Home Did You Know? Kenapa Setir Mobil Indonesia Di Sebelah Kanan?

Kenapa Setir Mobil Indonesia Di Sebelah Kanan?

Mungkin selama ini kamu bertanya-tanya mengapa setir mobil di Indonesia berada di sebelah kanan sementara banyak negara lain di sebelah kiri?

Nah, sebenarnya di dunia ini memang ada dua standarisasi dalam menyetir mobil. Pertama, left-driving countries, artinya penggunaan lajur kiri. Berarti menyetir mobil di negara yang menganut standarisasi ini di sebelah kanan. Sementara satunya adalah right-driving countries, artinya, penggunaan lajur kanan yang berarti menyetirnya di sebelah kiri.

Nah, Indonesia termasuk negara left-driving countries bersama Inggris, Jepang, Australia, dan beberapa negara lainnya. Hal ini disebabkan sejarah Indonesia yang pernah dijajah Inggris. Menyetir di sebelah kanan diawali dari kisah ksatria di kerajaan Inggris yang biasa menggunakan tangan kanannya untuk memegang senjata ketika berperang dengan kereta kuda. Hal ini yang menyebabkan Inggris menganut left-driving countries.

presse.porsche.de

Indonesia sebagai negara yang pernah dijajah Inggris pun terpengaruh akan hal tersebut. Lalu ketika dijajah Belanda yang setirnya di kiri? Jadi, Belanda dulunya setirnya juga di kanan, tapi sejak kalah perang dari Perancis mereka mengikuti Perancis yang setirnya di sebelah kiri.

Nah, karena mobil yang banyak beredar di Indonesia sejak awal adalah buatan Jepang maka Indonesia makin mantab dengan penggunaan setir di sebelah kanan. Jadi, sudah nggak penasaran lagi kan kenapa setir di Indonesia di sebelah kanan?

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)