Home Did You Know? Kesalahan Penggunaan Lampu Hazard Paling Sering Di Jalan

Kesalahan Penggunaan Lampu Hazard Paling Sering Di Jalan

Hazard Lamp atau lampu darurat merupakan fasilitas kendaraan roda empat yang menjadi salah satu fitur keamanan mobil. Lampu hazard sebenarnya memiliki fungsi untuk menunjukkan kalau mobil tersebut tengah dalam keadaan darurat. Contohnya saja mobil mogok, ada kebakaran, atau yang lain. Sayangnya ternyata banyak orang nggak paham fungsi utama lampu ini.

Karena nggak paham fungsinya, lampu hazard justru banyak dinyalakan orang ketika hujan. Padahal, menyalakan lampu hazard saat hujan justru bisa menjadi bahaya karena lampu sen akan tertututp lampu Hazard ketika dinyalakan. Nah, bisa fatal kan kalau begitu? Saat hujan, cukup nyalakan lampu utama agar pengemudi di belakang mobilmu nggak kebingungan.

Selain ketika hujan, lampu hazard juga sering dinyalakan ketika dalam kondisi berkabut. Sama saja dengan saat hujan, menyalakan lampu saat kabut tentu nggak dianjurkan. Lebih baik menyalakan foglamp yang berwarna kuning atau cukup dengan lampu utama.

Kalau yang ini juga salah kaparah ni, yaitu pengendara mobil yang menyalakan lampu hazard ketika memasuki lorong atau terowongan. Menyalakan lampu hazard saat memasuki terowongan nggak memberikan efek apa-apa. Malah bisa membuat gagal paham pengendara lain.

Nah, kalau yang ini lebih salah kaparah lagi. Banyak pengendara mobil menyalakan lampu hazard ketika hendak melaju lurs di persimpangan. Padahal, nggak perlu menyalakan lampu ketika mobil hendak melaju lurus. Kalau mau belok kanan atau kiri baru gunakan lampu sein.

foto utama: pixabay

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)