Home Did You Know? Kota Dengan Cita-cita Tanpa Mobil, Mungkinkah?

Kota Dengan Cita-cita Tanpa Mobil, Mungkinkah?

Pernahkah kamu merasa bosan dengan kota yang begitu padat dan sangat macet? Ya, kota-kota metropilitan yang dihuni berjuta-juta orang dengan luas wilayah yang tak terlalu luas selalu identik dengan kemacetan. Sebut saja Jakarta kalau di Indonesia.

Mobil tentu saja menjadi salah satu sumber kemacetan. Karena kendaraan pribadi ini umumnya dimiliki oleh orang-orang di perkotaan. Kurang bisanya pemerintah dalam mengatur kepemilikan mobil, disebut-sebut jadi salah satu sebab persoalan kemacetan yang nggak ada habisnya.

Nah, ternyata sebuah kota di Finlandia, Helsinki, memiliki cita-cita untuk membebaskan kota mereka dari kendaraan mobil. Mungkinkah?

Dilansir Fastnlow dari Greenoptimistic, Minggu (21/5), Helsinki memang sudah terkenal sebagai kota yang sangat hijau. Taman yang bersih menjadi salah satu pemandangan yang sangat dibanggakan oleh kota tersebut. Karena hal itulah, mereka terus berusaha untuk membuat kota mereka semakin bersih dan indah. Yakni dengan bercita-cita membebaskan Helsinki dari mobil tahun 2050.

Bukan melarang adanya mobil di kota, pemerintah Helsinki berusaha keras untuk memperbaiki transportasi umum mereka. Dengan adanya transportasi umum yang baik, mereka percaya warga perlahan akan lebih memilih menggunakan transportasi umum ketimbang mobil. Hal ini akan sangat berpengaruh pada tingkat karbon yang ada di udara.

“Helsinki telah berhasil mengurangi gas buangnya secara signifikan, namun untuk bebas karbon pada 2050 kami harus bersiap,” ujar salah satu perencana kota Helsinki, Alpo Tani.

Sebuah cita-cita yang sangat tinggi dan tentu saja pasti akan sulit tapi bukan berarti tak mungkin untuk dicapai. Perlahan, Helsinki benar-benar telah mendekati hal tersebut. Yap, tentu saja dengan usaha semua pasti bisa. Nah, bagaimana dengan Indonesia?

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)