Home Did You Know? Kerugian Yang Ditimbulkan Jika Membiarkan Ban Kurang Angin

Kerugian Yang Ditimbulkan Jika Membiarkan Ban Kurang Angin

whichcar.com

Seiring dengan pemaikan ban akan mengalami pengurangan tekanan yang disebabkan oleh kondisi suhu udara, oleh karena itu melakukan pengecekan tekanan angin pada ban perlu dilakukan secara rutin. Kekurangan angin pada ban tentunya membawa dampak buruk tersendiri, selain berkurangnya tingkat kenyamanan ada lagi beberapa masalah yang akan timbul nih sob, yuk simak.

foxnews.com
foxnews.com

Boros bahan bakar

Pada dasarnya kekurangan angin pada ban akan menyebabkan telapak ban menempel ke aspal lebih melebar. Hal tersebut tentunya akan menambah gaya gesek pada aspal semakin besar, maka laju mobil akan melambat  namun putaran mesin mobil semakin bertambah untuk memutarkan ban yang kurang angin.

Berkurangnya performa pengereman

Tekanan angin ban yang rendah juga menyebabkan waktu untuk berhenti menjadi lebih lama. Kemudian jika jalanan basah maka mobil akan mudah tergelincir tidak hanya saat basah, saat dingin atau licin akibat salju juga akan terjadi hal yang sama. Namun saat kondisi jalanan kering, ban bisa dengan mudah slip.

Pencemaran udara

Kurangnya tekanan angin yang berpengaruh pada efisiensi bahan bakar terjadi karena kebiasaan pengemudi yang berubah seperti menginjak pedal gas lebih lama. Selain konsumsi bahan bakar lebih boros, secara tidak langsung pembakaran akan lebih banyak menghasilkan senyawa karbon yang keluar lewat knalpot.

Usia ban lebih pendek

Ban yang sering digunakan dengan kondisi kurang tekanan angin maka usia ban dapat berkurang hingga 25 persen. Maka dari itu penggantian ban akan lebih cepat jika dibandingkan dengan periraan waktu sebelumnya.

Kerusakan ban

Kurangnya tekanan angin pada ban yang berdampak dengan telapak ban yang hampir semuanya bergesekan dengan aspal sehingga ban akan cepat panas dan kemungkinan paling buruk adalah ban pecah. Karena kemungkinan struktur ban rusak hingga terkelupas menadi cukup besar ketikan ban mengalami kekurangan tekanan angin.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)