Home Did You Know? Koenigsegg Kembali Pecahkan Rekor Bugatti Lagi

Koenigsegg Kembali Pecahkan Rekor Bugatti Lagi

Koenigsegg Agera RS belum juga berhenti memecahkan rekor dunia. Kali ini, supercar buatan pabrikan asal Swedia itu memecahkan rekor 0-400-0 km per jam atas namanya sendiri. Agera RS mungkin menjadi supercar yang paling dibicarakan di jagad otomotif belakangan ini.

Bagaimana tidak, berkat catatan waktu 36,44 detik, ia belum lama ini mematahkan rekor dunia 0-400-0 km per jam milik Bugatti Chiron. Selanjutnya, dengan melaju 457km/h, supercar yang menjalani debut di Geneva Motor Show 2015 itu mengalahkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil produksi milik Bugatti Veyron Super Sport.

Bertempat di Pahrump yang ditutup guna kebutuhan pemecahan rekor ini, Koenigsegg melakukan dua kali percobaan. Jalanan yang menghubungkan Nevada dan Las Vegas tersebut menjadi saksi bisu pecahnya rekor baru. Pengujian tersebut menggunakan perangkat Racelogic guna memastikan pencatatan yang dilakukan tepat. Teknologi ini terpasang dalam dua arah sehingga menjamin keakuratan pada proses pemecahan rekor.

Produsen mobil eksotis asal Swedia, Koenigsegg, sebenarnya dijadwalkan untuk mengganti model Agera dengan model terbaru yang bernama Regera. Namun, Koenigsegg memutuskan untuk menggunakan model lamanya, yaitu Agera sebelum masa produksinya berakhir. Koenigsegg sendiri menggunakan salah satu model dari jajaran dari varian paling anyar dari Agera RS series, dengan produksi hanya 25 mobil.

Koenigsegg Agera RS pemecah rekor ini dikendarai oleh Niklas Lilja. Terlihat pada rekaman video on board Niklas Lilja memang tidak memacu kendaraannya dengan kekuatan penuh. Akselerasi mobil terlihat biasa saja karena mencegah terjadinya spin pada ban. Raungan mesin mulai terdengar buas ketika kendaraan mulai memasuki kecepatan 300 km/h. Mobil buatan Swedia ini layaknya roket yang terus melaju hingga melewati kecepatan 447 km/h pada percobaan pertama.

Kemudian pada percobaan selanjutnya atau terakhir, Koenigsegg Agera RS melaju terus hingga menembus kecepatan 457 km/h. Sebagai produsen, Koenigsegg tidak punya punya lahan untuk menguji kecepatan maksimal dari produk mereka. Berbeda dengan Bugatti yang merupakan anak perusahaan VW Group. Mereka melakukan uji kecepatan dengan menutup jalan raya. Hasilnya tidak sia-sia karena mereka berhasil mengalahkan rekor yang selama bertahun-tahun dipegang oleh Bugatti.

Penasaran gimana Koenigsegg Agera RS memecahkan rekor? liat aja video dibawah ini.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)