Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Ban Drift

sumber: HotRodNetwork.com

Pilihan ban adalah salah satu faktor paling esensial dalam dunia drifting, mengingat ban ‘ditempa’ tanpa ampun saat drifting. Drifting mengharuskan pengemudi untuk menekan kecepatan maksimum ketika mobil masuk dan keluar tikungan, yang tentunya memberikan tekanan berlebih pada ban termasuk suspensi, roda, kopling, dan rem.

Jelas, beban kerja semacam itu berpotensi ‘melelahkan’ ban lebih cepat dari penggunaan normal, sehingga menjadi hal krusial ketika mempertimbangkan ban drift yang sempurna. Perputaran ban yang tinggi tentu saja berdampak pada pengeluaran besar yang tidak terhindarkan dalam kompetisi drift, tetapi masih memungkinkan untuk memaksimalkan usia tapak ban drift jika memilih ban yang tepat dengan memperhatikan berbagai faktor. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya.

sumber: My350z.com

 

APA ITU BAN DRIFT?

Olahraga otomotif drifting erat kaitannya dengan mengemudi pada kecepatan relatif tinggi sambil menikung, yang memungkinkan ban sliding alias mengepot dan meluncur sepanjang jarak yang cukup luas. Dalam hal ini urusan ban ditekan tanpa ampun dan tanpa maksud untuk merendahkan ban dengan kualitas biasa. Itulah sebabnya dunia kompetisi telah berinovasi menemukan ban khusus drifting dan dibekali dengan komponen lebih baik.

Ban drifting idealnya memiliki pola tapak seperti ban yang hampir gundul dan dangkal, dengan lekukan lebar, pelepah (midrib) yang kuat, dan karet vulkanisir keras yang menghasilkan kekuatan serta durabilitas. Ketika drifting menjadi rutinitas sehari-hari bagi pembalap, ban reguler rentan gagal dan goyah dalam memberikan kinerja yang diperlukan. Lantas jenis dan kategori ban tertentu dikembangkan untuk menyesuaikan karakter kebutuhan drifting sehingga memiliki performa yang maksimal.

sumber: Drifted.com

 

TIPIKAL BAN DRIFT

Bukan ban reguler, itu sudah pasti. Pada dasarnya, ban depan membutuhkan karakter yang fleksibel dan agresif dengan pola tapak lebar sehingga dapat memberikan traksi yang layak — biasanya berbentuk V atau lekukan lebar, dan midrib biasanya di modifikasi untuk menahan lebih banyak tekanan dan stres sehingga lebih kebal terhadap kerusakan karena panas atau terbakar.

Pilihlah dinding samping yang relatif kecil untuk memberikan cengkeraman yang lebih kuat di tanah dan mengurangi gesekan, tetapi jangan berlebihan karena dinding samping yang terlalu kecil cenderung kurang kaku dan akibatnya tidak dapat melindungi roda dari kerusakan.

Ban drifting belakang yang ideal biasanya memiliki dinding samping yang kaku dan tapak yang dangkal atau terkadang sama sekali gundul — ini memberikan kemampuan manuver yang lebih mudah dan mampu mengurangi gesekan dan panas. Ban belakang yang baik ditandai dengan bekas gesekan karet paling sedikit di trek aspal.

sumber: Parcacix.com

Anda harus membuat keputusan berdasarkan kebutuhan anda — ban dengan ukuran lebih kecil berarti lebih baik untuk akselerasi tetapi buruk untuk kecepatan tertinggi, begitupun sebaliknya dengan ukuran ban yang lebih tinggi. Pada dasarnya berapa pun ukuran ban anda tak jadi masalah selama masih ideal untuk mendukung kinerja mobil drifting anda.

Tetapi untuk pengalaman drifting kualitas premium, ban yang lebih lebar dari segi ukuran dan lower-profile adalah yang terbaik. Karena lebih lebar berarti memberikan cengkeraman yang lebih baik dan area permukaaan yang lebih luas. Ini juga menjaga mobil lebih seimbang dan stabil. Adapun lower-profile berarti lebih sedikit torsi yang dibutuhkan untuk spin.

Prinsipnya, pilihlah ban depan yang lebih ‘grippy’ ketimbang ban belakang karena ban depan menjadi tumpuan saat drifting dan lebih efisien saat memasuki tikungan serta menghindari spin. Sementara ban belakang khusus drifting harus memiliki cengkeraman yang cukup agar konsisten saat mobil sliding serta tahan panas.

 

PANDUAN MEMBELI BAN DRIFT SESUAI KATEGORI

Kategori ban mungkin agak membingungkan, ada ban touring dan ban performance, ban musim panas dan musim dingin. Ketika tiba saatnya untuk membeli ban drift baru, anda tentu perlu mengetahui beberapa hal, seperti perbedaan karakter ban antara high dan ultra-high performance, max-performance dan sebagainya untuk dipertimbangkan sesuai dengan mobil dan gaya mengemudi anda. Berikut adalah beberapa kategori ban yang cocok untuk kebutuhan drift anda.

sumber: Acceleratire.com

 

Ban Musim Panas

Hal pertama dan terpenting ketika membeli ban adalah memilih ban yang memiliki kinerja yang baik di suhu panas. Drifting dengan cepat meningkatkan suhu karet ban, meskipun udara dan jalurnya dingin. Memilih ban yang tidak dirancang untuk iklim panas rentan menyebabkan kegagalan besar, seperti terbakar atau meledak.

Oleh karena itu, ban berkategori musim panas selalu direkomendasikan untuk drifting. Ban drifting sejenis ini dirancang untuk tahan terhadap suhu yang lebih tinggi dan memiliki performa terbaik ketika mencapai lebih dari 86 °F atau 30 °C. Artinya, ban musim panas mencengkeram permukaan jalan lebih baik dalam kondisi hangat, terutama setelah anda melakukan pemanasan drifting sejenak.

Beberapa pembalap mungkin mempertimbangkan senyawa ban sepanjang musim (all-season). Nah, saat ini sebagian besar model high performance dan ultra-high performance dibekali dengan senyawa untuk musim panas yang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara sepanjang tahun, bahkan dalam cuaca yang sangat dingin. Namun ban all-season dengan cepat akan kehilangan kemampuannya pada suhu panas yang sangat ekstrim. Itu sebabnya ban all-season direkomendasikan hanya untuk penggunaan di jalan, bukan di lintasan.

sumber: Toyotires.com

 

Ban High-Performance

Sesuai namanya, ban ini dirancang untuk membantu pengemudi dalam berkendara berperforma tinggi. Artinya, menawarkan handling yang lebih baik ketimbang ban penumpang pada umumnya, jarak pengereman yang lebih pendek, dan secara keseluruhan lebih responsif. Pula dibekali dinding samping yang lebih kaku, dimana jauh lebih terkontrol pada batasnya.

Adapun ban high-performance dirancang untuk penggunaan di jalan, tentu anda dapat menggunakannya di lintasan dalam hal ini drifting, tetapi tidak akan mendapatkan kinerja yang diinginkan secara optimal. Meskipun demikian, ban ini masih bisa bekerja dengan baik pada mobil yang tergolong ringan dengan mesin hingga 200 hp karena dirancang dengan karet entry-level yang cukup baik. Jadi ban ini lebih cenderung untuk drifter kelas pemula.

Ban drifting ini juga dapat diaplikasikan untuk kebutuhan berkendara sehari-hari. Selain penggunaan di jalan dengan kemampuan traksi yang cukup dan cengkeraman di permukaan kering sejenis paving, pula memiliki ketahanan hydroplaning yang cukup baik dalam kondisi basah sekalipun. Dengan kata lain, dapat memberi sensasi berkendara dari waktu ke waktu tetapi juga dapat digunakan sebagai ban harian.

sumber: Toyotires.com

 

Ban Ultra-high Performance

Sesuai tingkatan performanya, jelas ban drift ini menawarkan kinerja secara keseluruhan yang lebih baik ketimbang ban high-performance dimana jauh lebih responsif dan memberikan lebih banyak informasi dari roda kemudi. Ini juga memiliki level grip dan traksi yang jauh lebih tinggi, baik di jalan maupun lintasan.

