Connect with us

Subscribe

Did You Know?

John L. McAdam, Sang Penggagas Jalan Makadam

Jalan makadam yang sesekali anda lewati ketika adventure offroad ataupun country road pada umumnya merupakan bagian dari infrastruktur jalan di pedesaan. Sebetulnya, makadam adalah teknik pengerasan jalan yang biasanya terdiri dari dua macam lapisan bebatuan, batu kasar sebagai lapisan dasar dan batu halus sebagai lapisan paling atas.

Kenapa disebut makadam? Yaps, istilah ini diambil dari nama belakang sang penggagas yakni John Loudon McAdam. Pria berkebangsaan Skotlandia kelahiran 1756 ini adalah seorang civil engineer dan kontraktor jalan yang diyakini sebagai penemu “macadamisation”, metode membangun jalan yang efektif dan murah menggunakan material alam.

 

John Loudon McAdam adalah anak termuda dari sepuluh bersaudara dari James McAdam dan Sussana Cochrane. Ketika usianya terbilang masih remaja — 14 tahun, bisnis keluarganya mengalami kebangkrutan dan tak lama kemudian ayahnya meninggal dunia, sehingga John terpaksa tinggal bersama pamannya, William McAdam, seorang pedagang kaya di New York. Selama era Revolusi Amerika antara tahun 1775-1783, Ia mulai bekerja di bisnis pamannya dan meraih kesuksesan menjadi pedagang dan “prize agent” — sejenis menjual barang dan material hasil tangkapan selama perang.

Sementara di New York, John menikah dengan Gloriana Nicoll dan memiliki dua anak. Pada 1783, Ia harus membayar harga karena mendukung pihak yang kalah dalam War of Independence, sehingga sebagian besar asetnya disita sebelum Ia dan keluarganya dipulangkan dengan kapal ke Skotlandia. Bermodalkan sisa aset yang dimilikinya, John membeli perkebunan di tanah kelahirannya, Ayrshire, dan tertarik mengembangkannya.

 

Dari situ John tercetus ide, mulai mempelajari cara membangun jalan apalagi mengingat pada masa itu jalan masih berupa tanah yang rentan terhadap hujan dan lumpur sehingga muncullah konsep konstruksi jalan harus dilengkapi dengan drainase yang memadai. Ia mulai merancang jalan menggunakan pecahan batu yang dipotong dengan ukuran sama kemudian diletakkan dalam pola simetris, berjajar ketat dan ditutup dengan batu kecil supaya permukaannya halus.

 

Terobosan karyanya menjadi semakin dikenal luas dan tahun 1798, John terlibat dalam pembangunan jalan makadam didesa sekitarnya. Tahun 1802, Ia pindah ke Bristol (Inggris) dan dua tahun kemudian Ia dipercaya sebagai general surveyor di Bristol Corporation. John memaparkan idenya sebagai persyaratan ke Parlemen Inggris yang ditulis dalam dua makalah berjudul, “Remarks on the Present System of Road-Making” dan “Practical Essay on the Scientific Repair and Preservation of Roads” pada tahun 1816 dan 1819. Ia berpendapat bahwa jalan makadam harus lebih tinggi dari tanah sekitarnya dan dibangun dari lapisan batu dan kerikil secara sistemastis.

 

John juga ditunjuk sebagai surveyor oleh Bristol Turnpike Trust tahun 1816, dimana ia memutuskan untuk membuat ulang jalan termasuk perawatannya, menggunakan kombinasi pecahan batu dan kerikil diatas dasar batu besar yang kokoh. Permukaan jalan makadam dibangun rata dan sedikit cembung supaya menghasilkan drainase yang baik, sehingga air hujan dengan cepat terkuras dari jalan karena genangan air rentan merusak fondasi jalan.

Metode ini diklaim jauh lebih murah dan tahan lama dari sebelumnya, selain itu perawatannya juga lebih mudah. Tak heran jika metode konstruksi semacam ini mewakili kemajuan revolusioner dalam hal infrastruktur sejak zaman Romawi dan akhirnya dikenal sebagai “macadamisation” atau “ jalan makadam”. Yaps, jalan makadam kala itu merupakan jalan protokol.

Pekerjaan John sebagai “Surveyor-General of Metropolitan Roads” di Bristol Turnpike Trust tahun 1820 mendapat upah sebesar £ 5.000, namun karena adanya ‘kecemburuan’ upahnya dipotong menjadi £ 2.000 pada tahun 1827. Rupanya John sempat menjadi korban dari kejahatan korupsi yang dilakukan oleh oknum Turnpike Trusts yang tidak bertanggung jawab.

 

Ibarat wabah, metode makadam sangat cepat menyebar ke seluruh dunia. Jalan protokol makadam pertama di Amerika Utara selesai pada tahun 1830-an, sementara jalan utama di Eropa slesai pada akhir abad ke-19.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Peran Penting Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Mesin

Did You Know?

Sejarah ARB: Produk In-house Aksesoris 4WD yang Mendunia – Part 2

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Did You Know?

5 Tanda Roda Kendaraan Anda Harus Di Balancing

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan