Home Did You Know? IKHSAN UTAMA: DRIFTING CAREER ATAU LIFESTYLE

IKHSAN UTAMA: DRIFTING CAREER ATAU LIFESTYLE

Mungkin kalian sudah baca artikel bagaimana saya memulai drifting, bagi yang belum silahkan buka link ini (artikel ikhsan utama: perjuangan modal nekat).

Disini saya akan mengulas bagaimana menjalani dunia Drifting, apa yang dibutuhkan, dikorbankan, dan juga dedikasi untuk dunia Drifting. Kenapa saya pilih drifting? Karena ini ada dunia motorsport yang tanpa batas limit modifikasi mesin, tempat dimana ide-ide kreatif bisa di coba, dan juga cara menyetir yang bisa dibilang 100% of fun. Mungkin bagi orang awam menyetir drifting itu biasa saja atau bisa di bilang tidak begitu menyenang kan, tunggu sampai kalian berkesempatan mencoba taxi drift di event berikutnya, ataupun kalian memulai belajar dirifting. Rasa senang, ketagihan, dan juga penasaran membuat kalian ingin lagi dan lagi. Itulah yang saya alami sampai detik ini.

Achilles Motorsport Festival 2015 mogu mogu fastnlow mandala krida drift AMF Yogyakarta Ikhsan 3

Saya bisa dibilang beruntung karena saya dapat mengendarai mobil yang sudah berspesifikasi basic kompetisi drifting yang dimiliki teman saya. Tapi bukan berarti semua beban langsung terlewati, ingat “basic” bukan berarti siap untuk memenangi kompetisi, banyak yang saya lakukan untuk membuat mobil teman saya ini kompetitif diajang drifting kelas nasional. Memang dari segi tenaga mobil ini dibawah rata-rata kelas professional, tapi kembali lagi untuk upgrade mesin dibutuhkan biaya dan tidaklah murah. Saya berfikir apa yang bisa saya lakukan? Apa yang bisa kita rubah dengan budget yang saya punya? Drifting adalah karir saya atau hanya lifestyle?. kita mulai ulasanya.

Disini saya mengulas pengalaman saya, apa yang saya alami, saya korbankan untuk dunia drifting. Jadi kalau ada yang tidak berkenan di hati saya memohon maaf sebesar besarnya. Saya bukanlah dari yayasan ayah bunda di dunia Drifting, maksudnya bukan menggunakan dana orang tua, keluarga, atau hasil korupsi. Jadi perjuangan pure semata wayang dari dompet sendiri.

Okey, untuk memulai drifting dibutuhkan “program”. Berapa biaya yang dipunyai dan dibutuhkan, apa misi di awal tahun memulai drifting, Yang saya lakukan adalah saya berkerja lembur dan juga nonstop selama berbulan-bulan untuk mendapat dana lebih, lalu buat lah list pengerjaan mobil balap dan kemana arah kalian akan membangunnya, dimana yang prioritas dan sector mana yang bisa di postpone. Saya memilih untuk focus kebagian chassis dan handling, ini biaya paling murah dibandingkan dengan upgrade mesin, karena setiap detail seperti millimeter, stiffness, dan derajat sangat berpengaruh. yang dibutuhkan hanyalah rajin dan selalu men riset setiap kali kita membangun mobil.

Mobil memang “tools” kita untuk mencapai kesuksesan di area motorsport, tetapi ada beberapa kesalahan yg dilakukan pada saat awal memulai drifting, banyak yang mempunyai dana lebih membangun mobilnya hingga ke spec professional, tetapi pengalaman, dan skill masih lah pemula, tidak mudah mengendarai mobil dengan tenaga besar.

Jadi bayangkan seorang mekanik sedang bekerja, dia menggunakan “tools” yang mahal tetapi tidak mengerti cara menggunakannya, well hasilnya? Tools itu akan rusak atau cacat. bayangkan itu kerjadi pada mobil kalian. So take your time semua akan berjalan pada waktunya.

Mobil adalah “project” kalian, jadi sebarkan lah project kalian ke teman-teman atau siapaun jangan malu-malu mobil tua atau bobrok mau runtuh, karena disini mungkin ada beberapa teman yang bersedia membantu jangan mengaharapkan dana, karena tenaga, support, dan semangat lebih penting untuk menyelesaikan project kita. Itu yang saya alami, beberapa teman saya rela begadang membantu, ataupun hanya jadi tim penggembira di bengkel yang tengah malah sunyi sepi. itu lah betapa menyenangkannya mengerjakan mobil sendiri. Letih sudah pasti tapi kenangan, dan cerita akan kekal selamanya.

IMG_7577 greaves ikhsan copie

Project suda siap!? Saatnya memasang target misi tahun perdana, apa yang saya pasang adalah mempunyai jam terbang sebanyak mungkin, mengenal karakter mobil, dan memperbanyak relasi dan koneksi di area balap. Pasti banyak yang bertanya, “kenapa tidak cari sponsor?” ini adalah tahun perdana saya artinya modal awal saya membangun usaha, dan juga mementukan kemana arah saya di drifting akankah jadi career atau hanya lifestyle lebih tepatnya “showoff”.

Fastnlow Achilles AMF 2015 Mogu mogu drift Indonesia 148

Ditahun ini mungkin kalian akan sering pergi ke tukang tambal ban atau tempat jual ban bekas, mereka akan jadi teman baik kalian sementara waktu ini karena ban bekas tergolong murah dan anggap lah mereka teman baik, supaya dapat diskon lebih besar tentunya. Perbanyak lah relasi di event balap, jangan minder atau pemalu. Bergaulah tapi memang ada batasnya tapi jangan lah jadi penyendiri dan menganggap kita tidaklah sebanding dengan mereka, SALAH!! Kita semua sama kita semua pencinta drifting apa salahnya say HAI, dan bercerita sedikit karena relasi sangat lah penting kita tidak tau mungkin mereka dapat membantu kita kelak, atau mereka butuh bantuan kita. Bisa juga salah satu jalan pintas menemukan sponsor, who knows right?.

Fastnlow Achilles AMF 2015 Mogu mogu drift Indonesia 35

Beriring jalanya waktu mungkin sudah saatnya kita berfikir, mau kemana arah yang diambil. Totalitas untuk drifting atau hanya weekend drifting. Bila memilih weekend drifting its okey, have fun tidak ada salahnya juga.. tapi bila berfikir “drifting adalah career saya?” Well ada 1 pertanyaan dan hanya 1, “yakin!?”.

Bukan untuk menakut-nakuti, sayapun memiliih drifting sebagai career saya. Dan ini bukan jalan yang mudah . saya tidak mempunyai sponsor pada saat itu, dana saya sangat sangat terbatas. Saya bekerja lembur setiap hari tanpa hari libur untuk dana lebih membiayai aktifitas balap, saya menghabiskan ribuan jam untuk menyiapkan mobil drifting, saya kehilangan waktu berkumpul dengan teman-teman atau dengan kluarga saya sendiri. Kehidupan saya tidaklah seperti remaja pada umumnya (nongkrong, nightlife,gadget,dll). Saya hanya focus mobil, dana, drifting every single day!

IMG_7586 ikhsan menyesal copie

Memulai Drifting di kategori professional memang awal yang sangat berat, melawan tim-tim dan juga pembalap papan atas yang berbudget lebih, bisa di bilang useless. Tapi di setiap cabang olahraga ada yang namanya factor “luck” jadikan lah ini bonus. Tapi yang tepenting adalah fighting spirit kalian tidak boleh kendor, carilah pengalaman sebanyak mungkin, latihlah mental kalian untuk mengahadapi nama-nama besar. Di saat kalian sudah terbiasa dan menguasainya tak bisa dibayangkan kalian bisa kompetitif dengan tim-tim papan atas dengan mobil yang tenaganya dibawah mereka.

Saatnya kalian berfokus mencari sponsor. Banyak yang menganggap sponsor adalah dana besar ataupun yang siap membantu aktifitas balap kita full dan memberi kita gaji untuk menghidupi kita. Sayangnya di INDONESIA yang tercinta ini sponsor di dunia motorsport bagaikan jarum di tumpukan jerami, disini mereka tidak melihat potensi, atau pembibitan pada sang pembalap. Tapi lebih kepada “anda anak siapa?” well sorry kalau saya salah but its true folks. So apa yang saya bilang di tahun pertama “RELASI” ini yang penting buatlah proposal tentang “program” kalian ke relasi-relasi.. jangan terburu-buru mengincar sponsor, take your time, enjoy the adventure mereka akan datang pada saatnya jangan hilang harapan. Dan juga jangan menganggap bila nilai sponsor itu kecil lalu anda tolak. Salah!! Fokuslah kepada “program” kalian, bila ada yg menawarkan product performance tanpa kucuran dana, atau ada case mereka hanya memberikan discount, ataupun mereka hanya mampu membiayai pendaftaran ataupun ban. Ambilah kesempatan ini, pertama mereka membantu dalam program yang kalian jalani anggaplah mereka partner, atau co-sponsor, kedua mungkin kedepannya mereka akan expend lebih di tahun ataun event berikutnya. Semua tidak bisa di tebak kawan, jadi ambilah kesempatan sebanyak mungkin buatlah mereka bangga membantu kalian menjalani program ini, bernegosiasi dengan cara “win win solution” tidak merugikan kalian, tidak merugikan mereka semua happy semua fair .

IMG_7521 greaves ikhsan copie

Mulailah pasang target posisi setiap event, setiap tahunya. Percaya atau tidak ini memotivasi performa kita di setiap event setiap lintasan. Misalkan di event “A” saya melakukan latihan di rasa karakter mobil atau drifing style kita cocok saya menargetkan 3 besar finish, itu sangat membantu confident kita dilintasan, ataupun di event “B” mobil atau driving style saya kurang cocok target saya 8 besar. Kenapa tidak di push? Ingat saya bukan tim besar, bila saya push resiko engine failure atau crash sangatlah besar. Ingat, saya ingin program saya selamat sampai akhir tahun, belum lagi emosi yang tidak terkendali membuat permainan jadi berantakan. Saya harus realitis jangan berharap banyak, tapi tak dipungkiri “luck” masih ada harapan. Fokuslah dengan apa yang kita punya, jangan memasang target baru bila target lama masih belum tercapai.

In this point dedikasi adalah kunci dari semua perjalanan yang saya lalui, oke drifting sudah bukan passion lagi, tapi saya sudah mendedikasikan drifting sebagai hidup saya. Seberapa kuat keinginan drifting saya walaupun harus sering menghadapi kegagalan,kesalahan, kekalahan,tapi itu semua karena saya ingin belajar, saya ingin mengetahui limit saya. Pelajari lah dari semua kekalahan, rasa penasaran terus memacu adrenalin saya untuk mencoba lagi dan lagi sampai akhirnya ada sponsor dan partner yang mau membantu menjalani program saya di tahun 2016 ini, rasa tidak mau mengecewakan membuat saya ingin membuktikan kalau saya bisa dan saya tidak patah semangat.

Menghabiskan hampir 1 hari full untuk mobil drifting sudah makanan sehari-hari. Overtime sudah tidak terhitung lagi, tidur pulas akan jadi hal yang sangat dirindukan karena siang saya bekerja, malam saya persiapan mobil, belum lagi saat event terjadi kerusakan, sayapun harus memperbaiki hingga keesokan hari atau secepatnya walaupun tidak tidur. Tapi itu lah seni motorsport, orang awam selalu bertanya “ kenapa semua gembira menang balap, padahal hadiahnya tidak sampai setengah dari persiapan mobil?” jawabnya simple. Hasil kerja keras dari sebuah tim, ribuan jam mereka habiskan, lembur hampir setiap hari, dana yang dikluarkan. Lalu kita ada di peringkat paling atas!? Perasaaan bahagia lah yg membuat kita lupa akan lelah menjalani event untuk beberapa menit. Hal yang aneh tapi kecanduan ini sudah dalam bagian hidup saya.

Drifting sebagai career? Go ahead but I’m telling you, is not an easy road. However I will assure you, you have an amazing adventure of your life time. Semua ini tentang petualangan, fun dan cerita yang ga bakal kamu lupakan. Sukses atau belum sukses semua sudah diatur tinggal niat dan semangat yang harus dikuatkan. Ingat take your time at your own speed, jangan terlalu terburu-buru dan jangan langsung melampaui batas maksimalmu. Yang terpenting lagi, kita mulai drifting karena kita senang drifting, kita enjoy jangan sampai hal yg membuat kita memulai drifting dilupakan karena tekanan dari kompetisi ini.. “enjoy what you do, and remember to have fun”

DRIFTING FOR CAREER? OR DRIFTING FOR LIFESTYLE!?

 

By: Ikhsan Utama

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)