Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Minyak rem mempunyai dampak buruk jika mengenai cat mobil. Walaupun terletak didalam tangki tersendiri, masih memungkinkan terjadinya kerusakan yang terjadi pada cat yang diakibatkan karena kelembaban atau pada saat terjadi penanganan yang salah. Sebagai pemilik mobil, tetntunya kalian perlu memeriksa level ketinggian minyak rem yang ada pada tangki reservoir untuk menjaga sistem pengereman agar tetap berjalan dengan baik. Minyak rem dan cat mobil adalah kombinasi yang sangat merugikan bagi pemilik mobil. Tumpahan minyak rem yang menempel pada cat mobil akan meniumbulkan masalah dan sangat merugikan. Oleh karenanya simak ulasan berikut bagaimana cara mengatasi jika cat mobil anda terkena tumpahan miyak rem. Berikut beberapa fakta mengenai cairan minyak rem dapat merusak cat mobil.

Cairan Minyak Rem Terbuat Dari Senyawa Kimia Yang Dapat Merusak Cat

Mungkin kalian masih bingung mengapa cairan minyak rem bisa merusak lapisan cat mobil ? ini karena memang minyak rem dibuat dari bahan cairan kimia yang mengandung glycol. Molekul – molekul pada cairan ini mempunyai sifat ganda yang memebuatnya dapat merusak lapisan cat mobil. Reaksi kimia glycol bekerja mirip seperti pelarut agresif pada cat mobil. Cairan ini lah yang memecah lapisan pelapis pada cat dan meninggalkan bekas yang berbentuk garis vertical saat minyak bergerak kebawah.

Berapa Banyak Waktu Sebelum Cairan Minyak Rem Menyebabkan Kerusakan Permanen?

Meskipun awalnya cat mobil tidak ada masalah, semakin lama cairan itu menempel pada cat maka semakin besar pula kemungkinan kerusakan yang ditimbulkan. Bagi kalian yang ingin mengetahui proses berapa lama cairan minyak rem merusak cat mobil anda, para ahli telah membuat rentang waktu kerusakan yang ditimbulkan.

  • 5 Menit : tanda tumpul muncul dengan lapisan terkompromikan di titik – titik yang dikenai oleh cairan minyak rem.
  • 10 menit : Cat mobil mulai akan kelihatan bernoda yang mengakibatkan lapisan cat menjadi rusak.
  • 30 Menit : Kalian akan melihat garis – garis yang membuat keruskan cat menjadi lebih parah.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa tips untuk mengatasi kerusakan pada cat mobil anda adalah melakukan segera penanganan sebelum 5 menit waktu pertama minyak rem mengenai cat mobil kalian.

1. Segera Hilangkan Cairan Minyak Rem

Kalian bisa menggunakan tisu atau kain yang mempunyai daya serap yang maksimal. Jangan mencoba menyeka minyak rem, karena ini akan berdampak buruk yang menyebabkannya bisa menyebar dan memperluas area yang dapat merusak. Cara menghilangkannya pun mudah, letakkan kain atau tisu pada cairan minyak rem yang menempel, tekan dengan ringan hingga minyak rem terserap pada kain atau tisu tersebut.

2. Mencucinya Dengan Cairan Sabun

Segera bersihkan bekas tumpahan minyak rem pada cat mobil. Gunakan sabun pencuci mobil yang biasa anda gunakan. Selain itu, bisa juga menggunakan segala jenis sabun apapun untuk mencucinya, karena ini merupakan penghapus miyak rem pada cat yang efektif. Selain itu yang harus diperhatikan adalah gunakanlah spons yang bersih dan basah.

3. Bilas Dengan Air

Pada langkah terakhir ini adalah setelah anda menghilangkan cairan minyak rem dan membersihkannya dengan sabun, maka langkah terakhir adalah dengan membilasnya menggunakan air yang banyak. Ini dilakukan untuk membersihkan secara menyeluruh dan mencegah terjadinya korosi pada cat.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Penjelasan Lengkap Tentang Fungsi Catalytic Converter

Did You Know?

Cara Mudah Menghilangkan Bau Rokok Pada Mobil

Did You Know?

Cara Mudah Agar Mobil Anda Tidak Bisa Di Maling

Did You Know?

Volvo Perintis Seatbelt Modern 3-titik

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan