Home Did You Know? Kenapa Biaya STNK Naik

Kenapa Biaya STNK Naik

Mulai hari ini, biaya pengurusan STNK naik sesuai dengan keputusan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016. Sebenarnya bukan hanya biaya pengurusan STNK yang naik, tetapi BPKB pun ikut naik hingga 100 persen per 6 Januari 2016. Lalu apa penyebabnya biaya tersebut naik secara drastis?

Menurut Menkeu Sri Mulyani Indrawati,”Sejak tahun 2010, Polri tidak pernah melakukan penyesuaian tarif. Sedangkan Polri mulai memperbaiki servis kepada masyarakat dalam pengurusan STNK dan lainnya sehingga wajar untuk melakukan penyesuaian biaya.”

Sedangkan menurut Kombes Martinus Sitompul – Kabagpenum Polri, “mulai 2010 pemerintah telah mengalokasikan dana untuk memenuhi kebutuhan operasional Polri dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai dengan PP nomor 50 tahun 2010.”

Namun seiring berjalannya waktu PP tersebut memerlukan revisi dengan empat pertimbangan sehingga lahirlah PP Nomor 60 tahun 2016. Empat pertimbangan yang dimaksud adalah :

1. Sesuai dengan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan Polri yaitu penerimaan dana tidak melalui mekanisme ABPN sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan.

2. Polri velum memiliki legal standing dalam melakukan pemungutan sehingga perlu dimasukan dalam daftar maupun tarif jenis PNBP.

3. Sesuai rekomendasi BPK RI dalam melakukan revisi terhadap PP Nomor 50 tahun 2010, tentang PNBP Polri untuk mengakomodasi PNBP yang dipungut oleh Polri.

4. Bahan baku dalam pembuatan STNK dan BPKP yang tidak sesuai dengan tarif PP Nomor 50 tahun 2010.

Biaya kenaikan dalam pengurusan STNK atau perpanjang, pindah kepemilikan akan dipastikan akan naik. Tingkat kenaikannya memang tidak semuanya tiga kali lipat. Namun dapat dipastikan harga biaya ini akan membuat mobil bekas makin digemari oleh beberapa kalangan. Artikel terkait

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)