Ban ultra-high performance jauh lebih baik untuk drifting karena dirancang dengan dinding samping yang lebih kaku, sementara senyawa karet lebih agresif yang memberikan kontrol lebih mumpuni saat drifting. Pula menawarkan traksi dan cengkeraman yang luar biasa bagi pengemudi, baik dalam kondisi kering maupun basah namun resistensi hydroplaning sedikit lebih buruk, meski bukan masalah besar. Model ban ini adalah pilihan yang baik untuk drifting di lintasan dan lebih condong untuk drifter reguler.

sumber: michelinman.com

 

Ban Max-Performance

Ban max-performance mengadopsi banyak teknologi dari pabrikan ban spesialis balapan dan menawarkan handling yang jauh lebih baik daripada ban ultra-high performance. Tentu, ban ini merupakan pilihan yang lebih baik untuk drifting baik di jalan maupun lintasan. Berkat dinding samping yang super kaku dan karet yang lengket, ban max-performance sangat dapat dikendalikan pada batasnya karena menawarkan input kemudi yang lebih presisi dan lebih sensitif di balik kemudi.

Model ban ini dapat menahan tekanan dan suhu lebih tinggi, dimana menjadi hal vital untuk kompetisi drifting yang lebih serius mengingat tekanan dan suhu tinggi acapkali menyebabkan kerusakan fatal pada ban anda. Dengan memilih ban max-performance, anda akan bebas menjelajahi sudut yang lebih besar saat drifting.

Adapun dapat digunakan di jalan atau kebutuhan harian, ban jenis ini tidak dipersiapkan untuk mengatasi setiap kondisi mengingat desain pola tapak yang cenderung gundul. Sehingga ban max-performance hanya dapat digunakan dalam kondisi hujan yang tergolong ringan karena tidak dibekali ketahanan hydroplaning untuk berkendara di genangan air. Tetapi akan menjadi lain soal ketika ban ini digunakan untuk drifting, karena justru memiliki traksi basah terbaik dibawah guyuran hujan.

sumber: VividRacing.com

 

Ban Extreme-Performance

Ban extreme-performance menawarkan formula senyawa tapak paling lengket serta dinding samping paling kaku ketimbang model ban lainnya. Berkat itu, responsif pada ban ini sangat fenomenal, ada banyak umpan balik melalui setir, dan handling yang sangat presisi. Dengan kata lain, ban ini adalah yang tercepat secara keseluruhan dan pilihan istimewa untuk drifting sehingga anda akan mencapai sudut paling ketat sekencang mungkin. Selain performa, ban drifting ini juga memiliki durabilitas super karena mampu menahan suhu tertinggi tanpa terbakar dan tekanan yang sangat tinggi tanpa meledak.

Dapat dikatakan bahwa ban extreme-performance bukan pilihan tepat untuk berkendara di jalan atau penggunaan harian. Beberapa model bahkan tidak terverifikasi DOT untuk digunakan di jalan, yang berarti ilegal. Dan bahkan yang legal pun terkadang tidak memiliki ketahanan hydroplaning yang tepat untuk digunakan dalam kondisi hujan lebat, meskipun lebih aman digunakan di jalan kering.

Jadi tak ayal jika harga ban drift tampaknya terlalu tinggi bagi anda, ingatlah bahwa anda membayar ban berperforma premium yang dikembangkan oleh beberapa seri balap di seluruh dunia.

 

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Lawan Corona! Pabrik Mobil Berpacu Produksi Alat Medis

Did You Know?

Mitsubishi eK X dan eK Wagon Raih Poin tertinggi uji JNCAP

Cars

Deretan Mercedes-Benz Terfavorit Pilihan Jurnalis Otomotif

Cars

Dyandra Siap Menyelenggarakan Event Hibrida di Era New Normal

Event

Advertisement
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan