Home Issue Cars Kata Siapa Yamaha Tidak Bisa Membuat Mobil

Kata Siapa Yamaha Tidak Bisa Membuat Mobil

Berbeda dengan Honda, selama ini Yamaha merupakan sebuah brand yang fokus pada pengembangan kendaraan roda dua, tapi jangan salah. Bukan berarti Yamaha tidak bisa membuat kendaraan roda empat. Sebagai bukti, lihatlah Yamaha Cross Hub ini. Yamaha Cross Hub ini adalah sebuah pick-up dengan desain sporty.

Menurut Yamaha, dengan Cross Hub Anda bisa membawa tiga teman serta dua motor Yamaha ke daerah pegunungan untuk bertualang.Sebenarnya, ini bukan kali pertama Yamaha memamerkan mobil konsep. Tokyo Motor Show 2014 pernah juga, namun beda model karena yang dulu sedan sport, sedangkan ini menyerupai pikap untuk kegiatan off-road. Menariknya, mobil ini adalah hasil garapan mantan desainer tim Formula 1.

Cross Hub lahir dari tangan Gordon Murray, mantan desainer tim McLaren F1 yang menjadi pionir monokok chassis berbahan serat karbon. Ini adalah mobil konsep ketiga yang pernah diciptakan Yamaha. Desain unik Cross Hub memadukan pulas warna biru dan perak pada body, berikut tarikan garis panjang dan tajam pada fascia depan. Pintunya mengadopsi model suicide yang terbuka terbalik. Masuk ke dalam kabin yang juga cukup futuristik, karena memiliki desain modern. Bahkan, tempat duduk memiliki konfigurasi empat penumpang.

Cross Hub juga dirancang mengusung dimensi kompak, namun dengan utilitas sebagai kendaraan pengangkut. Di Tokyo, ditunjukkan Cross Hub mengangkut dua unit motor Yamaha di baknya. Dilihat dari desain, konfigurasi dan ergonominya, Yamaha Cross Hub lebih merupakan sebuah mobil eksperimen. Inilah jawaban Yamaha pada kebutuhan akan truk pick-up yang kompak untuk menembus jalur kasar, baik di kota maupun di pegunungan, yang sempit.

Sebab, Menurut New Atlas, truk ini berukuran panjang 4,490 mm, atau hampir 914 mm lebih pendek dari Mercedes X-Class, Toyota Tacoma atau Honda Ridgeline. Dimensi lengkapnya 4,490×1,960×1,750 mm. Yamaha mengatakan konsep ini ditujukan untuk menghubungkan gaya hidup aktif dan urban dari para penggemar Yamaha. Tentunya dengan sudah ada sekian model konsep yang hadir sejauh ini, kita sendiri turut berharap bahwa mobil buatan Yamaha akan segera mendekati versi produksinya. Karena kita tahu bahwa Yamaha sendiri cukup piawai membuat mesin di motor mereka.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)