Home Did You Know? Keungulan Busi Iridium Daripada Busi Biasa

Keungulan Busi Iridium Daripada Busi Biasa

Busi adalah komponen yang memiliki peranan penting di dalam sebuah kendaraan bermotor, yakni sebagai ujung tombak terjadinya pembakaran di dalam ruang bakar yang nantinya menghasilkan tenaga yang bisa menggerakkan sang piston.

Tanpa adanya busi ini mustahil mesin mobil dapat menyala dan bekerja dengan baik ( kecuali mobil listrik ). Di dalam dunia otomotif ada sebuah busi yang disebut dengan busi iridium. Busi ini sebenarnya sama dengan busi busi biasa pada umumnya, dan perbedaan mencolok diantara keduanya ialah jika busi biasa menggunakan elektroda biasa, maka didalam busi iridium ini menggunakan bahan iridium sebagai ujung elektrodanya.

Pada umumnya busi jenis iridium ini memiliki ujung elektroda yang dibuat meruncing yang bertujuan agar percikan api dapat fokus dan stabil sehingga proses pembakaran lebih efisien dan hemat bahan bakar walaupun tidak 100% hemat. Selain itu bahan iridium ini juga memiliki tahanan atau hambatan yang lebih rendah sehingga nyala bunga api lebih stabil dibanding busi biasa pada umumnya.

Selain itu juga busi jenis iridium ini memiliki usia pakai yang jauh lebih lama dan awet tentunya bila dibandingkan dengan busi merk biasa non iridium. Jika busi biasa harus sebaiknya diganti setiap 20.000km, maka busi iridium ini mampu bertahan sampai jarak tempuh sepanjang 100.000km.

Namun disamping keunggulan yang dimilikinya ini, harga yang ditawarkan dari busi jenis iridium ini lebih mahal, bila busi biasa harganya antara Rp. 25.000 sampai Rp. 35.000, maka busi iridium ini bisa berkisar di harga Rp. 100.000 keatas untuk motor dan Rp. 200.000 keatas untuk busi mobil.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)