Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Honda Merestorasi Chevy Pikap Kebanggaannya. Serius loe?

Siapapun pasti tahu merk motor satu ini yang mendominasi setiap ruang dijalanan. Yaps, Honda rupanya tidak saja populer di Tanah Air tetapi di belahan negara manapun menjadi merk terlaris. Salah satunya American Honda Co. Inc. (AHM), pertama kali membuka pintunya di California Selatan, Los Angeles, AS tahun 1959. Sementara di negeri asalnya, Jepang, motor Honda mulai diproduksi sejak 1955.

Tidak perlu waktu lama bagi AHM dalam menjalankan peluang usahanya lantaran penjualannya melesat seketika di Amerika dengan pangsa pasar hampir 72 persen dalam kurun enam tahun. Sebuah prestasi yang luar biasa, ini berkat kualitas mesin yang baik serta harganya yang terjangkau.

Ada fakta unik yang saya temukan, mungkin faktor ini bisa menjadi salah satu pelatuk yang membuat penjualan motor Honda melejit di negeri Paman Sam yakni strategi pemasaran dalam hal promosi. Di tahun pertama, AHM menggunakan slogan “You meet the nicest people on a Honda” di iklan cetak seperti poster atau majalah. Ide ini berangkat atas beredarnya stereotip negatif yang berlaku dilapisan masyarakat bahwa pengendara sepeda motor di Amerika itu dikenal sebagai pemberontak anti sosial. Dalam iklannya AHM seolah menegaskan bahwa sepeda motor Honda dibuat untuk orang awam. Alhasil kampanye ini sukses menarik konsumen bahkan iklan ini digunakan selama 3 tahun berturut-turut, tercatat 90.000 unit motor pun terjual.

Terlepas dari hal itu, ada hal menarik untuk mengenang kembali sejarah berkembangnya Honda di AS yakni armada Chevrolet pikap yang pernah digunakan untuk mendistribusikan motor ke dealer-dealer di kawasan California. Yaps, kalian nggak salah baca, Honda mengandalkan Chevy pikap sebagai mobil angkut.

Lantas dalam rangka anniversary AHM ke-60, mereka baru saja merestorasi armada andalannya — Chevrolet Apache 10 model 1961, mereplikasi skema cat serupa sesuai foto hitam putih yang diabadikan di depan markas pusat Honda, Pico Boulevard, Los Angeles.

Desain skema yang terpampang pada bodi pikap tersebut merupakan hasil goresan tangan karyawan AHM pada saat itu. Dan untuk menyempurnakan tribut nostalgia, dua motor pun bertengger di pikap, keduanya merupakan motor keluaran ‘65 yang juga telah direstorasi demi melengkapi Chevy.

Dua motor tersebut hit di jaman 60-an, pertama Honda 50 — motor mungil yang sudah dilengkapi dengan motor starter. Kedua, CB160 dengan tampilan lebih sporty yang dibekali mesin twin vertikal 161 cc bertenaga 16,5 hp. Yaps, kedua motor itu dijual selama pikap Chevy menjadi bagian dari armada AHM.

“Jajaran CEO AHM penuh dengan penggemar mobil maupun motor, dan tribut ini adalah refleksi dari hal itu. Apache dan muatannya adalah bagian penting dari sejarah kami, jadi dalam anniversary ke-60 adalah platform yang menyenangkan bagi kami maupun pihak luar tentang sejarah Honda di negara ini,” cetus Sage Marie, assistant vice president of public relations of AHM.

Mungkin bagi sebagian orang tidak ada yang istimewa dari Chevy pikap ini selain karena kondisinya yang masih orisinil seperti sasis setengah ton, muatan seluas 8 kaki, mesin V8 dan transmisi manual. Akan tetapi bagi AHM armada ini menjadi saksi sejarah berkembangnya Honda di Amerika.

Chevy Apache bersama sepasang motor milik AHM ini rencananya akan dipamerkan di SEMA 2019 dan sejumlah event penggila mobil klasik di sekitar California Selatan. Dan akhirnya nanti akan terpajang di American Honda Collection Hall, tepatnya di depan markas asli Honda di Los Angeles. Kini AHM memiliki karyawan lebih dari 31.000 orang yang terdiri dari pekerja mobil, komponen listrik hingga pesawat Hondajet.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Peran Penting Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Mesin

Did You Know?

Sejarah ARB: Produk In-house Aksesoris 4WD yang Mendunia – Part 2

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Did You Know?

5 Tanda Roda Kendaraan Anda Harus Di Balancing

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan