Home Did You Know? Jangan Main Korek Api Di Dalam Mobil, Bisa Meledak!

Jangan Main Korek Api Di Dalam Mobil, Bisa Meledak!

Pernah melihat video sekumpulan anak muda iseng bermain korek api dan menimbulkan kebakaran bahkan ledakan? Yap, tentu kamu harus berhati-hati dengan korek api di dalam mobil. Sedikit saja percikan bisa memicu ledakan yang membahayakan nyawa. Bagaimana bisa ya api kecil memicu ledakan? Nah, ternyata ada penjelasan ilmiahnya.

Beberapa waktu lalu tiga orang pemuda Arab harus mengalami luka bakar cukup serius lantaran salah satu di antara mereka menyalakan korek di dalam mobil dan langsung ‘bum’ terjadi ledakan. Ternyata, mobil tersebut baru saja disemprot zat pembersih. Zat pembersih mobil mengandung zat kimia yang jika bertemu dengan zat tertentu lain bisa menyebabkan kebakaran bahkan ledakan. Korek api jenis gas bisa memicu ledakan ini.

Meskipun ledakan terdengar sangat berlebihan untuk menggambarkan bagaimana reaksi yang mungkin bisa terjadi. Tapi, hal ini sangat mungkin. Kalaupun tak terjadi ledakan, kebakaran yang terjadi bisa membuat kulit menderika luka bakar cukup serius. Apalagi jika mobil menggunakan AC dan kaca mobil tertutup rapat. Artinya, cairan pembersih mobil akan sulit keluar dari mobil dan jika pengendara nekat menyalakan korek api gas bisa sangat berbahaya.

Selain itu, meletakkan korek api gas di dashboard mobil juga bisa memicu ledakan. Meski kemungkinan sangat kecil, tapi pernah terjadi insiden ledakan lantaran hal ini. Ternyata ketika korek api gas terkena sinar matahari yang cukup panas terus menerus bisa menyebabkan ledakan kecil. Meski kecil, bisa bikin kaget kan? Hindari dengan jangan sekali-kali meletakkan korek gas di dashboard ya Guys.

foto: CBS New York

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)