Home GT RADIAL Jeje Wujudkan Mobil Impiannya

Jeje Wujudkan Mobil Impiannya

Nyaris enam bulan Julian Johan a.k.a Jeje mempersiapkan mobil impiannya untuk mengikuti balap Speed Offroad 2016. Walaupun ajang speed offroad Indonesia masih sedikit gonjang ganjing namun hal itu tidak mempengaruhi tekadnya membangung mobil speed offroad dengan taste nya. Hingga saat ini progress baru sekitar 70% tapi paling tidak Jeje dapat menyesuaikan semua bagian mobilnya dengan impiannya yang telah lama terpendam.

Mobil impian Jeje adalah menggabungkan mobil balap jenis tubular dengan body Grand Cherokee yang dibenamkan mesin V8. Impian tersebut berawal dari keinginan menggunakan Grand Cherokee yang merupakan kendaraan hariannya untuk balapan di ikut sertakan dalam medan speed offroad.

Sebenarnya Jeje pernah merasakan mobil jenis tubular, tetapi saat itu masih menggunakan bodi FJ40. Kemudian di 2014 dan 2015 kemarin juga sempat menggunakan tubular dengan body Grand Cherokee bermesin enam silinder yang semua disulap untuk mengikuti kejuaraan speed offroad.

AHASRT JEJE SPEED OFFROAD GT RADIAL SAVERO LS3 TUBULAR 3

“Saya suka dengan mobil tubular dan juga suka dengan varian Cherokee dari Jeep dan mesin 8 silinder. Kebetulan di Indonesia hanya Grand Cherokee dari Jeep yang menggunakan mesin V8. Sayangnya Grand Cherokee memiliki kelemahan karena terlalu berat sehingga akan sulit berkompetisi.”

AHASRT JEJE SPEED OFFROAD GT RADIAL SAVERO LS3 TUBULAR 4

Jadi memang Jeje sudah memikirkan solusinya (mengurangi bobot mobil) ditambah menggunakan mesin 8 silinder LS3 dari Chevrolet. Enggak cuma itu LS3 standar masih kurang baginya, jadi ditambahlah stroker menjadi 7000cc dengan gear box Power Glide dari FTI Perfomance dengan transfercase SCS Gearbox. Intinya mesin sudah dipersiapkan untuk pertempuran di kelas bergengsi yaitu Free For All (FFA).

Sedangkan untuk body, Jeep Grand Cherokee tentu saja dipilih karena kecintaannya pada mobil yang berasal dari Negeri Paman Sam ini. Selain body mobil, agar cita rasa kendaraan kegemarannya masih terasa, Jeje bakal tetap menggunakan chasis dari Grand Cherokee dan rencananya dashboard juga dijejalkan yang menyesuaikan bagian cockpit.

Dan untuk selanjutnya bila mobil sudah selesai tahap akhir adalah setting suspensi. Dalam proses ini memang cukup ribet suspensi Fox bypass yang terpasang pada konfigurasi four link ini cukup tricky mengingat perlunya perhitungan center of gravity pada mobil yang bobotnya hanya beberapa ratus kilogram. Namun untuk tinggi travel sudah di patok 12 inci pada roda depan dan 16inci pada roda belakang.

AHASRT JEJE SPEED OFFROAD GT RADIAL SAVERO LS3 TUBULAR 1

“Memang untuk tahun ini saya menggunakan kendaraan yang 100% bukan milik saya pribadi. Alhamdulillah, tahun ini saya dapat mewujudkan kendaraan impian dengan bantuan dari Asal Hati Senang Racing Team (AHSRT) karena jika menggunakan uang pribadi tentu saya tidak sanggup.”

Dengan dukungan AHSRT sebagai tim yang baru menaunginya, Jeje mempercayakan pengerjaan mobilnya di bengkel Dana Suspension Specialist (DSS). “Kebetulan di sini (DSS) semua kendaraan yang akan mengikuti kejuaraan speed offroad menggunakan mesin V8 yang sama dengan milik saya sehingga saat balapan akan memudahkan dalam support part hingga service dan crewnya tentu telah berpengalaman. Dan om Dana sebagai pemilik bengkel, dapat mewujudkan kontruksi rollbar sesuai dengan keinginan saya.”

Memang untuk urusan kontruksi tubular dipercayakan kepada om Dana, sedangkan Jeje lebih fokus pada detailling pada penampilan body agar menjadi sesuai keinginannya. Body Grand Cherokee akan hanya menggunakan dua pintu, bukan empat pintu layaknya Grand Cherokee. Namun bagian belakang akan tetap dapat diakses dengan membuka setengah bagian. Mirip seperti kendaraan yang digunakan pada Dakkar.

“Tujuannya agar akses bagian belakang lebih leluasa saat harus menyetting suspensi dan juga unsur estetika agar penampilannya makin menarik”.

Penasaran dengan tampilan Tubular bercita rasa Grand Cherokee? Tunggu liputan kami selanjutnya.

speck mobil

speck mobil jeje speed offroad 2016

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)