Home Did You Know? Hindari Kecelakaan dengan Teknologi Run Flat Tire

Hindari Kecelakaan dengan Teknologi Run Flat Tire

Teknologi run flat tire adalah teknologi terbaru di dalam dunia otomotif yang sanget bermanfaat bagi penggunanya. Pernah merasa kesal karena ban bocor atau rusak di tengah perjalanan? Ditambah dengan jarak bengkel yang jauh sehingga anda kesulitan? Anda pasti sangat kesal bukan? Tapi hal hal tersebut sekarang bisa dihindari dengan adanya teknologi baru di dunia otomotif. Teknologi ini adalah teknologi run flat tire. Teknologi ini akan membuat ban anda bisa bertahan untuk melakukan perjalanan meski berada pada kondisi ban kurang angin atau tanpa angin sekalipun.

bmwblog.com
bmwblog.com

Run flat tire adalah sebuah teknologi ban yang dapat membantu anda yang tiba tiba mengalami kerusakan ban. Tahukah anda sebagian besar kecelakaan yang terjadi di jalanan banyak disebabkan karena ban yang kurang angin sehingga menyebabkan terjadinya ban oleng dan hilang kendali? Dengan menggunakan run flat tire anda bisa menghindari hal berbahaya tersebut. Teknologi run flat tire adalah sebuah teknologi dimana dinding dalam ban dilapisi oleh karet sehingga memungkinkan mobil untuk terus melaju tanpa resiko jika digunakan sesuai dengan kondisi standarnya.

Run flat tire di Indonesia pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh BMW ketika meluncurkan 5 series dan pada pengujianya bersama media. Setelah itu keberadaan run flat tire masih sangat jarang di Indonesia. Produses pertama yang memproduksi run flat tire secara massal adalah Bridgestone, selain produsen ban terbesar di Indonesia, Bridgestone juga merupakan produsen massal dari Bridgestone pertama di Indonesia. Produk run flat tire keluaran Bridgestone adalah Driveguard. Driveguard dapat digunakan oleh semua jenis dan merk mobil jadi anda dapat berkendara di jalanan dengan lebih nyaman sekarang.

Hindari Kecelakaan dengan Teknologi Run Flat Tire 01
slingshotforums.com

Untuk penggunaan biasa, run flat tire bisa digunakan secara biasa tidak ada kondisi dan syarat tertentu yang akan menyebabkan kondisi menjadi berbahaya. Akan tetapi jika ban sudah berada pada kondisi kurang angin maka anda perlu lebih berhati hati. Ketika berada pada kondisi kempes sebaiknya mobil tidak dipacu dengan kecepatan melebihi 80 kilometer per jam. Hal ini akan menyebabkan ban menjadi oleng, rusak dan memungkinkan ban meledak. Ketika menggunakan run flat tire sebaiknya muatan mobil juga dibatasi hanya 4 orang di dalam mobil. Selain itu ketika kondisi kempes baiknya anda hanya menempuh jarak kurang dari 150 km demu keselamatan. Jika di dalam mobil hanya ada diisi oleh 2 orang maka anda bisa menempuh jarak hingga 250 km. Tentu saja dengan kondisi bagasi dan medan yang disesuaikan.

Jika kondisi ban sudah bocor atau rusak, ada baiknya untuk langsung mengganti ban tersebut. Jangan membetulkannya dengan cara menambalnya. Menambal ban yang telah bocor akan menyebabkan ban mudah terkorosi karena tingginya kelembaban udara di Indonesia. Hal ini menyebabkan potensi rusak yang lebih tinggi.

Kelebihan dari run flat tire tentunya sudah dapat dilihat secara jelas yakni anda tidak perlu kawatir jika ban anda bocor, kurang angin atau malah tidak ada angin sama sekali. Tetapi selain itu masih ada kelebihan lain yang bisa anda dapatkan, keuntungan lain yang bisa anda dapatkan adalah anda tidak perlu membawa ban cadangan dan anda tetap dapat berkendara secara aman. Keamanan dan kenyamanan dapat tetapi dirasakan meskipun menggunakan ban yang bocor jika anda mengunakan ban dengan teknologi run flat tire.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)