Home Issue Cars Lamborghini Berencana Akan Menerapkan Teknologi Hybrid

Lamborghini Berencana Akan Menerapkan Teknologi Hybrid

Setelah munculnya Lamborghini Urus yang merupakan pertama kalinya Lamborghini menggunakan turbo. Dan setelah dipamerkan Lamborghini Urus banyak yang bertanya – tanya apakah Lamborgini akan mengeluarkan supercar dengan menggunakan turbo juga seperti kompetitor – kompetitor lainnya.

Ternyata dari pihak Lamborghini tetap tidak ingin menghilangkan suara garang dari mesin v10 dan v12 andalan mereka. Akan tetapi mereka malah melirik teknologi hybrid untuk dimasukkan di supercar terbaru buatan mereka. Hal ini dilakukan untuk menurunkan emisi gas buang, selain itu juga bisa membuat performa supercar terbaru mereka menjadi lebih baik ketimbang yang non hybrid.

“Saya pikir regulasi emisi di masa depan bisa kita hadapi dengan mesin hybrid, di mana kita dapat terus mendapatkan daya tarik emosional mesin naturally aspirated tetapi juga mengurangi kadar gas buang dan meningkatkan efisiensi BBM menggunakan teknologi hybrid,” kata Chief Technical Officer Lamborghini, Maurizio Reggiani. Selain itu untuk pengganti Aventador dan Huracan bakal tetap pakai mesin non-turbo meski ditambah hybrid ujarnya.

Maurizio Reggiani melihat kalau penggunaan sistem hybrid buat supercar mereka memiliki dua keuntungan utama. Yang pertama adalah mobil buatan mereka Respon akselerasi yang lebih baik karena ada bantuan dorongan dari motor listrik. Sedangkan yang kedua adalah memberikan citra teknologi yang lebih unik dan berbeda dari beberapa supercar turbo saingan Lamborghini, misalnya seperti supercar dari Ferrari dan McLaren

Muncul juga isu Aventador Hybrid. Terlepas dari kemungkinan kuat adanya powertrain hybrid, penerus Aventador akan tetap setia pada model aslinya. “Kami perlu menemukan kembali ikon Lamborghini ini tanpa kehilangan karakteristiknya: serat karbon, mesin V12 naturally aspirated, dan komponen lainnya,” ucap Reggiani.

Lamborghini sebenarnya sudah ingin menerapkan rencana ini sudah lama, karena pada tahun 2014 Lamborghin mengeluarkan mobil konsep yang di beri nama Asterion. Mobil konsep tersebut memiliki mesin V10 5.2 liter yang disedot secara alami dan tiga motor listrik yang memungkinkan mobil menghasilkan output gabungan 910 hp.

Hal ini memungkinkan mobil konsep ini berakselerasi dari 0-100 Kmh dalam waktu 3,0 detik sebelum mencapai puncak pada 320 Kmh. Asterion juga bisa menempuh jarak hingga 50 km untuk listrik saja, namun powertrain hybrid menambahkan bobot mobil berkisar 250 kg.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT