Home Did You Know? Hobi Bepergian Jauh? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut

Hobi Bepergian Jauh? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut

blog.automart.co.za

Momen hari libur pasti sayang sekali kalau dilewatkan, terutama untuk pergi bersama keluarga. Kalau liburnya cuma sehari, mungkin jalan-jalan atau piknik dalam satu kota adalah pilihan utama. Tapi, kalau weekend atau libur panjang kebanyakan orang bahkan meluangkan waktu mereka untuk menjelajah kota tetangga.

Biasanya, daerah destinasi yang jauh dan jumlah anggota keluarga yang ikut banyak, maka dipakailah mobil sebagai sarana transportasinya. Untuk perjalanan yang cukup jauh, pasti berbeda dong sama jarak dekat. Misalnya nih, waktu mengemudi yang lebih lama karena jalur jalan yang lebih panjang.

Untuk yang pernah atau sering nyetir dalam waktu yang lama atau untuk perjalanan yang jauh, pasti tau kan ya rasanya seperti apa. Mulai dari pegel-pegel badan, kaki, bahkan mata dan pikiran yang lelah untuk fokus menghadapi jalanan yang sering macet saat liburan.

Nah kalian tau nggak sih, kalau lamanya waktu nyetir itu ada batasannya?

Untuk perjalanan yang beratus kilo jauhnya dan biasanya bisa memakan waktu lebih dari sehari, maksimal lama nyetir 8 jam-an. Kenapa 8 jam? Jadi maksimal waktu manusia bekerja itu adalah 8 jam dan nyetir mobil pun juga demikian, kalau kelamaan bisa berakibat hilangnya konsentrasi. Selain itu, waktu untuk manusia tidur atau istirahat yang cukup aja minimal 6 jam, jadi kalau aktivitasnya melebihi jam istirahat bisa berakibat nggak bagus buat kesehatan.

www.edmunds.com
www.edmunds.com

Dalam 8 jam waktu maksimal menyetir itu memang sebaiknya tetap beristirahat, misalnya pada 3 atau 4 jam sekali. Dilogika aja nih, kalau kita melakukan kegiatan yang sama dalam waktu yang lama pasti akan merasakan adanya kejenuhan atau kelelahan, akibatnya jadi kurang konsentrasi dan fokus pun hilang.Dari segi kesehatan sendiri, jika non-stop menyetir selama lebih dari 3 jam efeknya bisa menyamai mabuk karena alkohol lho.

Solusinya, untuk menghindari rasa lelah, kantuk dan kurang konsentrasi memang sebaiknya untuk berapa kilometer sekali dan beberapa jam sekali istirahat supaya nggak diforsir tenaga dan pikirannya.

Berikut ini ada beberapa tips nih buat kalian yang hobi liburan dan sering melakukan perjalanan jarak jauh.

geeins.com
geeins.com

Bawa Sopir Pengganti

Penting nih untuk destinasi yang jauh dan kira-kira jaraknya lebih 300 kilometer, ada baiknya kamu bawa temen atau sopir pengganti deh. Jadi kamu nggak cuma sendiri nyetirnya, bisa gantian dan istirahat. Walaupun kamu punya daya tahan yang baik, nyetir itu nggak cuma butuh fisik yang kuat tapi juga kondisi pikiran yang baik biar bisa konsentrasi dengan benar. Jangan sampai konsentrasi hilang, jadinya salah liat marka jalan kan bisa bahaya.

www.myhousecallmd.com
www.myhousecallmd.com

Istirahat yang Cukup Sebelum Perjalanan

Ada baiknya sebelum bepergian jauh kalian istirahat dulu yang cukup, ya minimal 6 jam lah. Selain itu jangan karena berangkatnya agak siangan terus tidurnya juga bisa maleman, tetep yang namanya begadang kurang baik buat kondisi badan.

www.henryhoover.uk.com
www.henryhoover.uk.com

Bawa Makanan dan Minuman

Biasanya setelah beberapa jam atau malah baru beberapa menit, pengendara mulai merasa bosan apalagi kalau penumpangnya asik sendiri. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa membawa makanan yang cukup atau banyak untuk mengatasi jenuh dan minum juga tentunya. Tapi tetap hati-hati ya, boleh makan dan minum tapi waktu mobil berhenti, misal di traffic light atau sekalian deh nyempetin berhenti untuk istirahat.

duinewsblog.org
duinewsblog.org

Mengistirahatkan diri

Nah kalau mengistirahatkan diri ini penting, jadi dari sekian lama perjalanan ada baiknya dan harus istirahat. Kalau bawa supir pengganti, bisa tukeran dan manfaatkan dengan istirahat yang cukup. Untuk istirahat dalam hal ini ada dua, yaitu istirahat santai atau sejenak dan yang lama. Udah tau kan ya pasti perbedaannya? Intinya istirahatkan badan dan pikiran minimal 20 menit jadi bisa fokus lagi deh. Apalagi kalau malam, ada baiknya istirahat dan melanjutkan kembali saat pagi hari, selain jalanan lebih kondusif dan kondisi fisik juga lebih mendukung.

www.wisegeek.com
www.wisegeek.com

Posisi Nyetir Yang Benar dan Nyaman

Ini juga nggak kalah penting, walaupun keliatannya sepele dan gampang, tapi pengaruhnya juga luar biasa. Posisi nyetir sebaiknya dipilih yang paling nyaman, tapi yang bener juga sesuai aturan. Harus diperhatikan juga, kalau si supir perhatiannya harus tertuju pada jalan dan pandangan kedepan. Boleh lah kalau mau selfie, tapi jangan si supir yang pegang kamera dong nanti bahaya. Nah se-enggak-nya postingan mengenai beberapa posisi yang dihindari saat nyetir bisa memberi kamu tambahan edukasi.

blog.sbtjapan.com
blog.sbtjapan.com

Cek kelengkapan mobil

Selain dari segi diri si pengendara, mobil juga perlu dicek lho jangan lupa. Cek kelengkapan dan kondisi mobil. Ada baiknya kalau si mobil kamu “periksakan” atau dibengkelkan dulu sebelum pergi jauh. Jadi baik si pengemudi dan mobilnya bisa sama-sama sehat dan siap untuk menempuh perjalanan ke barat, timur, selatan atau utara.

Walaupun bagi beberapa orang lamanya waktu nyetir itu beda-beda, tergantung kemampuan dan daya tahan tubuh mereka, tapi ada baiknya hal-hal diatas diterapkan karena di jalan nggak cuma kamu yang nyetir, tapi ada orang banyak jadi istirahat pun bisa mengurangi adanya human error dari yang terkecil.

 Penjelasan diatas setidaknya bisa dijadikan tambah-tambah info buat kamu yang hari ini atau besok saat liburan mau melakukan perjalanan jarak jauh. Dan untuk yang udah nerapin hal seperti diatas, tetap pertahankan ya dan beri contoh yang baik buat pengendara yang lain.

www.carinsurancecomparison.com
www.carinsurancecomparison.com

Happy holiday, guys!

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)