Home GT RADIAL Julian Johan Andalkan Ban Buatan Dalam Negeri

Julian Johan Andalkan Ban Buatan Dalam Negeri

Usai sudah rangkaian kejuaraan balap speed offroad dari Indonesia eXtreme Offroad Racing (IXOR) untuk musim balap 2016 ini dengan seri terakhir yang diadakan di sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru – Kalimantan Selatan pada 26 – 27 November 2016 lalu.

jeje_img_2990Musim balap tahun ini memang dipenuhi perjuangan berat bagi mereka yang bersaing di kelas FFA 8 silinder. Persaingan bukan hanya di teknologi mesin maupun suspensi yang digunakan. Tetapi teknologi ban pun kini mulai ikut meramaikan peperangan di kelas FFA 8 silinder. Dan hal tersebut yang dirasakan oleh Julian Johan dari Asal Hati Senang Racing Team (AHSRT).

“Dengan sistem open tyre (ban bebas), kelas FFA 8 silinder sekarang mayoritas menggunakan ban merk luar negeri. Kini yang menggunakan ban lokal hanya saya, Rifat Sungkar dan Rizal Sungkar,” ungkap Julian Johan.

jeje_img_7136Julian Johan yang mendapat dukungan dari GT Radial dalam menghadapi IXOR telah membuktikan kemampuan ban produk dalam negeri. Memang didominasi pengguna ban buatan luar negeri tetapi bagi Julian Johan yang menggunakan Savero A/T Plus ukuran 265/75 menjadi kesempatan dirinya untuk menunjukan kualitas GT Radial sebagai ban produk dalam negeri. “Dalam 2 seri terakhir, saya berhasil masuk kedalam 10 besar terbaik dan di dalam situ mayoritas menggunakan ban luar negeri.”

“Saya tetap konfiden melawan mobil yang menggunakan ban luar negeri karena faktor driver dalam menentukan racing line, mengatur bukaan gas, menjadi faktor yang tidak kalah penting.”

jeje_img_7122Tetapi khusus untuk menghadapi trek Banjarbaru, dibutuhkan strategi tambahan yaitu menjaga umur tapak ban. Agar tidak cepat habis.Karena karakter trek di Banjarbaru bukan hanya licin tetapi juga sangat cepat mengikis ban. Sehingga terlalu sering membiarkan mobil overspin juga tidak bagus karena cepat membuat tapak ban rusak.

“Overall saya puas dengan kemampuan GT Radial yang dapat bersaing di kelas papan atas melawan merk – merk ban import.” Namun Julian Johan masih berharap GT Radial menyediakan ban yang memiliki compound lebih soft untuk speed offroad. “Memang kekurangan dari soft compound lebih boros tetapi saya rasa tingkat keawetan ban bisa dikorbankan demi memaksimalkan traksi di ajang kompetisi.”

Jadi terbukti GT Radial tidak kalah dari ban buatan luar negeri.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)