Home Did You Know? Kenapa Mobil Diesel Lebih Mahal

Kenapa Mobil Diesel Lebih Mahal

www.youtube.com

Biar mobil bekas tapi kalau bermesin diesel pasti lebih mahal dari yang berbahan bakar bensin. Lalu apa alasannya hingga mobil bermesin diesel bisa lebih mahal?

Sebenarnya alasan paling sederhana adalah biaya produksi dari mesin diesel. Jika mobil berbahan bakar bensin dapat ditekan biaya produksinya dengan menggunakan bahan alumunium tetapi mobil diesel wajib terbuat dari baja pada bagian kepala silinder dan blok silindernya.

www.toyota.astra.co.id/
www.toyota.astra.co.id/

Tujuan penggunaan bahan baja karena mesin diesel membutuhkan kompresi yang tinggi, sekitar 16 – 25:1, sedangkan mesin bensin hanya 6 – 12:1. Selain itu, suhu dalam ruang sangat tinggi berkat udara yang dikompresi sehingga membutuhkan material yang sangat kuat dan tahan terhadap panas. Suhu yang sangat tinggi ini bertujuan untuk membakar solar sehingga terbakar dan berubah menjadi energi untuk menghidupkan mesin.

Keunggulan lainnya adalah konsumsi bahan bakar dari mesin diesel bisa lebih rendah antara 30 – 50 persen. Jadi memang pada awalnya harganya cukup tinggi bila dibandingkan dengan mesin bensin. Biaya bahan bakar solar jauh lebih murah dari mesin bensin sehingga cost pemakaian jika dihitung dalam jangka waktu panjang tentu akan menjadi lebih murah. Bahkan jika dibandingkan bahan bakar bersubsidi.

www.express.co.uk
www.express.co.uk

Masalah tenaga dari mesin diesel juga tidak bisa dianggap remeh, bahkan tenaganya bisa disandingkan dengan yang berbahan bakar bensin. Terlebih saat ini mobil berbahan bakar solar telah banyak yang mengadopsi ‘turbodiesel’. Apalagi urusan melalui medan tanjakan, lihat truck besar atau mobil offroad yang mampu nanjak dengan mesin diesel.

Jadi makin ingin beralih ke mesin diesel yang lebih ramah terhadap lingkungan dan terkenal ‘bandel’??nhrda-diesels-on-the-mountain-2014-12

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)