Home Issue Engine Kini Honda Menjual Mesin Type R Terbaru Secara Terpisah

Kini Honda Menjual Mesin Type R Terbaru Secara Terpisah

Honda Civic Type R generasi terbaru, membawa performa mobil penggerak roda depan (FWD) ke jenjang yang kian tinggi. Dan mesin milik Honda Civic Type R terbaru telah berhasil memikat hati para penikmat kecepatan di dunia. Buktinya, tertoreh pada catatan waktu mengitari sirkuit Nurburgring Nordschleife April lalu. Angka 7 menit 43,8 detik menciptakan rekor baru sebagai mobil FWD tercepat di ‘The Green Hell’.

 

Tenaga tersebut berasal dari mesin 4-silinder 2,0-liter VTEC Turbo Earth Dreams. Mesin berkode K20C1 ini dapat memuntahkan tenaga sebesar 310 hp dan torsi 400 Nm mulai dari 2.500 rpm, yang pastinya membuat iri para pemilik Civic – Civic standar.

Sekarang tak perlu berkecil hati bila tidak mampu memiliki Civic Type R. Honda mengumumkan bakal menjual gelondongan mesin Civic Type R melalui divisi Honda Performance Development (HPD). Mesin dipajang dan mulai dijual di ajang Speciality Equipment Market Association (SEMA) 2017 di Las Vegas. HPD menjual satu unit utuh mesin K20C1, termasuk paket kabel untuk mempermudah pemasangan. Berapa harga yang harus ditebus? US$6.519,87 atau sekitar Rp 88,45 juta itu pun belum termasuk ongkos kirim.

Honda menyebut langkah ini sebagai bentuk dukungan agar mesin kode seri K20C1 tersebut bisa menjadi pilihan komunitas balap profesional dalam mencari mesin kompetitif. Artinya, mesin bisa dipasang ke mobil dan chassis apapun, tidak harus Honda Civic standar. maka tidak akan mengherankan bila nantinya balapan di dunia banyak yang menggunakan mesin Honda Civic Type R.

Untuk dapat membelinya, ternyata tidak semudah mengeluarkan uangnya saja. Karena pembeli harus tergabung dalam keanggotaan program Honda Racing Line yang dirancang HPD sendiri. Jadi, butuh lisensi balap valid dari organisasi ternama dan hasil dari dua balapan terakhir agar dapat membeli mesin ini. Dengan kata lain tidak semua orang bisa membenamkan mesin berkode K20C1 milik Type R ke dalam Civic standar mereka.

 

Selain mesin, Honda juga menawarkan Honda Civic Type R yang sudah dilengkapi dengan tambahan Red Carbon Kit. Paket tambahan tersebut dijual dengan harga $2.697 atau setara dengan Rp 36,574 juta termasuk door mirror covers, rear wing dan special interior trim.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)