendaraan Anda Harus Di Balancing

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan