Home Did You Know? Jureq : Merubah M52B20 Menjadi 1UZFE dalam 30 Hari (part 1)

Jureq : Merubah M52B20 Menjadi 1UZFE dalam 30 Hari (part 1)

Rocca bukan lagi client baru buat gue (Adhi “Jureq” Sardjan). Sebelumnya Rocca memang pernah bersama gue saat masih menggunakan E36 di kelas Drift Star, dan setelah di nobatkan untuk naik ke kelas Rookie, Rocca mendapat tawaran untuk menggunakan mobil dari Armando Dido yang pada saat itu mengalami kecelakaan dan tidak memungkinkan untuk ikut berkompetisi drift.

Drift War IV 2016 Rocca 1

Singkat cerita, setelah beberapa event menggunakan Nissan Cefiro bermesin 2JZ 600Hp itu, Rocca tidak dapat all out, alias tidak dapat bermain dengan leluasa karena yang di pakai adalah mobil pinjaman, tekanan batin meminjam masih terbayang-bayang walaupun sebenarnya dia bermain cukup baik dengan mobil itu.

Rocca GT Radial Motul Practice 11

Sang ayah, Om Ronald pun menyadari hal ini yang kemudian berkonsultasi dengan gue. Dia bertanya bagaimana kalau seandainya Rocca dibangunkan BMW E36 lagi? Gue bilang terserah… Dan pada akhirnya dia diam-diam membeli mobil dengan harapan dapat memberikan kejutan pada event berikutnya. Akhirnya terbelilah E36 320i dengan harga 38jt dari Dimas Harsono yang juga temen dekat gue. Dengan harga segitu Rocca mendapatkan kondisi mobil harian yang baik.

Namun sebelum membeli mobil, Om Ronald juga sudah menanyakan tetang mesin yang bakal masuk ke mobil drift nya Rocca nanti. Jawaban gue 1 UZFE yang aslinya nancep di Toyota LS400.

“memang sanggup 200 whp ([email protected] engine) bersaing?”, “sanggup om, modif ala-ala Jureq bisa, kalo kurang puas tanya rocca dia maunya kayak gimana, nanti saya bikinin”

Nah, pada nanya kan? Kenapa harus UZ?

Pertama itu mesin longlast, selama mesinnya N/A bakal awet buat gaspoll bertahun tahun.

Kedua di jakarta parts banyak, karena mobil Toyota LS400 masih banyak berkeliaran.

Ketiga parts subtitusi dengan Toyota lain seperti alternator, seal, sensor bisa di kanibal, coil aja sama seperti kijang kapsul..

Keempat kenapa gak mesin JZ family? Gak usah.. UZ aja.

Kelima kenapa gak RB? Gak usah.. UZ aja

Keenam kenapa sih UZ mulu? Gini deh, yang jelas setiap mesin punya potensi.

Sekarang yuk kita ngomongin masalah teknis perakitan mobil.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 31

Setelah deal dengan 1UZFE, gak pake pikir panjang langsung beli mesin 1 UZ dari Amin Budiyono dengan harga sekitar 18jt. Emang agak mahal sih, tapi kita memang menargetkan untuk mendapatkan internal mesin yang sehat. Karena nantinya kita enggak akan utak-utik internal mesinnya.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 27

Sekitar 2 hari setelah transaksi, mesin sampai di bengkel K18 komplit dengan gearbox dan wiringnya tapi akhirnya cuma didiemin dulu sampe beberapa onderdil datang seperti timing belt set, tensioner, bearing, dan seal-seal. Siang malem mesin ini dikerjakan, karena kebetulan saat pengerjaan mobil ini di Bulan Puasa, jadi sambil nunggu sahur, gue ngerjain ini mesin, dan kebanyakan begadangnya hahaa…

Pergantian part hanya sekedar pergantian kecil-kecil aja dan bersifat external mesin, seperti timing belt. Dan pengerjaan ini memakan waktu sekitar setengah hari.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 30

Yang paling ribet sebetulnya waktu pemasangan wiring yang di masukin ke ECU Spitronic Stand Alone. Ribetnya ada pada waktu bedah kabel dan ini memakan waktu 3 – 4 hari.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 29

Jadi gue harus memilah kabel injector sendiri (ada 8), kabel ignitor coil, kabel crank sensor dll. dan hampir 50% kabel engine harness asli tidak terpakai, karena ECU Spitronics sensornya simple dan sudah support pakai sensor bawaan mesin tanpa harus pakai adaptor lagi.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 26

Setelah mesin hidup, gue konsentrasi pada gear box, karena kalau gearbox sudah rampung, tinggal nyemplungin mesin ke mobil tanpa harus buka-buka lagi dan tinggal gas aja. Mulai dari bongkar gearbox, gue mau memastikan kondisi sinkronis aman, jadi nantinya perpindahan gigi saat rpm tinggi tidak ada kendala keras saat shiftingnya.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 21

Dimulai dengan pemasangan adaptor dari gearbox W57 ke Bellhousing 1UZ. Nah supaya gampang nyari tengahnya pas bubut, gue bongkar gearbox dan ambil casing depannya, untuk ambil tengah dari housing clutch sleeve jadi titik tengah sudah ketemu tanpa harus bawa-bawa mesin V8 untuk proses perkawinan gearboxnya. Untungnya, casing bellhousing 1UZ sudah ada lingkaran tengah dari gearbox matic, jadi pekerjaan lebih mudah.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 22

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 15

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 14

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 13

Lalu gue harus merubah flywheel 3SGTE, lubang bautnya harus dirubah sesuai PCD krukas 1UZFE, berhubung lubang tengah flywheel dan gigi stater 3SGTE sama dengan UZ, pekerjaan hanya merubah PCD-nya aja.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 28 Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 18

Dan berhubung flywheel 3SGTE, maka gue bakal pakai kopling set 3SGTE juga keluaran EXEDY Single Plate dan dirasa sangat cukup, karena kopling 3SGTE keluaran celica GT4 digunakan untuk penggerak 4wd, sudah pasti sanggup untuk terima sentakan mesin 1UZ di penggerak belakang 2WD body E36 ini.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 2

Setelah flywheel jadi, gue juga harus rubah housing clutch sleeve W57 lebih panjang dan rumah  push bearing-nya, karena posisi kopling 3SGTE lebih maju untuk menekan dekrup. Lalu gue juga harus memanjangkan tongkat garpu, karena peletakan rumah master kopling bawah (menggunakan toyota yaris).

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 16

Setelah ini dirasa sudah proper…gue baru mempersiapkan ruangan untuk mesin 1UZ dengan mengeluarkan mesin M52B20 standar. Proses memakan waktu 2 hari tanpa kendala berarti.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 10

Pada pemasangan mesin gue memasang bracket engine mounting yang cukup beresiko karena hampir mengenai manifold dan crossjoint steer, karena ruangan mesin E36 sebetulnya tidak diciptakan untuk V8, dia diciptakan untuk 6 cylinder warrior, lihat saja E36 M3 itu gue bilang mobil favorit banget dimana-mana khususnya luar negri.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 12

Nah pemasangan mesin 1UZ lama disini nih, ngepasin mesin harus lepasin sistem ABS, karena mentok sana sini, waktu pasang harus lepas manifold asli, karena kurang maju posisinya, jadi gue cari posisi duduk mesin dulu, manifold belakangan.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 6

Setelah dapet perkiraan posisi, gue langsung buat bracket mounting custom ala-ala gue, selain biar gampang bongkar, gampang juga di benerinnya, itupun beda 1cm jarak mounting sama batang kemudi, dan mounting di design tidak bergerak, supaya mesin tidak bergoyang dan mengenai batang kemudi, dan itu dampaknya bisa berbahaya, maka dipotonglah batang kemudi asli diganti pipa stainless yang berdiameter lebih kecil supaya tidak bersentuhan dengan manifold.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 8

Pas saat bersamaan pekerjaan mounting, banyak proses mesin keluar masuk mobil, sambil pengerjaan manifold potong sambung, karena untuk menghemat waktu pengerjaan, dan saat mesin masuk mobil manifold tidak bisa di bongkar, karena sangat sempit, jadi bongkar manifold harus turun mesin.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 9

Setelah mounting mesin, lanjut ke mounting gearbox, nah ini proses gak terlalu sulit, hanya mempertimbangkan ketinggian belakang gearbox supaya tinggi kopel sama seperti asli bawaannya BMW, dan merubah lubang tongkat gearbox, pada body BMW.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 3

Nah ada pertanyaan, kenapa gue harus ngelubangin body bagian firewall? Itu hubungannya dengan tongkat garpu kopling gearbox mentog dengan body.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 7

Selain itu gue harus merubah karter oli 1UZ yang berada di depan crossmember, harus merubah karter oli pindah kebelakang crossmember, jadi gue harus buat ulang dengan karter custom dari bahan plat galvanis dan membentuknya sedemikian rupa supaya gampang bongkarnya, dan didesain supaya oli gak telat nyedot yang berakibat fatal pada mesin.

Jureq BMW E36 Swap 1 uz 30 hari drift fastnlow k18 4

Akhirnya pada hari ke 25 sejak mobil ini masuk…. Mesin udah tertanam dengan baik.

(tungguin part 2 nya yak.. bakal ngebahas sampai super angle nya..)

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)