Home Did You Know? Kapan Waktu yang Pas Lampu Hazard Dinyalakan?

Kapan Waktu yang Pas Lampu Hazard Dinyalakan?

sekedarcatatan.net

Sering nggak liat mobil yang menyalakan lampu sein tapi kanan dan kirinya nyala? Nah itu namanya lampu hazard. Nah, lampu hazard ini diciptakan dengan tujuan dan fungsi tertentu, jadi nggak cuma asal kedip-kedip aja.

Fungsinya apa sih?

Sesuai dengan namanya, lampu hazard atau lampu darurat, memiliki fungsi untuk menunjukkan kondisi darurat dari suatu mobil. Misalnya, keadaan darurat banget seperti mogok yang membutuhkan sebuah penjelasan bahwa mobil nggak bisa berjalan dan berhenti di pinggir jalan.

blog.esurance.com
blog.esurance.com

Selain mogok, ada juga keadaan darurat lainnya seperti pemberitahuan bahwa di depannya ada tanah longsor atau kecelakaan. Ada juga, misalnya mobil kamu jadi mengalami kerusakan tapi masih bisa jalan dan jadi pelan-pelan, untuk menghindari klakson, lampu hazard boleh digunakan.

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Jadi, jelas dong lampu hazard ini memiliki saat-saat yang pas untuk digunakan atau dinyalakan. Nah, tapi sering kok ada yang nyalain lampu hazard nggak cuma waktu mogok. Ini dia, sebenernya banyak yang masih salah kaprah dalam penggunaan lampu darurat ini. Niatnya sih mau ngasih tanda, eh malah akhirnya bikin bingung kendaraan belakangnya.

Coba kita liat beberapa kebiasaan pengendara mobil berikut ini:

us.wow.com
us.wow.com
  • Waktu hujan atau berkabut, lampu hazard ini dinyalakan dengan maksud untuk memberi tanda ke kendaraan di belakangnya. Oke deh, akan sangat terlihat dan jelas kalau ada mobil dengan kedip-kedip hazard tadi. Tapi, maksud memberi tanda tadi justru bisa membingungkan pengemudi di belakangnya, karena dikira mogok atau mobilnya mengalami kerusakan.
  • Saat masuk ke terowongan yang gelap, lampu darurat ini pun masih sering terlihat dinyalakan. Sebenernya, nggak usah pakai lampu hazard pun nggak apa-apa, kita bisa menyalakan lampu jauh dan lampu rem belakang pun cukup bisa memberi tanda.
expat-mom.com
expat-mom.com
  • Di traffic light, kadang masih ada kedip-kedip lampu hazard ini kalau pengemudi mau lurus dan nggak belok kanan atau kiri. Berhubung ini pengalaman sendiri, ada baiknya kalau nggak usah menyalakan deh. Loh kenapa? Kan jelas tuh kasih tanda mau ke lurus? Untuk pengendara lain (motor terutama), yang ada di sisi kanan atau kirinya, mereka cuma bisa liat satu sisi aja. Nah ada hazard itu tadi, dikiranya mau belok, tapi pada akhirnya lurus, akhirnya pun bingung pengendara tadi rasanya kayak di php gitu deh.

Udah tau kan sekarang mana peggunaan lampu hazard yang salah dan benar?

Dari beberapa kebiasaan diatas yang sering terjadi tapi ternyata salah kaprah, ada baiknya untuk memahami dulu sebelum menggunakan, dari pada mengikuti kebiasaan salah yang menjadi adat.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)