Home Did You Know? Honda, Bermodalkan Kegigihan dan Mimpi

Honda, Bermodalkan Kegigihan dan Mimpi

Siapa yang tak kenal Honda? Perusahaan otomotif asal Jepang ini telah menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia sejak tahun 1959. Pada tahun 2001, Honda menjadi perusahaan otomotif terbesar kedua di Jepang dengan memproduksi lebih dari 14 juta internal combustion engine setiap tahunnya. Selain itu, Honda juga telah dikatakan sebagai salah satu dari delapan perusahaan manufaktur otomotif terbesar di dunia bersama dengan General Motors, Volkswagen Group, Toyota, Hyundai Motor Group, Ford, Nissan, dan PSA di tahun 2011.

Honda didirikan oleh Soichiro Honda pada tahun 1948. Pengalamannya bekerja pada bengkel mobil Art Shokai selama lebih dari 6 tahun telah membuat Honda tidak asing dengan teknik permesinan. Bossnya, Saka Kibara, saat itu sangat senang melihat cara kerjanya. Honda teliti dan cekatan dalam soal mesin. Setiap suara yang mencurigakan, setiap oli yang bocor, tidak luput dari perhatiannya. Enam tahun bekerja di bengkel tersebut menambah wawasannya tentang permesinan. Akhirnya, pada usia 21 tahun, Saka Kibara mengusulkan membuka suatu kantor cabang di Hamamatsu. Tawaran ini kemudian tidak ditampiknya. Disinilah Honda kemudian mulai mengembangkan bisnisnya yang kelak menjadi bisnis kelas dunia.

honda1

Latar belakang ayahnya, Gihei Honda, yang memiliki toko sepeda kemudian membuat Honda menciptakan inovasi baru dengan menggabungkan teknik mesin yang ia pelajari di bengkel Art Shokai dengan sepeda, sepeda motor. Produksi pertamanya adalah Honda A-Type auxiliary bicycle engine (50 cc). Sejak saat itu, nama Honda mulai dikenal sebagai perusahaan motor di Jepang.

honda S500

Pada akhir tahun 1957, perusahaan Honda mulai mengadakan riset mengenai pembuatan mobil. Saat itu, trend automobile sedang sangat berkembang. Pada tahun 1963, Honda akhirnya berhasil memproduksi mobil pertamanya Honda S500 yang kemudian diikuti oleh produksi truk pertamanya di tahun yang sama T360.
Di masa itu, Honda S500 (531 cc) telah menggunakan teknologi canggih yang dirancang oleh para ahli. S500 menggunakan dual overhead cam straight-4 dengan karburator dan 9500 rpm redline. Beratnya 680kg dan mampu berlari hingga 129 km/jam. Sayangnya, Honda S500 belum siap untuk diekspor karena hanya tersedia dengan setir di sebelah kanan.

honda S600

Setahun setelah diluncurkannya S500, Honda kembali mengeluarkan seri baru yang diberi kode Honda S600. S600 merupakan mobil Honda yang pertama kali diproduksi secara masal. Tidak seperti S500 yang hanya diproduksi dengan spesifikasi pengguna setir kanan, S600 diproduksi juga untuk pengguna setir kiri.
Masuknya Honda pada ajang balap bergengsi, F-1, pada tahun 1964 membuat nama Honda semakin melambung. Sejak saat itu, Honda mulai memenangkan banyak medali balap, salah satu yang paling bergengsi adalah The Isle of Man TT Race.

Rupanya, memasuki dunia balap merupakan impian Suchiro Honda sejak kecil. “My dream was to become a champion in world automobile racing with a machine I had made myself.” (Impianku adalah menjadi juara balap otomotif dunia dengan menggunakan mesin yang saya buat sendiri) ucap Honda.

Hingga saat ini perusahaan Honda telah berkembang dengan sangat pesat. Honda berhasil menggusur Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang tahun 2001. Honda juga menggusur Chrysler, untuk menjadi pabrikan mobil terbesar keempat di pasar AS. Sekarang ini, Honda juga pabrikan mobil terbesar keenam di dunia dan pada tahun 2004, perusahaan ini mulai memproduksi motor diesel, yang sangat tenang dan tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)