Connect with us

Subscribe

Cars

Land Cruiser Seri 70 Nyaris Tergerus Jaman, Ini Tanggapan Toyota Ausy

Pamor Toyota Land Cruiser Seri 70 mungkin tidak setenar kakak tertuanya, tetapi boleh dibilang Seri ini adalah varian paling favorit ketiga setelah Seri 20 dan Seri 40. Hadirnya Seri 70 kala itu ditandai dengan perubahan besar yang lebih stylish dan pembaruan sejumlah teknologi yang dirancang untuk mempertahankan kemampuan offroad dan durabilitas yang tak tertandingi.

Seri 70 termasuk dalam mobil offroad utilitarian yang menjadi favorit para petani, armada kerja, dan perusahaan pertambangan sejak produksi pertamanya tahun 1984. Buktinya, masih diproduksi hingga detik. Jika di negara kita diandalkan sebagai mobil tambang di Kalimantan dan Papua serta tak sedikit sebagai collector item, nama Seri 70 berkibar di Negeri Kanguru — sebut saja kandangnya Seri 70.

Memang Seri 70 model 2016 jarang kita lihat berlalu lalang di jalan raya, tetapi saya sempat melihatnya langsung di Balikpapan, model single-cab yang difungsikan sebagai mobil ambulan. Menurut informasi yang saya dapat, hanya ada sekitar 50 unit di Indonesia. Bahkan salah satu teman saya, pedagang jip, sempat menjual model troop carrier dengan harga fantastis berkisar antara 700-900 jutaan. Ckckck!

Tahukah anda bahwa Seri 70 nyaris mendekati akhir hidupnya, memperjuangkan pertaruhan antara mempertahankan teknologinya yang mulai menua atau mengimbanginya dengan teknologi baru demi sektor keselamatan.

September 2016, Toyota merilis Seri 70 terbaru dengan menyuntikkan fitur keamanan modern tanpa meninggalkan warisan DNA-nya yakni bentuk boxy. Dalam perjalanannya, Toyota meningkatkan sektor keselamatan pada salah satu model single-cab dengan airbag (dual front, head, knee) dan mendesain ulang bagian bonnet untuk mendapatkan peringkat keselamatan 5-bintang dari ANCAP (Australasian New Car Assessment Program) tahun 2016.

Toyota Australia Product Planning Manager, Rod Ferguson, mengakui peningkatan keselamatan ANCAP menjadi tantangan tersendiri, tetapi Toyota berkomitmen akan memenuhi harapan masa depan.

 

Ketika ditanya apakah Seri 70 mampu memenuhi standar keselamatan modern terutama fokus pada fitur keselamatan aktif untuk menghindari tabrakan dan melindungi pengguna jalan seperti pengendara sepeda dan pejalan kaki. Ferguson pun menjawab, “Kenapa tidak? Tidak ada alasan untuk berpikir sebaliknya”.

Menelisik standar keselamatan ANCAP yang meningkat dari tahun ke tahun, mungkin merupakan tugas berat untuk mempertahankan eksistensi Land Cruiser Seri 70 demi mendapatkan peringkat tertinggi dari ANCAP. “Ini tantangan lain yang harus kami hadapi, terutama perusahaan tambang yang mewajibkan 5-bintang sebagai armada kerja,” imbuh Ferguson.

Selepas evaluasi ANCAP tiga tahun lalu, Seri 70 wajib mengikuti aturan baru dari ANCAP yang berlaku awal tahun 2018 dimana menetapkan peringkat keselamatan yang hanya berlaku selama enam tahun. Tetapi kepala ANCAP, James Goodwin, berencana memberi penekanan pada “legacy ratings”. Ia mengungkapkan bahwa lebih baik mengedukasi pembeli, khususnya yang menggunakannya sebagai armada kerja tentang fitur keselamatan yang tidak diterapkan pada mobil tua seperti Land Cruiser Seri 70.

Dari sudut pandang pertanian atau pecinta 4×4, mungkin fitur keselamatan aktif seperti Autonomos Emergency Braking (AEB) dan Lane Support System (LSS) bukanlah menjadi prioritas utama bagi mereka. Tetapi di lain sisi, fitur tersebut menjadi syarat wajib untuk mencapai peringkat keselamatan maksimal sesuai yang ditetapkan oleh ANCAP.

Mengingat pasar pikap ibarat lahan basah bagi Toyota setempat — khususnya Seri 70 dan komitmen Toyota mencetak peringkat keselamatan 5-bintang, pejabat Toyota Australia meninjau perlunya fitur modern pada generasi Seri 70.

“Kami tetap membawa Seri 70 ke pasar yang syarat fungsi dengan mata pencaharian, rekreasi, atau apa itu konstruksi, pertanian, pertambangan, hobi, apapun itu,” saut Sean Hanley, Toyota Australia Vice President of Sales and Marketing. “Pula menghadirkan powertrain baru untuk mengurangi jejak CO2 tetapi masih bermanfaat untuk memberi kebebasan pada masyarakat dalam hal mobilitas”.

Dan kabarnya salah satu drivetrain bersistem hybrid bensin-elektrik tiap varian model Toyota akan ditargetkan pada tahun 2025. Hanley menegaskan bahwa dibalik tantangan ini, Ia yakin menemukan solusi dan pengganti sebagai generasi penerus Seri 70 yang sangat dikagumi. “Tantangan ini tidak membuat kami hanya duduk diam tetapi kami perlu mempelajarinya”.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Gimana Sih Cara Kerja AC Mobil?

Did You Know?

Penjelasan Lengkap Mengenai Apa Itu Biodiesel

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Did You Know?

Awal Sejarah Peraturan Lalu Lintas Terbentuk

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan