Home Did You Know? Did You Know: Blow Off di Mesin Turbo

Did You Know: Blow Off di Mesin Turbo

Pernah mendengar suara ‘ncuusss… ncuusss….’ pada mobil yang sedang melaju kencang. Lalu dari mana asal suara tersebut? Suara itu hanya bisa dihasilkan pada mobil yang menggunakan mesin turbo dan suara yang timbul berasal dari komponen bernama ‘blow off’ yang mengeluarkan tekanan udara dari turbo saat pindah gigi transmisi. Suara yang dihasilkan blow off bermacam-macam tak hanya satu suara yang sama. Suara yang dihasilkan tergantung model dari blow off.

Throttle_body_openBOV12

Pada mesin turbo pasti terdapat blow off kecuali mesin diesel standar, akan tetapi mesin diesel turbo yang dimodifikasi biasanya ditambahkan blow off. Fungsi blow off membuang tekanan udara dari turbo pada saat throttle atau katup pada throttle body menutup.

1024px-Throttle_body_closedBOV7

Tekanan udara dari turbo dibuang melalui blow off pada saat throttle menutup agar tekanan udara tersebut tidak merusak katup, karena meskipun putaran mesin menurun, putaran pada turbo tidak langsung turun sesuai dengan putaran mesin sehingga masih ada tekanan sisa dari turbo yang terus mendorong kedalam mesin.

Karena throttle menutup sehingga tekanan udara akan mendorong piston blow off yang hanya ditahan oleh per dan karena per tersebut tidak kuat menahan tekanan udara sehingga piston akan naik keatas dan akhirnya terbuka katup untuk mengeluarkan tekanan udara tersebut.

Nah itu lah mengapa mesin turbo pasti bunyi nncccuuussss ncccuuusssss pada saat ganti gigi.

 

Source:

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/56/Throttle_body_openBOV12.jpg

https://en.wikipedia.org/wiki/Blowoff_valve#/media/File:Throttle_body_closedBOV7.jpg

https://cornerbalance.files.wordpress.com/2011/01/blow-off-valve-2.jpg

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)
  • tommy steeler

    gan jadi buat mesin diesel dipasang BOV gaa ada masalah ya? terus setelah dipasang kalo dikeluarin ke atmosfir sama resirkulasi bedanya gimana ya? mohon penjelasannya gan.. thanks