Connect with us

Subscribe

Cars

Kia Telluride 2020: Stylish, Spacious, Sporty

Seperti halnya dengan saudara serumpun – Hyundai, Kia tengah melebarkan sayapnya dalam memperluas model crossover dan SUV demi memenuhi kebutuhan pasar yang akhir-akhir ini semakin diminati. Oleh karena itu Kia meluncurkan Telluride 2020 yang masuk dalam jajaran entri di segmen mid-size crossover SUV.

Adapun penjualan Kia Motor Indonesia (KMI) terus merosot, pihak terkait memastikan tetap beroperasi meskipun aktivitas penjualan sekedar mengandalkan model lama 2018, servis dan spare part. Sejauh ini KMI masih melakukan konsolidasi terkait keberlangsungannya di Indonesia. Akan tetapi beda halnya di negeri Uncle Sam, Kia tampaknya sedang mencoba peruntungannya dengan menghadirkan Telluride. Apakah dewi fortuna akan berpihak pada Kia di AS? We’ll see.

Anyway, nama Telluride diambil dari sebuah kota di negara bagian Colorado, AS — hadir dalam empat trim level — LX, S, EX dan SX, yang dibekali dengan konfigurasi FWD dan juga AWD. Model FWD LX dibandrol mulai dari $ 31.690, dan SX top-end $ 41.490. Sementara jika ingin menambahkan AWD dan kelengkapan lainnya ke model apapun harus mengeluarkan uang ekstra sebesar $ 2.000. Sebagai info, foto yang tertera adalah model SX AWD dengan paket tambahan. Yukk, kita intip seperti apa detailnya.

Interior Kia Telluride 2020

Kehadiran Telluride tampaknya menyiratkan misi terselubung, Kia tidak hanya ingin menambah varian mobil keluarga di segmen mid-size pada deretan produknya, tetapi juga memberikan penekanan khusus sebagai sebuah mid-size crossover SUV yang sebenarnya ketimbang model Sorento. Telluride menawarkan efisiensi jika dilihat dari bentuknya yang cukup boxy. Yaps, Kia sudah lama meninggalkan warisan mobil ekonomisnya yang murah, sehingga tidak mengherankan jika Telluride menawarkan interior sesuai dengan harganya yang dimulai dari $ 32.000.

Jujur, kesan pertama melihat ke dalam kabin Telluride cukup mencengangkan bagi mobil sekelas Kia, tampil lebih elegan dan kekinian, terutama memperlihatkan sentuhan kayu dan logam. Sekilas memang tidak begitu menonjol. Meskipun Kia menyebut sentuhan ini sintetis tetapi tetap saja sedap dipandang. Seperti kita ketahui beberapa pabrikan menggunakan panel trim dari serat kayu yang sangat mengkilap, misalnya Range Rover, namun Kia lebih memilih memberikan efek grainy. Sentuhan premium seperti ini mengingatkan pada cara Volkswagen untuk mendandani model utamanya.

 

Tampaknya Telluride menawarkan lebih banyak volume kargo dan kenyamanan interior untuk penumpang dibanding para pesaingnya, sebut saja Subaru Ascent, Volkswagen Atlas dan terutama Chevrolet Tahoe yang lebih besar dan berbasis truk. Buktinya Telluride memiliki ruang sebesar 157 kaki kubik, sementara Tahoe hanya 122,4 kaki kubik.

Akan tetapi pada kondisi penumpang penuh, Telluride memiliki ruang bagasi 21 kaki kubik, sedangkan jika baris ketiga dilipat menjadi 46 kaki kubik, dan jika baris kedua dilipat anda memiliki bagasi 87 kaki kubik. Tahoe masing-masing tercatat 15.3, 51.7, and 94.7 kaki kubik, Ascent dan Toyota Highlander memiliki kapasitas kargo maksimum 72,6 dan 83,7 serta Atlas dengan ruang bagasi hingga 96,8 kaki kubik

Fitur Kia Telluride 2020

Berbicara soal fitur teknologi Telluride, tak berbeda jauh dengan standar pabrikan lainnya diantaranya lane follow assist, rear cross-traffic avoidance with braking intervention, automated emergency braking with pedestrian protection, smart cruise control with stop-and-go, blind spot detection with collision avoidance dan braking/steering intervention.

Khusus trim EX dan SX terdapat fitur tambahan yakni teknologi Highway Drive Assist, dimana mengintegrasikan semua fitur diatas ke dalam sistem mengemudi semi-otonom yang telah divalidasi secara internal oleh perusahaan sebagai level dua.

Standar sistem infotainment dilengkapi dengan layar 8 inci, meskipun tersedia layar 10,25 inci sebagai pilihan, yang menawarkan hampir semua fitur yang sama pada layar, termasuk integrasi dengan Android dan Apple CarPlay. Model LX hingga EX menawarkan sistem audio 6-speaker, sedangkan model SX memiliki sistem Harman Kardon 10-speaker dengan surround sound, amplifier eksternal, dan subwoofer khusus.

Dapur Pacu Kia Telluride 2020

Telluride 2020 hanya menawarkan satu sumber tenaga berasal dari 3.8 liter V6 melalui transmisi otomatis 8-percepatan, menghasilkan output 291 hp dan torsi 262 lb-ft. Perawakan SUV asal Korea Selatan ini boleh dibilang terlihat kasar dan mampu dibawa kemana saja, tetapi jangan bayangkan seperti Jeep Wrangler.

Menurut test-drive yang telah dilakukan oleh beberapa media, konfigurasi AWD dirasa nyaman di jalur bertraksi rendah, tetapi untuk kondisi jalan yang menantang ground clearance 8 inci dengan wheelbase panjang cukup sulit diatasi, apalagi dipadukan dengan ban H/T yang lebih ramah dijalur aspal. Yaps, AWD Telluride ditujukan untuk menaklukkan cuaca buruk ketimbang jalur non aspal. Selain itu, pengetesan pada fitur semi otonom seperti lane follow assist terbukti menunjukkan arah yang benar bahkan dijalan-jalan pedesaan serta fitur cruise control mempertahankan jarak yang tepat.

Berdasarkan Environmental Protection Agency (EPA), tipikal Telluride sesuai dengan segmennya. Model FWD dinilai 20 mpg jalur perkotaan, 26 mpg highway dan 23 mpg gabungan. Sementara AWD tercatat 19 mpg jalur perkotaan, 24 highway dan 21 mpg gabungan.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Buat Towing, Mana Yang Lebih Penting, Horsepower atau Torque?

Did You Know?

9 Alat Paling Krusial Dari Kru Pit NASCAR

Did You Know?

Evolusi Regulasi Formula One Tahun 2020

Did You Know?

Gila! Bikin Satu Mobil F1 Mencapai Ratusan Miliar, Ini Rinciannya

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan