Home Issue Cars Hypercar Terbaru Mercedes-AMG Bertenaga Monster

Hypercar Terbaru Mercedes-AMG Bertenaga Monster

Hypercar terbaru Mercedes Benz yang berbasis mesin monster, akhirnya menampakkan diri di Frankfurt Motor Show 2017. Model ini rencananya hanya akan diproduksi dalam jumlah terbatas. Bisa dibilang supercar terbaru satu ini adalah mobil yang paling dekat spek-nya dengan mobil balap Formula 1. Ini adalah Mercedes-AMG Project One, sebuah mobil pertama di dunia yang menggendong mesin F1 dan legal untuk dipakai di jalan raya.

Project One sendiri merupakan mobil bersistem hybrid namun sedikit mendapatkan penyesuaian sehingga rancang bangun mesinnya menyerupai mobil F1 tim Mercedes-AMG Petronas F1. Dapur pacunya terdiri dari unit 1.600 cc V6 turbo dengan empat buah motor listrik.

Mercedes-AMG Project One mengadopsi mesin hybrid, di mana didukung oleh satu mesin konvensional dengan turbocharged, berdampingan dengan empat motor listrik. Spesifikasi performa hypercar all-wheel-drive ini sangat mencengangkan. Mesin yang berasal dari arena F1, 1.6 liter turbocharged V6 , yang bekerja dengan empat motor listrik, menghasilkan lebih dari 1.000hp, melalui 8-percepatan transmisi manual-otomatis.

Mercedes-AMG mengklaim juga bahwa sebenarnya racikan ini tidak serta merta dapat menghilangkan turbo lag, namun dipastikan kini tingkat responnya jauh lebih baik dibanding mesin V8 naturally aspirated sekalipun.

Kecepatan tertinggi adalah 350 kmh, di mana pihak Mercy mengatakan, Project One bisa mencapai 200 kmh dalam waktu kurang dari 6 detik. Motor listrik di bagian as roda depan bisa berputar pada kecepatan 50.000 rpm. Pihak Mercedes Benz mengatakan, sekitar 80 persen energi pengereman dapat disuplai ulang untuk mengisi baterai. Model ini juga mampu menempuh jarak 30 km dengan sekali pengecasan.

Lewis Hamilton benar-benar ikut membantu mengembangkan powertrain hybrid F1 Project One, tapi ia tidak bekerja secara langsung. Pebalap di tim Mercedes ini mengungkapkan kalau dirinya sangat gembira dengan proyek ini. Mercy menyebut ini sebagai mobil F1 untuk jalanan umum. Untuk tampilannya, Project One memiliki desain yang khas sebagai sebuah supercar dengan tarikan garis yang agresif. Mobil super kencang ini memiliki desain tersendiri yang tidak ada kesamaan dengan supercar lainnya.

Produksi untuk hypercar Mercy ini terbatas hanya pada 275 unit, dan harga jualnya di kisaran 2,7 juta dolar AS, atau setara dengan Rp 35 miliaran. Nampaknya angka tersebut tidak begitu membuat terkejut, pasalnya mobil diakui punya nilai yang cukup khas, langka dan eksklusif.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)