Connect with us

Subscribe

Cars

Honda: Inovasi Airbag Bekerja Layaknya Sarung Bisbol

Sejak 1999 semua model kendaraan penumpang telah dilengkapi dengan sistem airbag, data menunjukkan airbag mampu mengurangi resiko paling fatal pengemudi sebesar 29% dengan dampak frontal dan resiko kematian khususnya penumpang depan (usia 13 tahun ke atas) sebesar 32%.

Tak hanya melulu tawarkan desain dan fitur kendaraan, sebagai produsen mobil juga terus mengembangkan sistem teknologi airbag. Sebut saja tim Research and Development (R&D) Honda yang berbasis di Ohio berharap desain airbag barunya dapat meningkatkan keamanan kendaraan untuk generasi model berikutnya pada tahun 2020.

Airbag paling ‘gress’ besutan automaker Jepang diharapkan mampu mengurangi cedera akibat benturan kepala pengemudi maupun penumpang dan juga mencegah kepala meleset dari airbag yang dengan sendirinya justru dapat menyebabkan cedera serius.

“Tidak seperti sistem airbag konvensional yang mengandalkan single kompartemen tiup (inflated), sistem baru ini menggunakan lima komponen utama yang terdiri dari tiga komponen inflated di area tengah dan dua di area samping yang diproyeksikan ke luar untuk menghasilkan permukaan lebar di sekitar dashboard. Tentunya dilengkapi ‘sail panel’ yang dapat meregang diantara dua area terluar,” jelas perwakilan Honda.

Ia menegaskan bahwa mekanisasi airbag layaknya seperti sarung tangan bisbol. Ketika terjadi tabrakan, ‘sail panel’ berfungsi untuk menangkap dan memperlambat benturan kepala pengemudi/ penumpang, sementara area samping untuk mencengkeram serta melindungi bagian kepala.

Honda mengatakan teknologi airbag terbaru merupakan hasil studi dari kecelakaan mobil di dunia nyata, ditambah dengan penelitian dan pengujian yang dilakukan di pusat R&D, Raymond, Ohio. Di pusat inilah fasilitas mencakup peralatan untuk simulasi kecelakaan, keselamatan pejalan kaki, pengujian tabrakan, serta pengembangan sistem pengendalian canggih dan tuning.

“Teknologi airbag terbaru ini sebagai bentuk upaya berkelanjutan Honda untuk memajukan kinerja keselamatan dalam berbagai skenario kecelakaan yang lebih luas, dan mencerminkan pemikiran inovatif dari para ilmuwan kami dalam mengurangi cedera lalu lintas dan kematian,” cetus Jim Keller, president of Honda R&D America.

Ia menambahkan, “Atas komitmen Honda ‘Safety for Everyone’, para ilmuwan kami menyadari bahwa tipikal pekerjaan mereka pada terobosan teknologi keselamatan ini akan diharapkan memiliki efek luas pada kehidupan masyarakat selama bertahun-tahun yang akan datang.”

Yaps, airbag sudah ada sejak bertahun-tahun meskipun teknologinya jarang disorot, bagaimana pun sistem ini memainkan peranan penting dalam menyelamatkan nyawa manusia dan mencegah cedera serius dalam kecelakaan mobil. Honda terus melakukan upaya untuk meningkatkan dan menyempurnakan desain airbag, dalam hal ini bekerja sama dengan produsen komponen Jerman ZF — yang belakangan ini memperkenalkan jenis airbag baru. Jenis airbag ini digunakan secara eksternal untuk melindungi sisi kendaraan khususnya pada area yang rentan.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Gimana Sih Cara Kerja AC Mobil?

Did You Know?

Penjelasan Lengkap Mengenai Apa Itu Biodiesel

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Did You Know?

Awal Sejarah Peraturan Lalu Lintas Terbentuk

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan