Home Did You Know? Hindari Kecurangan SPBU Nakal Dengan Cara Ini

Hindari Kecurangan SPBU Nakal Dengan Cara Ini

Temuan Tim Terpadu (Timdu) Penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu yang lalu mengenai kecurangan yang dilakukan pengelola maupun petugas pom bensi menyita perhatian publik. Yang mencengangkan, kecurangan ini sudah berlangsung sejak lama dan hampir terjadi di semua SPBU. Namun, sebenarnya, Anda dapat melakukan tindakan preventif agar tidak menjadi korban kecurangan ini.

Cara paling mudah adalah memilih SPBU yang mempunyai reputasi baik dan sudah terpercaya. Anda dapat melakukannya dengan mencoba mengisi di beberapa SPBU yang berbeda. Anda dapat melihat SPBU mana yang mengisi sesuai dengan apa yang Anda bayarkan. Pilih SPBU tersebut untuk mengisi bahan bakar kendaraan Anda.

Perhatikan pula meteran pengisian bahan bakar pada mesin SPBU. Pastikan saat Anda mulai mengisi, meteran pada angka nol. Namun, hal ini juga dapat dicurangi dengan menggunakan kawat atau bahkan remote control oleh pengelola SPBU. Jadi, pastikan kecepatan pengisian tidak berubah-ubah secara drastis.

britaterkini.com
britaterkini.com

Anda juga perlu memperhatikan tangan pegawai SPBU saat mengisi bahan bakar pada kendaraan Anda. Banyak pegawai yang curang biasanya memainkan handle pada selang pengisian bahan bakar. Hal ini dilakukan untuk menahan laju bahan bakar terpompa ke kendaraan Anda. Dan, bila hal ini dilakukan, angka pada meteran mesin SPBU akan terus berjalan. Jadi, Anda tidak akan mendapatkan volume bahan bakar sesuai yang Anda pesan. Akan lebih baik, bila Anda mengatakan pada petugas untuk membiarkan selang bahan bakar bekerja tanpa menyentuhnya.

Hal lain yang juga perlu Anda lakukan adalah keluar dari kendaraan Anda. Anda perlu melakukannya agar peluang terjadi kecurangan diatas semakin kecil. Banyak orang lebih suka tetap didalam mobil, apalagi bila mobil mereka mempunyai tutup bahan bakar yang dapat terbuka secara otomatis.

Waspadai pula bila pegawai mengajak Anda berbicara atau mengobrol. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengalihkan perhatian Anda. Bila Anda termakan dengan tipuan ini, mereka dapat dengan leluasa memainkan handle selang bahan bakar. Modus ini biasanya dilakukan dengan dua orang, dimana satu orang bertugas mengisi bahan bakar sedangkan lainnya mengalihkan perhatian Anda.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)